SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2006

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kalimat Efektif dalam Karangan Deskripsi Siswa Kelas VI SDN Panggungrejo 1 Kepanjen Tahun Ajaran 2005/2006

Tutwuri Yuliarti

Abstrak


Kalimat yang baik adalah kalimat yang mudah dimengerti dan tidak menimbulkan salah paham bagi pembaca. Kalimat yang demikian disebut kalimat efektif. Agar karangan mudah dipahami secara tepat dan cepat, maka karangan tersebut harus menggunakan kalimat efektif.

Salah satu pembelajaran menulis kelas VI sekolah dasar berdasarkan kurikulum 1994, antara lain menulis deksripsi, misalnya mendeskripsikan seseorang, benda, binatang, atau suasana tertentu. Menulis deskripsi merupakan salah satu bentuk menulis yang dapat dilakukan oleh siswa sekolah dasar.    

Penelitian ini  mempunyai tujuan khusus dan tujuan khusus. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi tentang pemakaian kalimat efektif dalam karangan deskripsi siswa kelas VI SDN Panggungrejo Kepanjen tahun ajaran 2005/2006. Tujuan khusus penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang: bentuk pemakaian kalimat gramatikal dalam karangan deskripsi siswa kelas VI SDN Panggungrejo 1 Kepanjen, bentuk pemakaian kalimat hemat dalam karangan deskripsi siswa kelas VI SDN Panggungrejo 1 Kepanjen, bentuk pemakaian kalimat padu dalam karangan deskripsi siswa kelas VI SDN Panggungrejo 1 Kepanjen, bentuk pemakaian kalimat jelas dalam karangan deskripsi siswa kelas VI SDN Panggungrejo 1 Kepanjen.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data penelitian berupa kalimat bahasa Indonesia dalam karangan deskripsi siswa kelas VI SDN Panggungrejo 1 Kepanjen. Data penelitian tentang pemakaian kalimat efektif dalam karangan deskripsi siswa kelas VI SDN Panggungrejo 1 Kepanjen ini dikumpulkan oleh peneliti sendiri sebagai instrumen kunci dengan memberikan tugas mengarang kepada siswa dan dibantu oleh guru kelas atau guru Bahasa Indonesia. Jumlah siswa dalam penelitian adalah 25 siswa.

Hasil penelitian ini dapat diuraikan sebagai berikut. Pertama, bentuk  kalimat gramatikal dalam karangan deskripsi siswa kelas VI SDN Panggungrejo 1 Kepanjen cenderung ditandai struktur kalimat mengikuti kaidah tata bahasa, dan kelengkapan struktur kalimat. Kedua, bentuk kalimat hemat dalam karangan deskripsi siswa kelas VI SDN Panggungrejo 1 Kepanjen lebih cenderung ditandai syarat menghindarkan kesinoniman dalam satu kalimat. Ketiga, bentuk kalimat padu dalam karangan deskripsi siswa kelas VI SDN Panggungrejo 1 Kepanjen lebih cenderung ditandai syarat kalimat mempunyai subjek dan predikat jelas. Keempat, bentuk kalimat jelas dalam karangan deskripsi siswa kelas VI SDN Panggungrejo 1 Kepanjen lebih cenderung ditandai  syarat penulisan tanda baca yang tepat.


Teks Penuh: DOC