SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Ketepatan Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Teks Berita Siswa Kelas VIII SMPN 2 Sumberpucung

FEBTIANA KUSUMAWATI

Abstrak


ABSTRAK

Kusumawati, Febtiana. 2014. Ketepatan Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Teks Berita Siswa Kelas VIII SMPN 2 Sumberpucung. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Sumadi, M.Pd, (II) Indra Suherjanto, S.Pd., M.Sn.

Kata Kunci: ketepatan penggunaan, bahasa Indonesia, teks berita

Penggunaan bahasa Indonesia secara nyata tidak hanya dalam bentuk ujaran, tetapi penggunaan bahasa Indonesia dapat pula berupa tulisan atau teks. Penggunaan bahasa Indonesia dalam bentuk tulisan atau teks salah satunya adalah teks berita. Penggunaan bahasa Indonesia dalam teks berita memiliki karakteristik yang berbeda dengan tulisan yang lain. Penggunaan bahasa dalam teks berita termasuk dalam kategori bahasa jurnalistik yang singkat, padat, menarik, dan jelas. Menulis teks berita merupakan salah satu kompetensi dasar yang seharusnya dikuasai oleh siswa. Pembelajaran menulis teks berita mulai diajarkan pada siswa kelas VIII SMP. Siswa kelas VIII SMP yang pada hakikatnya baru dalam proses belajar menulis teks berita tentu tata bahasa Indonesia yang digunakan lebih sederhana dan masih terdapat banyak kesalahan dibandingkan siswa SMA. Oleh karena itu, untuk mengetahui ketepatan penggunaan bahasa Indonesia siswa kelas VIII SMPN 2 Sumberpucung, dilakukan analisis ketepatan penggunaan bahasa Indonesia dalam teks berita siswa kelas VIII SMPN 2 Sumberpucung pada aspek ketepatan penggunaan ejaan dan tanda baca, kebakuan kata, keefektifan kalimat, dan ketepatan paragraf.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan desain penelitian deskriptif. Instrumen dalam penelitian ini adalah perintah dan petunjuk menulis berita serta tabel analisis data. Data dalam penelitian ini adalah data tertulis berupa ejaan dan tanda baca, kebakuan kata, keefektifan kalimat, dan paragraf yang membentuk teks berita karya siswa SMPN 2 Sumberpucung. Sumber data dalam penelitian ini berupa teks berita siswa kelas VIII SMPN 2 Sumberpucung yang berjumlah 20 teks berita. Kegiatan analisis dimulai dengan pengumpulan data, analisis data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Berdasarkan analisis data pada teks berita siswa kelas VIII SMPN 2 Sumberpucung diperoleh empat hasil penelitian. Pertama, ketepatan penggunaan ejaan dan tanda baca yang tepat sebanyak 1 teks berita, kurang tepat sebanyak 9 teks berita, dan tidak tepat sebanyak 10 teks berita. Kedua, kebakuan kata yang sangat tepat sebanyak 1 teks berita, tepat sebanyak 12 teks berita, kurang tepat sebanyak 6 teks berita, dan tidak tepat sebanyak 1 teks berita. Ketiga, keefektifan kalimat yang tepat sebanyak 3 teks berita, kurang tepat sebanyak 12 teks berita, dan tidak tepat sebanyak 5 teks berita. Keempat, Ketepatan paragraf yang tepat sebanyak 7 teks berita, kurang tepat sebanyak 12 teks berita, dan tidak tepat sebanyak 1 teks berita.

Berdasarkan hasil penelitian ini, dikemukakan tiga saran. Pertama, bagi siswa disarankan untuk mempelajari tentang teks berita, ejaan dan tanda baca, kebakuan kata, keefektifan kalimat, dan paragraf. Khususnya mempelajari tentang penggunaan huruf kapital dan kalimat efektif. Kedua, bagi guru disarankan untuk meningkatkan pembelajaran bahasa Indonesia khususnya terkait dengan penggunaan bahasa Indonesia dalam pembelajaran menulis teks berita. Ketiga, bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk menjadikan penelitian ini sebagai referensi atau tinjauan pustaka untuk melakukan penelitian lain yang serupa dengan penelitian ini, misalnya tentang keragaman gaya bahasa teks berita.