SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Keefektifan Kalimat dalam Laporan Praktik Kerja Industri Siswa Kelas XI SMKN 5 Malang

Restu Budi Sanyoto

Abstrak


ABSTRAK

 

Sanyoto, Restu Budi. 2014. Keefektifan Kalimat dalam Laporan Praktik Kerja Industri Siswa SMKN 5 Malang. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Sumadi, M.Pd, (II) Dr. Martutik, M.Pd.

 

Kata kunci: kalimat efektif, laporan praktik kerja industri

 

Kalimat merupakan satuan bahasa terkecil dalam wujud lisan atau tulisan yang mengungkapkan pikiran yang utuh. Penulisan ragam ilmiah menuntut hadirnya kalimat efektif serta organisasi ide yang runtut dan logis. Kalimat yang baku dan efektif akan mampu menyampaikan maksud penulis kepada pembaca dengan tepat. Laporan praktik kerja industri merupakan wacana ilmiah yang disajikan dalam bentuk tulisan. Oleh karena itu, kelengkapan unsur tata bahasa seperti tata bentuk ataupun susunan kalimat, ketepatan pilihan kata, ketepatan penggunaan ejaan, dan

penggunaan tanda baca dalam menggungkapkan ide harus dipahami secara mendalam oleh siswa agar dapat diterapkan dalam pembelajaran menulis wacana. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memperoleh keefektifan kalimat laporan praktik kerja industri siswa kelas XI SMKN 5 Malang berdasarkan aspek (1) kegramatikalan, (2) pilihan kata, (3) kehematan, (4) kelogisan, dan (5) kepaduan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan merupakan jenis penelitian deskriptif. Adapun data dalam penelitian ini berupa keefektifan kalimat berdasarkan kegramatikalan, pilihan kata, kehematan, kelogisan, dan kepaduan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi laporan praktik kerja industri siswa kelas XI SMKN 5 Malang. Secara lebih rinci prosedur pengumpulan data yang dilakukan, yaitu (1) mengidentifikasi sumber data yang sesuai dengan kriteria, (2) membuat tabel penjaring data yang sesuai dengan panduan kriteria analisis data, (3) memberikan kode pada masing-masing data, (4) memasukkan data yang telah dikumpulkan ke dalam tabel penjaring data, dan (5) melakukan penyajian data berdasarkan kajian teori yang menjadi landasan penelitian ini.

Berdasarkan hasil analisis kalimat, ditemukan penggunaan kalimat efektif dan tidak efektif. Kalimat yang efektif berdasarkan kegramatikalan ditandai dengan ketepatan dan kelaziman urutan kata, ketepatan pembentukan kata, dan menghadirkan unsur wajib kalimat. Kalimat yang tidak efektif berdasarkan kegramatikalan ditandai dengan ketidaktepatan dan ketidaklaziman urutan kata, ketidaktepatan pembentukan kata, dan tidak mengadirkan unsur wajib kalimat. Kalimat yang efektif berdasarkan pilihan kata ditandai dengan tidak menggunakan kata-kata tutur, tepat dalam penggunaan kata yang bersinonim, tepat dalam pemakaian kata yang bernilai rasa, dan tepat dalam pemakaian kata/istilah asing. Kalimat yang tidak efektif berdasarkan pilihan kata ditandai dengan menggunakan kata-kata tutur, tidak tepat dalam penggunaan kata yang bersinonim, tidak tepat dalam pemakaian kata yang bernilai rasa, dan tidak tepat dalam pemakaian kata/istilah asing. Kalimat yang efektif berdasarkan kehematan ditandai dengan tidak ada pengulangan subjek, menghindari hiponimi, tepat dalam penggunaan kata depan dari dan daripada, dan tidak terdapat pleonasme. Kalimat yang tidak efektif berdasarkan kehematan ditandai dengan adanya pengulangan subjek yang tidak perlu, ada hiponimi, tidak tepat dalam penggunaan kata depan dari dan daripada, dan terdapat pleonasme. Kalimat yang efektif berdasarkan kelogisan ditandai dengan hubungan antar unsur-unsurnya memilki hubungan yang masuk bernalar (masuk akal). Kalimat yang tidak efektif berdasarkan kelogisan ditandai dengan hubungan antar unsur-unsurnya memiliki hubungan yang tidak bernalar (tidak masuk akal). Kalimat yang efektif berdasarkan kepaduan ditandai dengan Kalimat yang efektif ditandai dengan fungsi unsur- unsur