SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Jrengik, Sampang Madura

Budi Cahyono

Abstrak


ABSTRAK

 

Cahyono, Budi. 2013. Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Jrengik, Sampang Madura Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing Dr. Roekhan, M.Pd.

 

Kata kunci: kemampuan menulis, menulis teks berita.

 

Kemampuan menulis seorang siswa sangatlah tergantung pada apa yang pernah disimak, dibicarakan, dan dibaca oleh siswa tersebut. Selain itu kemampuan menulis perlu proses dalam pemerolehannya. Sebagai salah satu dari empat keterampilan berbahasa, menulis perlu dikuasai oleh siswa sebagai alat untuk menyampaikan gagasan dan komunikasi. Salah satu contoh adalah menulis berita. Menulis berita tidak hanya menuangkan ide dari dalam kepala seperti halnya menulis cerita pendek. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan menulis teks berita subaspek (a) kemampuan menulis judul (headline) berita, (b) kemampuan menulis teras (lead) berita, (c) kemampuan menulis tubuh/pelengkap (body) berita, dan (d) kemampuan menulis teks berita dilihat dari kebahasaan berita yang meliputi ejaan, tanda baca, diksi, dan keefektifan kalimat siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jrengik Sampang Tahun Pelajaran 2012/2013.

Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jrengik Sampang tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 133 siswa. Jumlah tersebut berdekatan dengan jumlah penelitian populasi yakni 100 populasi, sedangkan jumlah siswa kelas VIII SMP 1 Jrengik Sampang  adalah 133. Jumlah tersebut  tidak memungkinkan untuk diteliti semua, karena adanya keterbatasan penelitian. Oleh karena itu diambil sampel penelitian yang berjumlah 61 siswa. Data dalam penelitian ini adalah hasil kerja siswa dalam menulis teks berita. Pengambilan data dilakukan dengan cara melakukan tes kemampuan menulis teks berita. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar perintah untuk pengerjaan dan lembar kerja siswa yang digunakan siswa untuk menuliskan berita. Analisis data dilakukan dalam tiga tahap yakni tahap persiapan, tabulasi data, dan penilaian.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jrengik Sampang masih kurang. Hal ini dapat dilihat dari nilai akhir yang diperoleh siswa yang merupakan pengolahan jumlah skor yang diperoleh siswa dalam tiap aspek dan subaspek. Melalui nilai akhir tersebut juga dapat dilihat kategori ketuntasan belajar yang dicapai oleh siswa dalam pembelajaran menulis teks berita. Penelitian menunnjukan sebanyak 59 siswa atau 96,72% siswa tidak mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Mnimal) mata pelajaran Bahasa Indonesia SMP Negeri 1 Jrengik dengan besaran > 75. Hal tersebut dikarenakan skor yang diperoleh siswa dalam tiap aspek menulis berita sangatlah rendah. Selain itu sebanyak dua siswa atau  3,28%  mencapai KKM SMP Negeri 1 Jrengik. Faktor yang mempengaruhi rendahnya pencapaian siswa tersebut dapat sangat beragam baik dari lingkungan, faktor guru ataupun siswa sendiri.

Mengingat pentingnya pembelajaran menulis, diharapkan hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi pembelajaran menulis teks berita bagi guru Bahasa Indonesia. Namun, sebagai penelitian deskriptif kuantitatif penelitian ini hanya berlaku pada sasaran teliti dan waktu yang ada ketika penelitian berlagsung. Hal ini menyebabkan penelitian ini juga belum dapat digeneralisasikan pada sasaran teliti dan waktu yang lain pula. Untuk itu pada penelitian berikutnya masih diperlukan adanya kajian lanjutan tentang penelitian yang serupa.