SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

KEMAMPUAN MENULIS SLOGAN/POSTER SISWA KELAS VIII-E SMP LABORATORIUM UNIVERSITAS NEGERI MALANG

RATE SAITIAN .

Abstrak


ABSTRAK

 

Saitian, Rate. 2014. Kemampuan Menulis Poster Siswa Kelas VIII-E SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi, Jurusan Bahasa Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Hs Widodo, M.Pd.

 

Kata Kunci: kemampuan menulis, poster

Menulis merupakan salah satu dari empat keterampilan berbahasa, selain keterampilan menyimak, berbicara, dan membaca. Pada dasarnya menulis merupakan salah satu cara berkomunikasi baik antar invidu maupun kelompok. Komunikasi yang terjadi menggunakan bahasa tulis sebagai alat medianya. Melalui kegiatan menulis, siswa menuangkan semua gagasan dan pemikiran ke dalam suatu tulisan yang nantinya dapat bermanfaat bagi dirinya dan orang lain. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis poster dilihat dari aspek bahasa, aspek tampilan, dan aspek isi. Metodologi penelitian ini yakni penelitian deskriptif kuantitatif.

Data penelitian ini berupa skor yang diperoleh dari kemampuan siswa dalam menulis poster siswa kelas VIII-E SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang. Instrumen penelitian ini berupa tes dan rubrik penilaian menulis. Penyekoran dilakukan dengan metode analitik yakni dengan memberikan skor terhadap aspek-aspek yang akan diteliti. Setelah penyekoran selesai, dilakukan penilaian peraspek berdasarkan panduan penilaian yang telah ditentukan. Analisis data dilakukan setelah semua data terkumpul dengan langkah-langkah berikut: (1) persiapan (2) pengkodean, dan (2) penilaian.

Kemampuan menulis poster siswa kelas VIII-E SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang tahun ajaran 2013/2014 tergolong bervariasi. Pertama, pada aspek bahasa, 21 siswa (64%) berhasil melewati SKM, sedangkan 12 siswa lainnya (36%) masih berada di bawah SKM. Secara rinci, 12 siswa (36%) tergolong kualifikasi sangat mampu, 9 siswa (27,5%) tergolong kualifikasi mampu, 9 siswa (27,5%) tergolong kualifikasi kurang mampu, dan 3 siswa (9%) tergolong kualifikasi belum mampu. Kedua, pada aspek tampilan, 12 siswa (36%) berhasil melewati SKM namun tidak seorang siswa pun mencapai kualifikasi sangat mampu. Sebanyak 21 siswa lainnya (64%) berada di bawah SKM and tergolong kualifikasi belum mampu. Ketiga, pada aspek isi, 24 siswa (73%) berhasil memperoleh nilai di atas SKM tetapi 9 siswa lainnya (27%) masih berada di bawah SKM. Secara rinci, 4 siswa (12%) tergolong kualifikasi sangat mampu, 20 siswa (61%) tergolong kualifikasi mampu, 6 siswa (18%) tergolong kualifikasi kurang mampu, dan 3 siswa (9%) tergolong kualifikasi belum mampu.

Secara umum, siswa kelas VIII E SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang tahun ajaran 2013/2014 mampu menulis poster. Hanya saja, masih ada beberapa kelemahan siswa yang perlu diperbaiki. Aspek dimana kelemahan siswa paling nampak yakni aspek tampilan. Selanjutnya, kemampuan siswa masih terogolong lemah di subaspek variasi pada aspek bahasa dan di subaspek kesesuaian pada aspek isi. Guru Bahasa Indonesia dan pihak sekolah disarankan untuk lebih meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis poster, khusunya pada subaspek-subaspek yang tergolong masih lemah. Untuk peneliti selanjutnya, disarankan dapat memperluas temuan dengan menambah kajian penemuan yang lebih akurat mengenai kemampuan siswa dalam menulis, khususnya menulis poster.