SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS KREATIF PUISI BARU DENGAN METODE SINEKTIK UNTUK SISWA SMA

JUMA'ATI .

Abstrak


ABSTRAK

 

Juma'ati. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Kreatif Puisi Baru dengan Metode Sinektik untuk Siswa Kelas X SMA. Skripsi, Jurusan Sastra  Indonesia  Fakultas Sastra Universitas Malang. Pembimbing: (I) Dr. Muakibatul Hasanah, M.Pd., (II) Dr. Titik Harsiati, M.Pd.

 

Kata kunci: bahan ajar, menulis kreatif puisi baru, metode sinektik.

 

Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan bahan ajar yang disusun secara prosedural dan sistematis. Berdasarkan hasil pengamatan awal ditemukan kendala-kendala bahwa guru kesulitan mengajarkan menulis puisi kepada siswa. Selain itu, siswa mengalami hambatan dalam menulis kreatif puisi.  Siswa kesulitan memunculkan diksi berdasarkan ide-ide kreatifnya karenakondisi proses kreatif tidak sesuai dengan kondisi fisik dan psikis siswa. Oleh karena itu, bahan ajar dibutuhkan untuk membantu keefektifan proses pembelajaran di kelas dan membantu proses kreatif siswa.

Bahan ajar dapat digunakan untuk membantu keefektifan proses belajar mengajar di kelas. Secara umum tujuan penelitian ini menghasilkan produk berupa bahan ajar menulis kreatif puisi baru dengan metode sinektik. Berdasarkan tujuan umum tersebut, dijabarkan empat tujuan khusus penelitian, yaitu mengembangkan (1) sistematika bahan ajar, (2) deskripsi isi bahan ajar, (3) penggunaan bahasa bahan ajar, dan (4) tampilan bahan ajar.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Model pengembangan penelitian inidiadaptasi dari desain model pembelajaran Dick & Carey yang terdapat empat tahap prosedur penelitian, yakni (1) tahap prapengembangan, (2) tahap pengembangan, (3) tahap uji coba, dan (4) tahap revisi.Instrumen penelitian ini berupa pedoman pengamatan, wawancara, dan angket kelayakan produk. Subjek coba penelitian ini melibatkan subjek coba perseorangan, yaitu ahli dan praktisi dan kelompok kecil yaitu siswa berjumlah 6 orang. Data berupa hasil menulis puisi siswa  yang dianalisis dengan menggunakan kriteria kualifikasi kelayakan dan saran perbaikan dari angket.Teknik analisis data kuantitatif dilakukan dengan mendeskripsikan kelayakan produk bahan ajar berdasarkan persentase kelayakan produk bahan ajar. Teknik analisis data kualitatif dilakukan dengan (1) mengumpulkan data verbal tertulis yang diperoleh dari angket penilaian dan hasil kegiatan menulis puisi kreatif dengan metode sinektik; dan (2) mentranskrip data verbal tulis; (3) menghimpun, menyeleksi, dan mengklasifikasi data verbal tulis berdasarkan kelompok uji; dan (4) menganalisis data dan merumuskan simpulan analisis sebagai dasar untuk melakukan tindakan perbaikan terhadap produk yang dikembangkan, apakah harus direvisi atau diimplementasi.

Berdasarkan hasil uji coba dengan ahli materi menulis puisi dan praktisi/guru bahasa Indonesia, aspek sistematika bahan ajar mencapai persentase keseluruhan 80,56%, aspek deskripsi isi bahan ajar mencapai persentase 83,33%, aspek penggunaan bahasa bahan ajar mencapai persentase keseluruhan 79,16%, dan aspek tampilan bahan ajar mencapai persentase keseluruhan 75,61%. Aspek tampilan dari hasil uji coba ahli desain bahan ajar mencapai persentase keseluruhan 76,14%. Hasil rata-rata persentase keseluruhan tersebut dapat diartikan bahwa seluruh aspek bahan ajar menulis kreatif puisi dengan metode sinektik layak dan dapat diimplementasikan.

