SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kemampuan Menulis Cerkak Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Malang Tahun Pelajaran 2013/2014

Muhammad Irfan faisal

Abstrak


Menulis cerkak merupakan salah satu kompetensi dasar yang seharusnya dikuasai oleh siswa dalam mata pelajaran muatan lokal bahasa Jawa.Pembelajaran menulis cerkak dapat disajikan dalam bentuk yang lebih mudah dan menarik dengan menuangkan ide berupa pengalaman pribadi siswa dapat dijadikan sebagai sumber inspirasi dalam menulis cerkak agar siswa mudah mengembangkan ide menarik dan kreatif untuk dijadikan sumber dalam membuat  karya fiksi berupa cerkak.

Penelitian ini bertujuan medeskripsikan kemampuan menulis cerkak siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Malang. Secara khusus tujuan penelitian ini adalah(1) mendeskripsikan kemampuan siswa  kelas VIII SMP Negeri 1 Malang dalam mengembangkan isi cerkak,(2) mendeskripsikan kemampuan siswa  kelas VIII SMP Negeri 1 Malang dalam menentukan organisasi dan penyajian unsurcerkak, serta(3) mendeskripsikan  kemampuan siswa  kelas VIII SMP Negeri 1 Malang dalam menentukan ejaan.

Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif.Sumber data dari penelitian ini adalahcerkaksiswa kelas VIII SMP Negeri 1 Malang. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah data skor hasil menulis cerkak  siswa. Instrumen yang digunakan dalam proses penelitian ini adalah perintah kerja menuliscerkakdan rubrik penilaian untuk mengukur kemampuan menulis cerkak siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Malang. Metode pemberian skor didasarkan atas hasil menganalisis cerita siswa berdasarkan aspek-aspek yang ada.Dengan demikian skor akhir kemampuan menulis cerkaksiswa dijadikan nilai. Skor tersebut diolah menggunakan aplikasimicrosoft excel 2010.

Berdasarkan hasil analisis, kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Malang kurang mampu menulis cerkak. Hal ini dapat dibuktikan dalam penelitian yang menggambarkan 38,45% atau 10 siswa yang mencapai standar kemampuan minimal (SKM)nilai ≥80.

Pertama, hasil analisis deskriptif statistik menunjukan bahwa kemampuan siswa dalam aspek mengembangkan isi cerkak dengan kriteria kesesuaian cerita dengan tema yang termasuk dalam  kualifikasi mampu yakni pada kategori sangat baik sebesar 12 siswa atau 46,15%  dan  kategori baik 10 siswa atau 38,46%. Jadi, dari hasil data tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Malang telah mampu mengembangkan isi cerkak dengan kriteria kesesuaian cerita dengan tema.

Kedua, pada aspek mengembangkan isi cerkak dengan kreativitas dalam mengembangkan cerita yang termasuk dalam  kualifikasi mampu yakni pada kategori sangat baik sebesar 8 siswa atau 30,77%  dan  kategori baik 8 siswa atau 30,77%. Jadi, dari hasil data tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Malang telah mampu mengembangkan isi cerkak dengan kreativitas dalam mengembangkan cerita.Dari hasil data di atas, dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Malang telah mampu menulis cerkak pada aspek isi cerkak.

Ketiga, hasil analisis deskriptif statistik menunjukan bahwa kemampuan siswa dalam aspek organisasi dan penyajian cerkak dengan kriteria penyajian unsur-unsur fakta (karakter, alur, dan latar) cerita yang termasuk dalam  kualifikasi mampu yakni pada kategori sangat baik sebesar9 siswa atau 34,62%  dan  kategori baik 13 siswa atau 50,00%. Jadi, dari hasil data tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Malang telah mampu menentukan organisasi dan penyajian cerkak dengan kriteria penyajian unsur-unsur fakta (karakter, alur, dan latar) cerita.

Keempat, pada aspek organisasi dan penyajian cerkak dengan kriteria kepaduan unsur-unsur ceritayang termasuk dalam  kualifikasi mampu yakni pada kategori sangat baik sebesar 8 siswa atau 30,77%  dan  kategori baik 3 siswa atau 11,54%. Jadi, dari hasil data tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Malang belum mampu menentukan organisasi dan penyajian cerkak dengan kriteria kepaduan unsur-unsur cerita.

Kelima, pada aspek organisasi dan penyajian cerkak dengan kriteria kelogisan ceritayang termasuk dalam  kualifikasi mampu yakni pada kategori sangat baik sebesar 8 siswa atau 30,77%  dan  kategori baik 6 siswa atau 23,08%. Jadi, dari hasil data tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Malang telah mampu menentukan organisasi dan penyajian cerkak dengan kriteria kelogisan cerita.Dari hasil data di atas, dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Malang telah mampu menulis cerkak pada aspek organisasi dan penyajian cerkak.

Keenam, hasil analisis deskriptif statistik menunjukan bahwa kemampuan siswa dalam aspek menulis ejaan dengan menggunakan kriteria ejaan dan tanda baca yang termasuk dalam  kualifikasi mampu yakni pada kategori baik 3 siswa atau 11,54%. Jadi, dari hasil data tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Malang belum mampu menentukan ejaan dan tanda baca.Dari hasil data tersebut, dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Malang belum mampu menulis cerkak pada aspek ejaan.

Berdasarkan simpulan di atas, disarankan kepada guru mata pelajaran bahasa Jawa untuk merencanakan dan merancang materi pembelajaran dengan cara yang menarik dan menciptakan suasana belajar efektif  yang melatih kemampuan berimajinasi, berkreasi, meningkatkan kreativitas, dan melatih serta memperbanyak kosakata bahasa Jawa yang baku dan benar. Agar siswa dapat meningkatkan kreativitas menulis, memperbanyak kosakata bahasa Jawa yang baku, memperhatikan aspek ejaan bahasa Jawa, dan tanda baca yang benar. Kepada peneliti lanjutan yang hendak melakukan penelitian sejenis, disarankan untuk melakukan penelitian peningkatan hasil pembelajaran dan pengembangan media atau strategi pembelajaran.