SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penggunaan Metode Pemetaan Pikiran terhadap Kemampuan Menemukan Struktur Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA.

Sahrul Romadhon

Abstrak


ABSTRAK

 

Romadhon, Sahrul. 2014. Pengaruh Penggunaan Metode Pemetaan Pikiran terhadap Kemampuan Menemukan Struktur Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Dawud, M.Pd, (II) Dr. Mudjianto, M.Pd

 

Kata Kunci: metode pemetaan pikiran, kemampuan menemukan struktur teks eksposisi

 

Membaca merupakan satu di antara empat keterampilan berbahasa yakni mendengarkan, berbicara, dan menulis. Penelitian ini difokuskan pada kemampuan menemukan struktur teks eksposisi sesuai dengan Kurikulum 2013. Kemampuan menemukan struktur teks eksposisi merupakan kemampuan yang harus dimiliki siswa untuk memahami isi dari teks eksposisi. Permasalahan muncul ketika siswa tidak mampu mengategorikan struktur teks eksposisi dengan tepat dan kesulitan menggunakan metode konvensional.

Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui pengaruh penggunaan metode pemetaan pikiran terhadap kemampuan menemukan tesis teks eksposisi, (2) mengetahui pengaruh penggunaan metode pemetaan pikiran terhadap kemampuan menemukan argumentasi teks eksposisi, dan (3) mengetahui pengaruh penggunaan metode pemetaan pikiran terhadap kemampuan menemukan kesimpulan teks eksposisi.

Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan metode kuantitatif melalui uji beda. Metode kuantitatif digunakan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pemetaan pikiran terhadap kemampuan menemukan tesis, argumentasi, dan kesimpulan teks eksposisi.  Sumber data yang digunakan adalah skor hasil tes uraian siswa kelas X MIA SMAN 7 Malang. Pengambilan data dilakukan pada bulan Maret—April 2014. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data adalah RPP, perintah dan petunjuk tes membaca, serta rubrik penilaian. Instrumen tersebut digunakan untuk mendapatkan data kemampuan menemukan struktur teks eksposisi kelompok kontrol dan kelompok eksperimen.

Hasil analisis statistik uji beda tes akhir kemampuan menemukan tesis teks eksposisi diketahui t hitung adalah 2.087, p = 0,042 (p