SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Keragaman Penulisan Unsur Naskah Drama Siswa Kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Malang Tahun Pelajaran 2013/2014

Nia Puspita Sari

Abstrak


ABSTRAK

 

Sari, Nia Puspita. 2014. Keragaman Penulisan Unsur Naskah Drama Siswa Kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Malang Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Djoko Saryono, M. Pd., (II) Dr. Heri Suwignyo, M. Pd.

 

Kata kunci: pembelajaran drama, naskah drama.

 

Menulis kreatif naskah drama merupakan salah satu kompetensi dasar yang terdapat pada Standar Isi mata pelajaran bahasa Indonesia Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 jenjang SMP/MTs kelas VIII semester gasal, yaitu menulis kreatif naskah drama satu babak dengan memperhatikan keaslian ide. Berdasarkan observasi yang pernah dilakukan di MTs Sunan Kalijogo Malang belum pernah ada penelitian tentang kegiatan menulis kreatif naskah drama mata pelajaran Bahasa Indonesia. Oleh karena itu, secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keragaman penulisan unsur naskah drama siswa kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Malang tahun pelajaran 2013/2014 dan secara khusus penelitian ini bertujuan untuk (1) menguraikan keragaman penulisan unsur naskah drama siswa dalam mengembangkan gagasan, (2) menguraikan keragaman penulisan unsur naskah drama siswa dalam menentukan tema dan amanat berdasarkan gagasan yang ditemukan, (3) menguraikan keragaman penulisan unsur naskah drama siswa dalam menyusun kerangka naskah drama berdasarkan unsurnya, dan (4) menguraikan keragaman penulisan unsur naskah drama siswa dalam mengembangkan naskah drama ke dalam unsur-unsur intrinsiknya.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan penelaahan teks sastra. Sumber data, yaitu siswa kelas VIII A dan VIII B MTs Sunan Kalijogo Malang yang berjumlah 24 anak. Data pada penelitian ini berupa data pemahaman naskah drama tentang (1) keragaman pengembangan gagasan dalam penulisan unsur naskah drama, (2) keragaman penentuan tema dan amanat berdasarkan gagasan yang ditemukan dalam penulisan unsur naskah drama, (3) keragaman penyusunan kerangka dalam penulisan unsur naskah drama, dan (4) keragaman pengembangan unsur-unsur intrinsik dalam penulisan naskah drama yang ditulis oleh siswa kelas VIII A dan B yang berjumlah 24 siswa. Data tersebut dikumpulkan dengan cara penugasan, kodifikasi, dan tabulasi. Selanjutnya, data yang terkumpul dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.

Berdasarkan paparan data dan temuan penelitian diketahui bahwa (1) siswa kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Malang mengembangkan gagasan secara bervariasi melalui perincian dan pengalaman, (2) siswa kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Malang menentukan tema dan amanat secara bervariasi melalui aspek kejiwaan manusia dan aspek sosial berdasarkan gagasan yang ditemukan, (3) siswa kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Malang menyusun kerangka naskah drama secara bervariasi berdasarkan unsurnya dengan urutan logis yang meliputi pembuka, inti, dan penutup, serta (4) siswa kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Malang mengembangkan naskah drama ke dalam unsur-unsur intrinsiknya secara bervariasi berupa tiga unsur pokok, yaitu unsur tema yang meliputi aspek kejiwaan manusia dan aspek sosial, unsur tokoh yang meliputi kedudukan tokoh dan ciri perwatakan tokoh, serta unsur alur yang meliputi tahap pelukisan awal, pertikaian awal, klimaks, penyelesaian, dan keputusan.

Sejalan dengan hasil penelitian ini dapat disarankan kepada guru Bahasa Indonesia MTs Sunan Kalijogo Malang kelas VIII, agar hasil penelitian ini digunakan sebagai referensi proses pembelajaran drama khususnya menulis kreatif naskah drama. Kepada peneliti selanjutnya perlu dilanjutkan penelitian dengan metode kualitatif dan dari aspek yang diteliti berupa unsur-unsur intrinsik naskah drama berupa latar, dialog, petunjuk lakuan, dan gaya bahasa, serta unsur-unsur ekstrinsiknya.

 

 

 

 

ABSTRACT

 

Sari, Nia Puspita. 2014. Diversity of The Element in Drama Script Writing of Grade VIII MTs Sunan Kalijogo Malang Academic Year of 2013/2014. Sarjana Thesis, Indonesian Literature Department, Faculty of Letters, State University of Malang. Advisor: (I) Prof. Dr. Djoko Saryono, M. Pd., (II) Dr. Heri Suwignyo, M. Pd.

 

Keywords: learning drama, drama script.

 

Writing a drama script is one of the basic competencies contained in the Content Standard Indonesian subjects Permendiknas No. 22 of 2006 in SMP/MTs class VIII odd semester, i.e. writing a drama script of a session of play with regard of the originality of students’ idea. Based on the observations that have been done in MTs Sunan Kalijogo Malang, it is found that has never been a study of such writing in Indonesian subjects. Therefore, in general, this study aimed to determine the diversity of elements in drama script writing in class VIII of MTs Sunan Kalijogo Malang and in particular, this study aimed to (1) describe the diversity of element of students' drama script writing in terms of developing the idea, (2) outline the diversity of element of students' drama script writing in terms of determining the theme and messages based on the idea found, (3) describe the diversity of element of students' drama script writing in terms of preparing the framework of a play based on the elements, and (4) describe the diversity of element of students' drama script writing in terms of developing plays into the intrinsic elements.

This study used qualitative research methods of literary review. The Sources of data, were class VIII A and VIII B of MTs Sunan Kalijogo Malang, with total of 24 students in each class. The data in this study were in the form of the data about an understanding of (1) the diversity of the development of the idea of writing a play element, (2) the diversity of determining themes and messages based on the ideas found in the writing elements, (3) the diversity in the framework of the preparation of the framework of writing the element of drama script, and (4) the diversity of development of intrinsic elements in writings which iswritten by the students of class VIII A and B, with total of 24 students in each class. The data were collected by means of assignment, codification, and tabulation. Furthermore, the data were analyzed using the steps of data reduction, data presentation, and data verification.

Based on the exposure of the data and research findings, it is found that (1) students of class VIII MTs Sunan Kalijogo Malang develop ideas are varied through the details and experience, (2) class VIII MTs Sunan Kalijogo Malang determine the theme and the message is varied through the psychological aspects of human and social aspects based on the idea found, (3) class VIII MTs Sunan Kalijogo Malang arranged a framework which  are varied based on the element with a logical sequence that includes opening, core, and the closing, and (4) class VIII MTs Sunan Kalijogo Malang developed intrinsic elements which are divided into three main elements, i.e. elements of the theme that includes aspects of human’s psychological and social aspects, elements of character which includes the position of character and the disposition of characteristics of the characters, and plot that include depictions in early stage, the initial dispute, the climax, the completion, and decisions.

In line with the results, the study suggest the Indonesian teacher MTs Sunan Kalijogo Malang class VIII, so that the results of this study are used as a reference in learning process drama, especially writing drama scritps. To the future researcher is necessary to continue research with qualitative methods and other aspects studied in the form of intrinsic elements such as background plays, dialogues, instructions acting, and style, as well as extrinsic elements.