SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Hasil Observasi untuk Siswa Kelas VII SMP

Dini Ayu Wiranti

Abstrak


ABSTRAK

Wiranti, Dini Ayu. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Hasil Observasi untuk Siswa Kelas VII SMP. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. Dawud, M.Pd dan (II) Dr. Mudjianto, M.Pd.

Kata Kunci: pengembangan bahan ajar, menulis, teks hasil observasi

Kurikulum di Indonesia mengalami perjalanan dan perkembangan yang cukup panjang, mulai dari kurikulum pasaca kemerdekaan sampai kurikulum 2006 yang berlaku sampai akhir tahun 2012 lalu. Saai ini pun kembali terjadi penyempurnaan kurikulum. Kurikulum 2013 merupakan penyempurnaan dari kurikulum sebelumnya. Pendidikan di Indonesia menampilkan wajah baru pada pembelajaran bahasa Indonesia yaitu menggunakan pendekatan pembelajaran saintifik dengan metod epembeljaran berbasis teks. Salah satu dari beberapa teks yang dipelajari, yaitu teks hasil observasi. Kegiatan menyusun teks hasil observasi menjadi salah satu Kompetensi Dasar yang harus dikuasai oleh siswa. Kegiatan menyusun erat kaitannya dengan ketrampilan menulis. Ketrampilan menulis ini seringkali menjadi momok bagi beberapa siswa di sekolah, salah satunya siswa di tingkat SMP. Hal ini menjadi hambatan internal yang berasal dari diri siswa. Hambatan eksternal yang ditemukan seperti terbatasnya bahan ajar yang diharapkan dapat memotivasi siswa untuk belajar. Demikian halnya yang terjadi dengan teks hasil observasi yang masih terasa asing di telinga siswa. Untuk itu perlu adanya pengembangan bahan ajar menulis teks hasil observasi yang dapat mengurangi hambatan yang ada. Hal ini dimaksudkan untuk mendukung proses pembelajaran menyusun teks hasil observasi di SMP. Alasan utama yang mendasari pentingnya pengembangan bahan ajar, yakni kebutuhan siswa dan tuntutan guru untuk dapat memberikan materi pembelajaran yang berkualitas serta sesuai dengan karakteristik siswa kelas VII SMP.

Tujuan umum penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan produk bahan ajar dalam bentuk Lembar Kerja Siswa (LKS) menulis teks hasil observasi untuk siswa kelas VII SMP. Tujuan umum tersebut kemudian dirinci lagi menjadi beberapa tujuan khusus, yaitu menghasilkan produk bahan ajar berupa LKS menulsi teks hasil observasi untuk siswa kelas VII SMP yang memiliki kelayakan dari segi (1) isi, (2) bahasa, dan (3) kepraktisan untuk digunakan.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan. Metode penelitian ini diadaptasi dari model pengembangan pembelajaran Borg dan Gall. Berdasarkan model tersebut, terdapat 4 tahapan prosedur penelitian pengembangan, yakni (1) tahap prapengembangan, (2) tahap pengembangan, (3) tahap uji coba produk, dan (4) tahap revisi. Produk hasil penelitian ini diuji coba kepada ahli menulis teks hasil observasi dan ahli bahan ajar, praktisi (guru bahasa Indonesia), dan kelompok kecil siswa yang beranggotakan 15 orang siswa. Subjek coba tersebut dibagikan angket untuk mengetahui tingkat kelayakan bahan ajar yang diujicobakan.

Berdasarkan hasil uji coba dengan ahli menulis teks hasil observasi dan bahan ajar, dan praktisi, jika dirata-rata memperoleh persentase sebagai berikut. Hasil uji kelayakan sistematika penulisan bahan ajar memperoleh persentase sebesar 100%, kesesuaian bahan ajar dengan kompetensi memperoleh persentase sebesar 93,75%, keakuratan dan kedalaman materi memperoleh persentase sebesar 91,07%, penggunaan bahasa pada bahan ajar memperoleh persentase sebesar 78,6%, dan tampilan bahan ajar memperoleh persentase 90,13%.

Bahan ajar berupa LKS yang dihasilkan pada penelitian pengembangan ini diberi judul Cermat Mengamati Terampil Menulis. LKS ini berisikan enam kegiatan. Keenam kegiatan yang terdapat dalam LKS ini terdiri atas (1) Kegiatan 1 memuat materi dan latihan identifikasi struktur teks hasil observasi, (2) Kegiatan 2 memuat materi dan latihan pemilihan tema dan objek pengamatan, (3) Kegiatan 3 memuat materi dan latihan pemilihan judul teks, (4) Kegiatan 4 memuat materi dan latihan penyusunan definisi umum teks hasil observasi, (5) Kegiatan 5 memuat materi dan latihan penyusunan deskripsi bagian teks hasil observasi, dan (6) Kegiatan 6 memuat materi dan latihan penyusunan deskripsi manfaat teks hasil observasi. LKS dengan judul Cermat Mengamati Terampil Menulis ini didominasi dengan warna hijau dan biru pada sampul depan dan belakang. Warna dominan biru hanya untuk sampul awal kegiatan yang terdapat dalam bahan ajar ini. LKS ini dilengkapi dengan sajian materi yang sesuai dengan judul kegiatan. Salah satu ciri khas yang membuat LKS ini berbeda dengan LKS lain adalah LKS ini menyajikan model pengerjaan tugas yang dapat digunakan sebagai contoh siswa dalam mengerjakan tugas proyek menulis teks hasil observasi sesuai dengan tahapan-tahapan yang disajikan pada LKS ini. Model pengerjaan tugas ini diharapkan dapat mengurangi hambatan yang dirasakan oleh siswa ketika akan menulis sebuah tulisan, dalam hal ini menulis teks hasil observasi.

Sebagai langkah pemanfaatan produk bahan ajar yang dihasilkan pada penelitian pengembangan ini, ada beberapa saran yang ditujukan untuk pihak-pihak yang berkaitan dengan pengembangan bahan ajar ini. Saran untuk guru yakni agar memanfaatkan bahan ajar menulis teks hasil observasi ini dengan optimal. Selain itu, siswa diharapkan mampu memanfaatkan LKS ini dengan membaca dan mempelajari tahapan-tahapan yang disediakan dalam LKS menulis teks hasil observasi ini.