SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penggunaan Contoh Naskah Drama dengan Dukungan Video Drama terhadap Kemampuan Menulis Naskah Drama Siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Tanggul Kabupaten Jember

Pramudita Parahita Pawestri

Abstrak


ABSTRAK

Pawestri, Pramudita P. 2014. Pengaruh Penggunaan Contoh Naskah dengan Dukungan Video Drama terhadap Kemamampuan Menulis Naskah Drama padaSiswaKelas VIII SMP Negeri 4 Tanggul Kabupaten Jember.Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Maryaeni, M.Pd, (2) Dr.Hj.YuniPratiwi, M.Pd.

Kata Kunci : contoh naskah, video drama, menulis naskah drama.

Keterampilan menulis merupakan keterampilan yang memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi dibandingkan dengan keterampilan berbahasa yang lain. Salah satu kompetensi dasar yang wajib diajarkan pada siswa SMP kelas VIII yaitu menulis kreatif naskah drama satu babak dengan memperhatikan kaidah penulisan. Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan dengan guru Bahasa Indonesia di SMP Negeri 4 Tanggul, siswa mengalami kesulitan dalam menulis.Dalam proses pembelajaran guru juga mengalami kesulitan dalam menyampaikan materi karena adanya keterbatasan baik dari segi media, sumber belajar yang digunakan, pengetahuan guru tentang drama, serta keterbatasan waktu. Dengan adanya keterbatasan tersebut diperlukan hal-hal yang dapat meningkatkan minat dan kemampuan siswa dalam menulis naskah drama salah satunya yaitu dengan menggunakan contoh naskah dengan dukungan video drama.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan contoh naskah dengan dukungan video drama terhadap kemampuan menulis naskah drama pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Tanggul. Aspek yang menjadi masalah penelitian yakni, menentukan tema, menggambarkan karakter, mengembangkan alur, mendeskripsikan latar, dan mengembangkan dialog. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan menggunakan One-group Pre-post Test Design. Rancangan penelitian ini melibatkan satu kelas. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMPN 4 Tanggul. Sampel yang digunakan adalah kelas VIII B. Adapun cara pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sample. Pemilihan purposive sample dikarenakan jumlah populasi yang sedikit dan homogen serta seluruh kelas VIII mata pelajaran Bahasa Indonesia diajar oleh guru yang sama. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis statistic uji-tberpasangan pada program SPSS 16.0 for Windows dengan taraf signifikasi 0.05. Penggunaan Uji-tberpasangan dilakukan untuk menguji apakah terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara rata-rata nilai pretes dan postes.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan contoh naskah dengan dukungan video drama berpengaruh terhadap kemampuan menulis naskah drama pada siswa kelas VIII SMPN 4 Tanggul. Pada aspek menentukan tema nilai signifikansi(0.004) < (0.05), maka diambil keputusan H0 ditolak. Pada aspek kemampuan menggambarkan karakter nilai signifikansi (0.000)