SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ENAM PILAR PENDIDIKAN ETIKA DALAM BUKU TEKS BAHASA INDONESIA KELAS X SMA/MA/SMK (KURIKULUM 2013)

Amazona Dewi Pertiwi, Amazona Dewi Pertiwi

Abstrak


ABSTRAK

Pertiwi, Amazona Dewi. 2014. Enam Pilar Pendidikan Etika dalam Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas X SMA/MA/SMK (Kurikulum 2013). Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Nurhadi, M.Pd, (II) Drs. Dwi Saksomo, M.Si.

Kata kunci: pendidikan etika, nilai karakter, buku teks

Perubahan dan perkembangan sistem pendidikan harus disesuaikan dengan kondisi zaman dan kebutuhan peserta didik. Hal ini ditunjukkan dengan diberlakukannya perubahan kurikulum yaitu Kurikulum 2013 yang menekankan pendidikan karakter. Berhubungan dengan hal itu, maka buku teks yang digunakan harus memuat nilai-nilai karakter yang telah tercantum dalam Kompetensi Inti. Dengan demikian, sangat perlu dilakukan pembahasan mengenai muatan nilai-nilai karakter dalam buku teks yang digunakan dalam Kurikulum 2013.

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan muatan nilai-nilai karakter dalam buku teks Bahasa Indonesia kelas X. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi tim penyusun buku sebagai bahan pertimbangan dalam penyusunan buku teks pada tahun ajaran berikutnya.

Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kuantitatif dan kajian evaluatif. Data penelitian ini adalah berupa skor dan kutipan-kutipan buku yang mengilustrasikan nilai karakter. Pengumpulan data dilakukan dengan telaah dokumen. Instrumen yang digunakan diadaptasi dari beberapa buku yaitu (1) buku yang berjudul Tata Bahasa Pendidikan: Landasan Penyusunan Buku Pelajaran Bahasa Indonesia yang ditulis oleh Nurhadi (1995), (2) buku yang berjudul Pedoman Pendidikan Akhlak Mulia Siswa oleh Departemen Pendidikan Nasional (2009), (3) buku yang berjudul Text Book Writing yang ditulis oleh Masnur Muslich (2010).

Dalam buku teks tersebut, terdapat empat aspek yang diteliti antara lain aspek sajian, aspek isi, aspek bahasa dan aspek grafika. Kriteria skor dari setiap nilai adalah sangat kurang jika skor tersebut mencapai 0% –