SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Karakteristik Esai Siswa Kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Batu

Mira Diah Fajarwati

Abstrak


ABSTRAK

 

Fajarwati, Mira Diah. 2014. Karakteristik Esai Siswa Kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Batu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Djoko Saryono, M.Pd. (II) Dra. Hj. Ida Lestari, M.Si.

 

Kata Kunci: karakteristik, esai, pembelajaran menulis esai

 

Esai adalah suatu karya sastra yang membahas tentang objek permasalahan tertentu berdasarkan sudut pandang penulisnya yang diperkuat dengan bukti-bukti pendukung. Esai memiliki karakteristik tresendiri yang membedakan dengan karya tulis lain, begitu pula dengan esai karya siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Batu yang memiliki karakteristik tersendiri yang khas. Oleh karena itu, fokus penelitian ini adalah (1) karakteristik struktur esai siswa (2) pola pengembangan gagasan dalam esai siswa, dan (3) bahasa esai siswa.

Penelitian ini menggunakan metode kajian teks atau dokumen nonsastra. Sumber data penelitian ini berupa esai karya siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Batu. Data penelitian berupa teks esai yang menunjukkan karakteristik esai karya siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara memberikan lembar tugas menulis esai kepada subjek penelitian. Analisis data penelitian ini meliputi (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan teknik kecermatan serta ketekunan pembacaan dan diskusi dengan pakar atau pembimbing.

Berdasarkan analisis data yang dilakukan, dihasilkan deskripsi karakteristik esai karya siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Batu. Karakteristik esai tersebut meliputi (1) struktur esai, (2) pola pengembangan gagasan, dan (3) bahasa esai. Struktur esai meliputi (1) pendahuluan atau pembuka, (2) isi atau tubuh esai, (3) simpulan atau penutup, dan (4) judul. Pola pengembangan gagasan meliputi (1) alamiah, (2) umum-khusus dan khusus umum, (3) perbandingan dan pertentangan, (4) sebab-akibat dan akibat-sebab, (5) analogi, (6) definisi luas, (7) contoh, (8) proses atau langkah, (9) kombinasi. Bahasa esai meliputi (1) diksi dan (2) gaya bahasa. Diksi meliputi (1) kata umum dan kata khusus, (2) kata indra, (3) kata ilmiah, (4) kata idiom, (5) kata atau frasa asing, dan (6) kata pergaulan. Gaya bahasa terdiri dari (1) klimaks dan antiklimaks, (2) pararelisme, (3) antithesis, (4) repetisi, (5) retoris, dan (6) kiasan.

Saran berdasarkan penelitian ini ditujukan bagi siswa, guru, dan peneliti selanjutnya. Siswa disarankan untuk memperbaiki kemampuan menulis esai mereka sesuai dengan perkembangan pengetahuan tentang karakteristik esai dan ketrampilan menulis. Guru disarankan untuk menggunakan metode lain dalam pembelajaran menulis esai, misalnya pemodelan untuk memperkenalkan siswa pada bentuk esai baik esai sastra maupun esai nonsatra. Bagi peneliti selanjutnya, disarankan untuk melakukan penelitian yang sejenis agar dapat memperkaya temuan karakteristik esai terhadap karya esai lain baik karya siswa maupun karya esais lain yang berbentuk sastra maupun nonsastra. Peneliti sebaiknya memperhatikan proses pengambilan data agar terjamin kevaliditasannya.