SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Keefektifan Kalimat dalam Karya Ilmiah Siswa Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) SMA Taruna Probolinggo Tahun Ajaran 2012/2013

Rohim Efendi

Abstrak


ABSTRAK

 

Efendi, Rohim. 2014. Keefektifan Kalimat dalam Karya Ilmiah Siswa Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) SMA Taruna Probolinggo Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Sumadi, M.Pd, (II) Indra Suherjanto, S.Pd, M.Sn.

 

Kata kunci: kalimat efektif,  karya ilmiah

 

Kalimat merupakan sarana untuk menjelaskan apa yang dipikirkan dan dirasakan seseorang kepada orang lain, baik secara lisan maupun tulisan. Kalimat yang ditulis sesuai dengan kaidah tata kalimat bahasa Indonesiayang baik dan benar akan mudah dipahami oleh pembaca dan tidak menimbulkan perbedaan penafsiran di antara penulis dan pembaca. Kalimat seperti itu disebutkalimat efektif.

Penggunaan bahasa yang baik dan benar merupakan penilaian pertama yang dapat dilakukan untuk menentukan kelayakan suatu karya ilmiah (Susilowarno, 2003:58).Berkaitan dengan hal tersebut, kalimat yang telah memenuhi kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar dapat dikatakan sebagai kalimat efektif. Oleh karena itu, penggunaan kalimat efektif menjadi hal penting yang harus diperhatikan dalam penulisan karya ilmiah.Penggunaan kalimat efektif dalam karya ilmiah bertujuan agar pesan yang ingin disampaikan penulis dapat sampai secara tepat kepada pembaca. Apabila kalimat yang digunakan tidak efektif, pesan yang disampaikan tidak dapat diterima secara tepat oleh pembaca.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikankeefektifan kalimatdalam karya ilmiah siswa kelompok ilmiah remaja (KIR) SMA Taruna Probolinggo. Penelitian inidifokuskan pada keefektifan kalimat berdasarkan berdasarkan (1) aspek kelengkapan, (2) aspek kelogisan, (3) aspek keserasian, dan (4) aspek  kepaduan.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif.Data dalam penelitian ini berupa keefektifan kalimat berdasarkan (1) aspek kelengkapan, (2) aspek kelogisan, (3) aspek keserasian, dan (4) aspek  kepaduan kalimat dalam karya ilmiah siswa Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) SMA Taruna Probolinggo Tahun Ajaran 2012/2013.

Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan dokumentasi karya ilmiah siswa Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) SMA Taruna Probolinggo Tahun Ajaran 2012/2013yang diperoleh dari guru pembimbing KIR.Secara lebih rinci prosedur pengumpulan data yang dilakukan meliputi (1) mengumpulkan karya tulis siswa, (2) membaca seluruh karya tulis ilmiah dengan cermat, (3) merekam data berupa kalimat yang telah diperoleh ke dalam tabel pengumpulan data,dan (4) memberi kode pada masing-masing data.Instrumen kunci penelitian adalah peneliti sendiri dengan dibantu instrumen tambahan berupa tabel pengumpul data, tabel panduan kodifikasi data dan tabel panduan pengumpulan data. Untuk menjaga keabsahan data, dilakukan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan diskusi teman sejawat.

Berdasarkan temuan penelitian, diperoleh empat hasil penelitian.Pertama, penggunaan kalimat efektif dan kalimat tidak efektif berdasarkan aspek kelengkapan. Dalam karya ilmiah siswa, kalimat yang efektif berdasarkan aspek kelengkapan berupa kalimat yang memiliki subjek dan predikat secara lengkap, sedangkan kalimat yang tidak efektif berdasarkan aspek kelengkapan berupa kalimat yang tidak memiliki subjek, tidak memiliki predikat, dan tidak memiliki keduannya –subjekdan predikat--.Kedua, penggunaan kalimat efektif dan kalimat tidak efektif berdasarkan aspek kelogisan. Dalam karya ilmiah siswa, kalimat efektif disebabkan oleh hubungan yang logis antar unsur-unsur dalam kalimat dan penggunaan pronomina yang tepat, sedangkan kalimat tidak efektif disebabkan olehkesalahan bernalar siswa.Ketiga, penggunaan kalimat efektif dan kalimat tidak efektif berdasarkan aspek keserasian. Dalam karya ilmiah siswa, kalimat efektif disebabkan oleh gagasan yang sederajat telah dinyatakan dalam bentuk yang sama, penggunaan preposisi telah digunakan secara tepat dan penggunaan konjungsi telah digunakan secara tepat pula, sedangkan kalimat tidak efektif  disebabkan oleh gagasan yang sederajat tidak dinyatakan dengan bentuk kata yang sama, preposisi tidak digunakan secara tepat, dan  konjungsi tidak digunakan secara tepat.Keempat, penggunaan kalimat efektif dan kalimat tidak efektif berdasarkan aspek kepaduan. Dalam karya ilmiah siswa, kalimat efektifdisebabkan olehsubjek dan predikat bertautan secara langsung tanpa terganggu unsur lain, sedangkan kalimat tidak efektif disebabkan hadirnya keterangan yang diantar oleh kata pengantar kalimat diantara unsur subjek dan predikat sehingga menyebabkan fungsi kalimat menjadi tidak jelas atau kabur.

Berdasarkan hasil penelitian ini, dikemukakan dua saran. Pertama, mengingat pentingnya penulisan kalimat efektif dalam karya ilmiah seperti yang telah dijelaskan pada bab I, disarankan kepada guru pembina Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) agar turut melatih keterampilan siswa terkait penggunaan kalimat efektif dengan cara memberikan latihan menulis karya ilmiah dengan memperhatikan kaidah-kaidah tata kalimat bahasa Indonesia yang baik dan benar, dan  mengoreksi kembali kalimat dalam karya ilmiah siswa agarterjadi perbaikan pada proses belajar mengajar selanjutnya.Kedua, Siswa disarankan agar banyak berlatih menulis kalimat dengan memperhatikan kaidah-kaidah tata kalimat bahasa Indonesia yang baik dan benar, terutama dalam penulisan karya ilmiah.