SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pertanyaan dalam Interaksi Kelas BIPA Program Critical Language Scholarship Indonesia Tahun 2013

Mega Dwi Cahyaningsih

Abstrak


ABSTRAK

 

Cahyaningsih, Mega Dwi. 2014. Pertanyaan dalam Interaksi Kelas BIPA  Program Critical Language Scholarship Indonesia Tahun 2013. Skripsi. Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Widodo H.S, M.Pd., (II) Dra. Hj. Ida Lestari, M.Si.

 

Kata Kunci: pertanyaan, interaksi kelas, BIPA, CLS, 2013

 

Pertanyaan sebagai salah satu bagian dari interaksi kelas BIPA memiliki peran sentral dalam menentukan keberhasilan pembelajaran. Penggunaannya baik secara verbal maupun nonverbal di dalam kelas, harus dapat dipahami secara tepat. Artinya, pertanyaan dalam interaksi tersebut tidak dapat hanya dipahami dari aspek lingual saja tetapi juga memperhatikan aspek pragmatik berdasarkan konteks yang mengikat pertanyaan, yang memungkinkan melahirkan aktivitas non linguistik. Hal ini perlu diperhatikan mengingat penggunaan pertanyaan dalam pembelajaran BIPA memiliki keunikan tersendiri yang dipengaruhi oleh aspek sosial budaya.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan bentuk, fungsi, dan strategi penyampaian pertanyaan di dalam kelas BIPA tingkat novice untuk memberikan informasi yang representatif tentang pembelajaan BIPA. Data dalam penelitian ini adalah tuturan pengajar dan mahasiswa kelas novice program CLS (Critical Language Scholarship) Indonesia tahun 2013 di Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kajian lapangan dengan pendekatan kualitatif yang menggunakan ancangan analisis wacana pragmatik, yaitu dalam analisis data  penelitian, peneliti mendasarkan pada konteks atau faktor penentu dalam interaksi, yaitu peserta tutur, tujuan, dan situasi yang melingkupinya

Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah pertanyaan yang digunakan dalam kelas BIPA tingkat novice program CLS Indonesia 2013 adalah  pertanyaan tertutup (Yes-No Question) dengan penanda intonasi naik di akhir tuturan, partikel apa, dan partikel ya. Bentuk pertanyaan terbuka (WH Question) yang ditandai oleh penggunaan kata tanya. Penggunaan kedua bentuk pertanyaan tersebut disertai dengan tindak nonverbal berupa mimik dan gestur, repetisi kata kunci, penggunaan bahasa Inggris, simplifikasi bahasa, dan modifikasi tuturan. Fungsi pertanyaan yang digunakan adalah fungsi menyapa, meminta penjelasan, meminta konfirmasi, memancing, menguji/mengecek pemahaman, dan memerintah. Strategi penyampaian pertanyaan yang digunakan adalah strategi langsung dan tidak langsung.