SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Madiun Tahun Pelajaran 2013/2014

OLENKA FARRA XENYA

Abstrak


ABSTRAK

 

Xenya, Olenka Farra. 2014. Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Madiun Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Roekhan, M. Pd. Pembimbing (II) Dwi Sulistiyorini, S. S., M. Hum.

 

Kata kunci: menulis puisi, kemampuan menulis puisi.

 

Puisi merupakan media ekspresi penyair yang mampu membangkitkan perasaan, yang merangsang imajinasi panca indra dalam susunan yang berirama. Kemampuan menulis puisi adalah kecakapan dalam mengekspresikan imajinasi, perasaan, dan pikiran dengan menggunakan pilihan kata, kata-kata kias yang memiliki makna dan amanat dari suasana yang diciptakan melalui puisi. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk medeskripsikan kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri di Madiun. Secara khusus, penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri di Madiun pada (1) struktur fisik, pada aspek (a) diksi, (b) majas, (c) citraan, (d) rima, dan (2) struktur batin, pada aspek (a) suasana, (b) amanat, (c) kesesuaian tema, serta (d) pengembangan tema.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Data penelitian ini berupa skor kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri di Madiun. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri di Madiun yang berjumlah 167. Pengumpulan data dengan menggunakan tes menulis puisi. Analisis data dilakukan dengan lima tahap, yaitu (1) seleksi data, (2) penyekoran, (3) mengurutkan dan mengelompokkan, dan (4) menetapkan tingkat kemampuan menulis puisi.

Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri di Madiun dalam menulis puisi pada aspek diksi, siswa yang mendapatkan kualifikasi mampu, pada kategori sangat baik sebesar 20, 6% (34 siswa) dan kategori baik sebesar 41, 8% (69 siswa), sedangkan kualifikasi tidak mampu, pada kategori kurang baik sebesar 27, 2% (45 siswa) dan kategori tidak baik sebesar 10, 4% (17 siswa). Kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri di Madiun dalam menulis puisi pada aspek majas, siswa yang mendapatkan kualifikasi mampu, pada kategori sangat baik sebesar 5, 4% (9 siswa) dan kategori baik sebesar 43% (72 siswa), sedangkan kualifikasi tidak mampu, pada kategori kurang baik sebesar 35, 2% (58 siswa) dan kategori tidak baik sebesar 16, 4% (27 siswa). Kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri di Madiun dalam menulis puisi pada aspek citraan, siswa yang memiliki kualifikasi mampu, pada kategori sangat baik sebesar 18, 8% (31 siswa) dan kategori baik sebesar 24, 2% (40 siswa), sedangkan kualifikasi tidak mampu, pada kategori kurang baik sebesar 33, 4% (55 siswa) dan kategori tidak baik sebesar 12, 2% (20 siswa). Kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri di Madiun dalam menulis puisi pada aspek rima, siswa yang memiliki kualifikasi mampu, pada kategori sangat baik sebesar 14% (23 siswa) dan kategori baik sebesar 44, 2% (73 siswa), sedangkan kualifikasi tidak mampu, pada kategori kurang baik sebesar 27, 8% (46 siswa) dan kategori tidak baik sebesar 10, 4% (17 siswa).

Kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri di Madiun dalam menulis puisi pada aspek suasana, siswa yang memiliki kualifikasi mampu, pada kategori sangat baik sebesar 29, 6% (49 siswa) dan kategori baik sebesar 38, 9% (64 siswa), sedangkan kualifikasi tidak mampu, pada kategori kurang baik sebesar 21, 2% (35 siswa) dan kategori tidak baik sebesar 11% (18 siswa). Kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri di Madiun dalam menulis puisi pada aspek amanat, siswa yang memiliki kualifikasi mampu, pada kategori sangat baik sebesar 11% (18 siswa) dan kategori baik sebesar 43% (71 siswa), sedangkan kualifikasi tidak mampu, pada kategori kurang baik sebesar 33, 4% (55 siswa) dan kategori tidak baik sebesar 7, 2% (12 siswa). Kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri di Madiun dalam menulis puisi pada aspek kesesuaian tema, siswa yang memiliki kualifikasi mampu, pada kategori sangat baik sebesar 58, 8% (97 siswa) dan kategori baik sebesar 35, 8% (59 siswa), sedangkan kualifikasi tidak mampu tidak terdapat siswa kategori kurang 0% dan kategori tidak baik sebesar 6, 1% (10 siswa). Kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri di Madiun dalam menulis puisi pada aspek pengembangan tema, siswa yang memiliki kualifikasi mampu, pada kategori sangat baik sebesar 1, 8% (3 siswa) dan kategori baik sebesar 55, 8% (92 siswa), sedangkan kualifikasi tidak mampu, pada kategori kurang baik sebesar 36, 4% (61 siswa) dan kategori tidak baik sebesar 10% (6, 6 siswa).

Kemampuan menulis puisi secara keseluruhan menunjukkan bahwa ketercapaian nilai siswa dalam menulis puisi pada aspek diksi sebesar 62, 4%, pada aspek majas sebesar 48, 4%, pada aspek citraan sebesar 43%, pada aspek rima sebesar 58, 2%, pada aspek suasana sebesar 68, 5%, pada aspek amanat sebesar 54%, pada aspek kesesuaian tema sebesar 94, 6%, dan pada aspek pengembangan tema sebesar 57, 6%.

Berdasarkan temuan penelitian, guru disarankan agar memberikan pembelajaran yang dilaksanakan dengan memberikan metode dan media yang dapat menumbuhkan minat siswa dalam menulis puisi dan dibutuhkan keikutsertaan guru untuk mengajak siswa membaca karya sastra sebanyak mungkin, terutama puisi.