SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kesalahan Kalimat Efektif Bahasa Indonesia pada Rubrik Citizen Reporter Koran Surya Edisi Oktober 2013

Iqbal El Sidiq

Abstrak


ABSTRAK

 

El Sidiq, Iqbal. 2014. Kesalahan Kalimat Efektif Bahasa Indonesia pada Rubrik Citizen Reporter Koran Surya Edisi Oktober 2013. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Roekhan, M.Pd.

 

Kata kunci: Rubrik Citizen Reporter, bahasa Indonesia, kalimat efektif.

 

Koran Surya merupakan salah satu media massa cetak yang berfungsi menyampaikan gagasan atau informasi. Informasi yang disampaikan oleh media massa cetak mempunyai peran yang sangat strategis untuk membentuk pengembangan bahasa. Koran yang baik akan menggunakan kalimat efektif agar masyarakat mudah menerima pesan yang disampaikan.

Penggunaan Bahasa Indonesia dalam rubrik Citizen Reporter koran Surya masih banyak yang belum sesuai dengan kaidah. Ketidaksesuaian penulisan sesuai kaidah tersebut di antaranya karena ketidakjelasan maupun kekeliruan struktur kalimat dan penyampaian opini yang kurang logis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentukan kalimat tidak efektif meliputi (1) kalimat tidak logis, (2) kalimat rancu, (3) kalimat tidak hemat, dan (4) kalimat tidak padu.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengambilan sumber data dilakukan dengan cara menggunakan teknik (1) membaca rubrik Citizen reporter yang akan dikaji secara berulang-ulang, (2) memberi nomor pada setiap kalimat yang diduga terdapat kesalahan, (3) mengidentifikasi kalimat yang sudah diberi nomor, dan (4) mengklasifikasikan kalimat yang telah diberi nomor atau kode tertentu.

Penelitian ini menggunakan instrumen utama atau instrumen kunci peneliti sendiri. Peneliti menggunakan instrumen tambahan, yaitu tabel sumber data dan pengodean data, tabel analisis data, serta pedoman analisis. Dari hasil analisis, dapat ditarik simpulan bahwa Ditemukan empat kesalahan penggunaan kalimat tidak logis. Ketiga kesalahan terjadi karena tidak hadirnya objek pada kalimat transitif. Kalimat transitif ialah kalimat yang predikatnya mewajibkan hadirnya objek. Satu kesalahan yang lain dikarenakan tidak terdapat subjek kalimat.

Ditemukan empat kesalahan kalimat rancu karena dua di antaranya terdapat partikel yang hilang sehingga terjadi makna ganda, terdapat satu kesalahan yang terjadi karena tidak adanya tanda hubung yang menjadikan kalimat sukar dipahami, dan satu kesalahan yang lain terjadi karena tidak adanya kata depan oleh atau kepada yang dtujukan dalam kalimat.

Ditemukan enam kesalahan penggunaan kalimat tidak hemat. Kesalahan yang terjadi disebabkan terdapat pengulangan subjek kalimat yang tidak perlu dan adanya kata yang mubazir atau kurang fungsional yang membuat sukar untuk dipahami.

Ditemukan dua kesalahan pemakaian kalimat tidak padu. Ketidakpaduan disebabkan karena subjek dan predikat serta predikat dan objek memiliki hubungan yang tidak harmonis, dikarenakan penempatan kata dalam kalimat tidak sesuai dengan pola kalimatnya sehingga menyebabkan adanya lebih dari satu pokok pikiran. Kesalahan selanjutnya terjadi karena banyaknya konjungsi yang tidak diperlukan dan menyebabkan kalimat menjadi tidak padu.