SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pembelajaran Membaca Teks Bahasa Jawa Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kalipare.

Tanti Septiani Dwi Karjianti

Abstrak


ABSTRAK

 

Karjianti, Tanti Septiani Dwi. 2013. Pembelajaran Membaca Teks Bahasa Jawa Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kalipare. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Widodo Hs, M.Pd., (II) Dewi Pusposari, M.Pd.

 

Kata kunci: pembelajaran membaca, membaca teks bahasa Jawa

 

Teks bahasa Jawa merupakan sebuah bacaan yang isinya menggunakan bahasa Jawa. Data di lapangan menunjukkan bahwa pembelajaran membaca teks bahasa Jawa pada wilayah yang jauh dari pusat kebudayaan Jawa terkendala dengan cara membacanya. Pengucapan vokal dan konsonan yang salah atau tidak sesuai dapat mempengaruhi arti dari kata yang dibaca.

Pembelajaran Bahasa Jawa masuk dalam muatan lokal yang diajarkan pada jenjang pendidikan sekolah dasar dan menengah. Siswa kelas VII telah mendapatkan pengalaman belajar membaca teks bahasa Jawa karena pembelajaran Bahasa Jawa sudah diajarkan sejak sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendiskripsikan 1) perencanaan pembelajaran membaca teks bahasa Jawa, 2) pelaksanaan pembelajaran membaca teks bahasa Jawa, dan 3) penilaian pembelajaran membaca teks bahasa Jawa.

Rancangan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data penelitian ini berupa deskripsi tentang pembelajaran membaca teks bahasa Jawa yang diperoleh melalui wawancara, observasi, serta telaah dokumen siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Kalipare. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri sebagai instrumen utama dalam penelitian ini yang juga berperan pada seluruh proses penelitian, yaitu sebagai perencana, pelaksana, pengumpul data, penganalisis isi, penafsir data, dan pembuat kesimpulan atas temuan penelitian.  Analisis data dilakukan dengan cara mengklasifikasi dan mengkode setiap komponen perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran, menafsirkan, kemudian menyimpulkan hasil analisis data.

Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh tiga simpulan hasil penelitian. Pertama, perencanaan pembelajaran membaca teks bahasa Jawa tidak disusun sendiri oleh guru, sehingga pelaksanaan pembelajaran belum berjalan sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran. Kedua, praktik pembelajaran belum dilakukan secara merata. Dalam rangkaian kegiatan pembelajaran guru belum mengalokasikan waktu dengan jelas, sehingga pembelajaran yang dilakukan belum maksimal. Ketiga, penilaian proses maupun hasil guru tidak disertai pedoman penilaian sebagai acuan, sehingga dapat menimbulkan subjektivitas dalam melakukan penailaian.

Saran penelitian ini disampaikan pada peneliti selanjutnya hendaknya  dapat melakukan penelitian mengenai pembelajaran menulis dan menyimak bahasa Jawa, serta kendala yang ditemukan dalam pembelajaran. Bagi guru bahasa Jawa hendaknya menyusun sendiri rencana pelaksanaan pembelajaran sebelum melakukan pembelajaran di kelas. Bagi lembaga pendidikan, penelitian ini dapat dijadikan dasar untuk memperbaiki mutu pelajaran muatan lokal khususnya bahasa Jawa.