Berdasarkan hasil uji coba dengan kelompok kecil/siswa yang diperoleh dari penyebaran angket, aspek sistematikan bahan ajar mencapai persentase keseluruhan 81,25%, aspek deskripsi isi bahan ajar mencapai persentase keseluruhan 79,17%, aspek penggunaan bahasa bahan ajar mencapai persentase keseluruhan 79,17%, dan aspek tampilan bahan ajar mencapai persentase keseluruhan 79,17%. Hasil rata-rata persentase keseluruhan tersebut, dapat diartikan bahwa seluruh aspek bahan ajar menulis kreatif puisi dengan metode sinektik layak dan dapat diimplementasikan.

Langkah pemanfaatan produk hasil pengembangan disarankan kepada guru, siswa, dan peneliti lain. Guru disarankan untuk menerapkan bahan ajar menulis kreatif puisi baru dengan metode sinektikdalam pembelajaran menulis kreatif puisi, sehingga pembelajaran menulis kreatif puisiberjalan efektif. Siswa disarankan untuk membaca bahan ajar menulis kreatif puisi baru dengan metode sinektik, karena bahan ajar tesebutdapat membantu menumbuhkembangkan kemampuan mereka dalam hal belajar mandiri dan tidak ketergantungan terhadap kehadiran guru. Selanjutnya, peneliti lain disarankan untuk membaca penelitian ini sebagai sumber acuan penelitian lebih lanjut.

 

 

 

ABSTRACT

 

 

 

Juma'ati. 2014. Developing Module Creative Writing New Poetry by Synectic Method for High School Pupils. Undergraduate Thesis. Indonesian Letter Departement, Faculty of Letter, Malang State University. Advisors: (1) Dr. Muakibatul Hasanah, M.Pd., (II) Dr. Titik Harsiati, M.Pd.

 

Keywords: module, writing creative new poetry, synectic method.

 

The development background by that very fact, that moduls is very important in school. Some problems founded the teacher difficulty teach to student poerty writing. Then, student of high school teaching of poetry writing difficulty.   And what is more problems, condition psikis and physical unappropriate creative process. Therefore, the moduls indispensable from in helping study effectivenees in the class and crative process to student.

Moduls serve the purpose to helped study effectiviness in the class, seeing that its very important than needed held to activity studies. The purpose on this development that is (1) develop sistematica on moduls, (2) develop substance on moduls, (3) develop language used on moduls,, and (4) develop indentifying screen moduls.

This research used system approachment model which planned and developed by Dick & Carrey. The models adapted according to the researcher's needs. The models include (1) predevelopment, (2) development, (3) test-drive, and (4) revising.

Researcher is human instrument. Data is writing creative poetry valued student and at analysis used feasibility criteria. Analysis technique quantitative data at (1) gather from test-verbal data came from value questionnaire and poetry from at does writing with synectic methods, (2) test-verbal data transcripeed, (3) accumulate, select, and classify test-verbal data from smaal group test, and (4) data analysis and all analysis value formulate as should it be revision or at implementation.

Product test of module is applied to (1) the expert of creative poetry, (2) the expert of application design, (3) Bahasa Indonesia teacher, and (4) small group. The test of the modul involved training expert, practitioner, and trainee in sistematica modul aspect it gain 80,56%, in substance description modul aspect it gain 83,33%, in language used modul aspect it gain 79,16, in screen modul aspect it gain 75,16% and from the expert of creative poetry it gain 76,14%, which mean those aspect proper and can be implemented.

The test of the modul involved from test-small group in sistematica modul aspect it gain 81,25%, in substance description modul aspect it gain 79,17%, in language used modul aspect it gain 79,17, in screen modul aspect it gain 79,17% and from the expert of creative poetry it gain 76,14%, which mean those aspect proper and can be implemented.

The moduls using of teacher development value product, the teacher at propositions to applicate the poetry writing creative by synectic method on study class until to effective studies in class. The student should be reads it moduls until to training self employed. Furthermore, Other researcher should be reads it modul as references development again.