SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

FUNGSI UNSUR INTRINSIK TEKS NARASI SISWA SMK

ANJAR APRILIA KRISTANTI

Abstrak


ABSTRAK

 

Kristanti, Anjar Aprilia. 2014. Fungsi Unsur Intrinsik Teks Narasi Siswa Kelas XI SMK Negeri 3 Malang Tahun Pelajaran 2013-2014. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Heri Suwignyo, M.Pd., (II) Prof. Dr. Djoko Saryono, M.Pd.

 

Kata Kunci: Fungsi Unsur, Unsur Intrinsik, Teks Narasi.

 

Teks narasi adalah sebuah karya yang berisi pelaku-pelaku tertentu dengan pemeranan latar serta tahapan dan rangkaian cerita tertentu dan bertujuan untuk menceritakan suatu peristiwa melalui hasil imajinasi pengarang sehingga tampak seolah-olah pembaca melihat atau mengalami sendiri peristiwa itu. Teks narasi yang ditulis siswa dikembangkan dari beberapa fungsi usur intrinsik, sehingga teks narasi siswa tidak hanya menyajikan unsur intrinsik cerita secara langsung saja, melainkan juga dengan memanfaatkan fungsi unsur  intrinsik. Fokus penelitian ini adalah(1)mendeskripsikan fungsi alur dalam pengembangan tema, (2) fungsi watak dalam pengembangan alur, (3) fungsi latar dalam penggambaran perwatakan tokoh, dan (4) fungsi narator dan tokoh dalam penggambaran perwatakan tokoh.

Penelitian ini merupakan kajian teks atau dokumen yang merupakan salah satu jenis penelitian kualitatif.Sumber data penelitian ini berupa teks narasi karya siswa kelas XI SMK Negeri 3 Malang. Data penelitian berupa kutipan-kutipan dalam teks narasi siswa kelas XI SMK Negeri 3   Malang yang menunjukkan adanya fungsi unsur intrinsik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi (1) tahap identifikasi, (2) kodifikasi, (3)deskripsi, dan (4) penyimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan teknik kecermatan pengamatan peneliti dan diskusi dengan pakar atau pembimbing.

Hasil penelitian ini berupa deskripsi fungsi unsur intrinsik dalam teks narasi karya siswa kelas XI SMK Negeri 3 Malang. Fungsi unsur intrinsik tersebut meliputi (1) fungsi alur dalam pengembangan tema, (2) fungsi watak dalam pengembangan alur, (3) fungsi latar dalam penggambaran perwatakan tokoh, dan (4) fungsi narator dan tokoh dalam penggambaran perwatakan tokoh. Fungsi alur dalam pengembangan tema terbagi dari fungsi penyampai dan pemertahan tema. Fungsi watak dalam pengembangan alur terbagi menjadi fungsi yang mengisi tahap alur dan menggerakkan alur hingga selesai. Fungsi watak yang menggerakkan alur cerita menampakkan adanya alur yang berkenaan dengan watak. Alur tersebut meliputi (1) alur kedewasaan, (2) alur perbaikan, dan (3) alur pengujian. Fungsi latar dalam penggambaran watak tokoh terdiri dari fungsi penggambaran  (1) perilaku, (2) persepsi, dan (3) gaya hidup tokoh dalam menanggapi latar yang digambarkan siswa. Fungsi narator dan tokoh dalam penggambaran watak tokoh tampak pada ungkapannya yang meliputi (1) narasi, (2) dialog, (3) monolog, dan (4) solilokui. Perwatakan tokoh digambarkan dengan bervariasi, digambarkan dari (1) apa yang dikatakan penutur, (2) jati diri penutur, (3) lokasi percakapan, (4) jati diri tokoh yang dituju, (5) kualitas mental tokoh ketika berbincang, (6) nada suara, (7) penekanan, (8) dan kosa kata pilihan untuk tokoh.

Saran penelitian ditujukan bagi guru, siswa, dan peneliti selanjutnya. Guru disarankan agar menggunakan metode atau media pembelajaran yang lebih variatif agar siswa tertarik dan tertantang untuk membuat tulisan lebih baik. Selain itu tidak menjelaskan unsur intrinsik dengan terpisah agar siswa bisa mengerti bahwa masing-masing unsur intrinsik itu memiliki fungsi yang berhubungan dengan unsur lainnya sehingga pola pengembangan teks narasi mereka lebih kreatif dan menarik dalam mengungkapkan sesuatu. Siswa disarankan agar memanfaatkan fungsi-fungsi unsur intrinsik dalam teks narasi agar tulisan yang dihasilkan tidak hanya memberitahukan sesuatu pada pembaca, tapi membuat pembaca juga melibatkan proses berpikir sehingga karya yang diciptakanakan lama melekat di hati pembaca. Bagi Peneliti selanjutnya disarankan agar melakukan penelitian yang relevan untuk memperkaya temuan fungsi unsur intrinsik dalam teks narasi.