SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kemampuan Menulis Karangan Pengalaman Pribadi Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Pare

Erry Dian Candra Ika Amalia

Abstrak


ABSTRAK

 

Amalia, Erry Dian Candra Ika. 2014. Kemampuan Menulis Karangan Pengalaman Pribadi Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Pare. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Sunoto, M.Pd., (II) Karkono, S.S., M. A.

 

Kata kunci: menulis, isi, bahasa, ejaan.

 

Ada empat keterampilan berbahasa, yakni menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Menulis merupakan akumulasi produktif dari menyimak dan membaca yang harus dikuasai oleh siswa. Produktivitas menulis berarti kegiatan melahirkan ide, gagasan, pikiran, dan perasaan dalam saluran tulis.

Salah satu yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan menulis narasi adalah pengalaman pribadi. Menulis pengalaman pribadi bersumber dari pengalaman yang dialami sendiri oleh penulis. Pengalaman pribadi termasuk ke dalam karangan narasi. Skripsi dengan judul Kemampuan Menulis Karangan Pengalaman Pribadi Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Pare bertujuan untuk melihat kemampuan memaparkan isi, menggunakan bahasa, dan teknik penulisan.

Untuk tujuan tersebut dipilih penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian meliputi 10 kelas dengan jumlah siswa 290 anak. Jumlah populasi diasumsikan memiliki kemampuan yang sama. Atas asumsi tersebut, dipilih kelas IX-C yang berjumlah 29 siswa sebagai subjek penelitian. Data penelitian ini diperoleh dari tes menulis karangan pengalaman pribadi. Dari 29 karangan siswa, setelah dinilai dan dianalisis distribusi frekuensi nilai per aspek sehingga diperoleh hasil.

Hasil yang diperoleh adalah sebagai berikut. Siswa berhasil menyajikan isi karangan dengan baik. Setiap aspek yang dinilai memperoleh nilai sangat baik dan baik. Hanya beberapa siswa yang memperoleh nilai cukup dan kurang. Siswa berhasil menyajikan bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca dan tidak banyak kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan paragraf dalam karangan siswa. Siswa berhasil menggunakan ejaan dengan baik. Tidak ditemukan banyak kesalahan dalam karangan siswa.

Saran dalam penelitian ini adalah mengingat tulisan siswa sudah baik diharapkan guru mempertahankan pembelajaran menulisnya agar siswa saat ditugasi menulis lagi, hasil tulisannya lebih baik. Bagi peneliti lain, diharapkan penelitian ini dapat menjadi acuan untuk penelitian yang serupa dan diharapkan peneliti lain menggunakan subjek yang lebih luas dari penelitian ini.