SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penggunaan Metode PBL (Problem Based Learning) Terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Argumentasi Siswa Kelas X SMAN 1 Tumpang

Mohammad Hudha Nursyairofi

Abstrak


ABSTRAK

 

Nursyairofi, Mohammad Hudha. 2013. Pengaruh Penggunaan Metode PBL (Problem Based Learning) terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Argumentasi Siswa Kelas X SMAN 1 Tumpang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Titik Harsiati, M.Pd., (II) Dr. Roekhan, M.Pd.

 

Kata Kunci:  kemampuan menulis paragraf   argumentasi, problem based learning

 

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh penggunaan metode PBL (problem based learning) terhadap kemampuan menulis paragraf argumentasi pada aspek kualitas isi, (2) mengetahui pengaruh penggunaan metode PBL terhadap kemampuan menulis paragraf argumentasi pada aspek kelengkapan isi, (3) mengetahui pengaruh penggunaan metode PBL terhadap kemampuan menulis paragraf argumentasi pada aspek kepaduan, dan (4) mengetahui pengaruh penggunaan metode PBL terhadap kemampuan menulis paragraf argumentasi pada aspek kebahasaan.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif karena data yang akan diperoleh berupa angka yang akan dianalisis dan ditafsirkan melalui rumus statistik. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi experimental) dengan pengadaan kelas kontrol sebagai pembanding dan pengambilan data dilakukan sebanyak dua kali yaitu pretest dan postest. Berdasarkan metode tersebut, yang dipilih sebagai populasi adalah siswa kelas X SMAN 1 Tumpang dan yang dipilih sebagai sampel adalah kelas X-9 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-7 sebagai kelas kontrol. Pengambilan kedua kelas tersebut sebagai sampel menggunakan teknik random sampling. Kedua sampel akan diberi pretest untuk mengetahui kemampuan awal menulis paragraf argumentasi dan postest untuk mengetahui pengaruh penerapan metode PBL pada kelas eksperimen. Data hasil pretest dan postest kemudian diolah menggunakan analisis statistik uji-t dengan program SPSS (Statistical Package for the Scientist) 16.0 for Windows dengan taraf signifikansi 0,05. Uji-t dilakukan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan menulis paragraf argumentasi pada kelas eksperimen yang diberi penerapan metode PBL dengan kelas kontrol yang diberi metode penugasan.

Hasil dari penelitian ini sebagai berikut. Pertama, terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan metode PBL dalam pembelajaran menulis paragraf argumentasi pada aspek kualitas isi. Hal ini berdasar pada perolehan mean kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 12,40 dan 6,40 dengan rentangan skor 0-15 dan hasil uji-t yang menunjukkan thitung >  ttabel (15,026 > 2,048). Kedua, terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan metode PBL dalam pembelajaran menulis paragraf argumentasi pada aspek kelengkapan isi. Hal ini berdasar pada perolehan mean kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 8,50 dan 5,60 dengan rentangan skor 0-10 dan hasil uji-t yang menunjukkan thitung >  ttabel (9,922 > 2,048). Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan metode PBL dalam pembelajaran menulis paragraf argumentasi pada aspek kepaduan. Hal ini berdasar pada perolehan mean kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 2,21 dan 1,54 dengan rentangan skor 0-3 dan hasil uji-t yang menunjukkan thitung >  ttabel (5,460 > 2,048). Keempat, terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan metode PBL dalam pembelajaran menulis paragraf argumentasi pada aspek kebahasaan. Hal ini berdasar pada perolehan mean skor kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 2,07 dan 1,29 dengan rentangan skor 0-3 dan hasil uji-t yang menunjukkan thitung >  ttabel (7,851 > 2,048).

Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan metode PBL terhadap kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa kelas X SMAN 1 Tumpang pada aspek kualitas isi, kelengkapan isi, kepaduan, dan kebahasaan. Atas dasar itu, dari hasil penelitian ini dapat disarankan kepada guru untuk menggunakan metode PBL sebagai metode dalam pembelajaran menulis paragraf argumentasi, kepada siswa disarankan untuk lebih peka terhadap informasi dan masalah umum disekitasnya sehingga paragraf argumentasi yang ditulis lebih berkualitas dan dapat mempengaruhi serta menarik minat pembaca terhadap masalah yang diangkat oleh siswa, dan disarankan bagi peneliti lanjutan untuk melakukan penelitian dengan aspek lain yang belum tercantum dalam penelitian ini.