SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Menulis Puisi terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMPN 3 Kota Malang Tahun Ajaran 2013/2014

SITI nurjanah

Abstrak


ABSTRAK

Yanuar,  Agregat  Illah  Nur,  2014.  Pengaruh  Penggunaan Multimedia  Interaktif Menulis  Puisi  terhadap  Kemampuan  Menulis  Puisi  Siswa  Kelas  VIII SMPN  3 Kota Malang  Tahun Ajaran  2013/2014.  Skripsi,  Jurusan Sastra Indonesia,  FS,  Universitas  Negeri  Malang.  Pembimbing:  (I)  Prof.  Dr. Wahyudi Siswanto, M. Pd., (II) Dr. Endah Tri Priyatni, M. Pd.

Kata Kunci: Multimedia Interaktif Menulis Puisi, Kemampuan Menulis Puisi. 

Puisi  merupakan  salah  satu  kemampuan  menulis  pada  bidang  sastra. Kemampuan menulis puisi penting dikuasai oleh siswa, karena menulis puisi juga merupakan  salah  satu  cara  untuk  melatih  kepekaan  terhadap  lingkungan.  Puisi merupakan    salah  satu  sarana  dalam  mengekspresikan  perasaan  atau  ide  yang merangsang  panca  indra  ke  dalam  suatu  tulisan.  Untuk  mengembangkan kemampuan  menulis  puisi,  maka  dilakukan  pembelajaran  melalui  multimedia interaktif menulis puisi yang dapat dioperasionalkan secara mandiri.

Melalui  penelitian  inilah  pengaruh  penggunaan  multimedia  interaktif menulis  puisi  terhadap  kemampuan menulis  puisi  siswa  diuji. Tujuan  penelitian ini  adalah  mendeskripsikan  (1)  pengaruh  penggunaan  multimedia  interaktif menulis puisi terhadap aspek penggunaan gaya bahasa, (2) pengaruh penggunaan multimedia  interaktif  menulis  puisi  terhadap  aspek  pilhan  kata  (diksi),  (3) pengaruh  penggunaan multimedia  interaktif menulis  puisi  terhadap  aspek  imaji, dan (4) pengaruh penggunaan multimedia  interkatif menulis puisi terhadap aspek penggunaan rima pada siswa kelas VIII SMPN 3 Kota Malang.  Penelitian  ini  menggunakan  rancangan  penelitian  eksperimental  semu (Quasy Experimental Design)  dengan  posttest.  Populasi  penelitian  adalah  siswa kelas VIII SMPN 3 Kota Malang, dengan sampel kelas VIII.8 (kelas eksperimen) dan  kelas  VIII.7  (kelas  kontrol).  Kelas  eksperimen  dikenai  perlakuan  dengan multimedia interaktif menulis puisi. Instrumen yang digunakan adalah lembar soal menulis puisi dan rubrik penilaian.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan kemampuan menulis puisi siswa dengan penggunaan multimedia interaktif menulis puisi dengan tanpa penggunaan  multimedia  interaktif  menulis  puisi.  Secara  khusus,  penggunaan multimedia  interaktif menulis puisi berpengaruh pada  (1) kemampuan pemilihan diksi, (2) kemampuan penggunaan imaji, (3) kemampuan penggunaan majas, dan (4) kemampuan penggunaan  rima. Pada posttest yang dilakukan di kelas kontrol dan kelas eksperimen menunjukkan ada perbedaan yang cukup signifikan.  Ditinjau  dari  nilai  rerata,  kelas  eksperimen  lebih  unggul  dibandingkan kelas kontrol. Pada tiap aspek terdapat selisih nilai rata-rata yang diperoleh, kelas kontrol  menunjukkan  rerata  lebih  tinggi  daripada  kelas  kontrol  pada  posttest. Kelas  eksperimen  memperoleh  rata-rata  75,68,  sedangkan  kelas  kontrol memperoleh  rata-rata  50,86. 

Saran  yang  diajukan  peneliti  berdasarkan  temuan pada  saat  penelitian  adalah  (1) multimedia  interaktif menulis  puisi  ini menjadi bahan  ajar  mandiri  siswa,  (2)  penggunaan  multimedia  interaktif  menulis  puisi dapat dijadikan alternatif pembelajaran yang beragam dan menarik.