SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kesesuaian Buku Teks Bahasaku, Bahasa Indonesia 1 untuk SMP/MTs Kelas VII Tahun 2009 dengan Standar Isi Bahasa Indonesia SMP/MTs 2006

Ahmad Agung Firmansyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Firmansyah, Ahmad Agung. 2013. Kesesuaian  Buku Teks Bahasaku, Bahasa Indonesia 1 untuk SMP/MTs Kelas VII Tahun 2009 dengan Standar Isi Bahasa Indonesia SMP/MTs 2006. Skripsi, Sastra Indonesia, Sastra,Universitas Negeri Malang. Dr. Kusubakti Andajani S.Pd, M.Pd.

 

Kata Kunci: Isi Buku Teks, Penyajian Pembelajaran, Standar isi

 

Buku teks merupakan salah satu jenis media pembelajaran yang penting dalam proses belajar mengajar, karena standar isi bahasa Indonesia SMP/MTs 2006 menitiktekankan pada peran aktif peserta didik dalam mengonstruk pemahamannya. Oleh sebab itu, perkembangan buku teks perlu diperhatikan.

Berdasarkan pengamatan penulis dari beberapa penelitian buku teks Bahasa Indonesia, diketahui bahwa penelitian buku teks Bahasa Indonesia terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri belum pernah dilakukan, padahal penerbitan tersebut termasuk salah satu penerbitan tua di Indonesia yang banyak menyuplai buku teks Bahasa Indonesia. Oleh sebab itu, diperlukan pembahasan buku teks Bahasa Indonesia terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mendiskripsikan beberapa komponen buku teks yang mencakup kesesuaian isi buku teks dengan SK dan KD, dan pola penyajian pembelajaran buku teks. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kajian teks deskriptif. Data yang dikumpulkan berasal dari buku teks Bahasa Indonesia terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, tahun 2009 yang berjudul Buku Teks Bahasaku, Bahasa Indonesia 1 untuk SMP/MTs Kelas VII. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara analisis teks yang meliputi; analisis sumber data, identifikasi data temuan, dan pengkodean. Dalam pengumpulan data digunakan pedoman analisis sebagai instrumen dibantu dengan 2 tabel pengumpul data.

Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh 3 kesimpulan sebagai berikut. Pertama, Isi buku teks Bahasaku, Bahasa Indonesia 1untuk SMP dan MTs Kelas VII sesuai dengan standar isi Bahasa Indonesia SMP/MTs 2006. Kesesuaian tersebut diketahui dari;  (1) kesamaan redaksi semua SK dan KD materi bahasa dan sastra buku teks Bahasaku, Bahasa Indonesia 1untuk SMP dan MTs Kelas VII  dengan standar isi Bahasa Indonesia SMP/MTs 2006, (2)  tiga puluh enam tujuan pembelajaran buku teks Bahasaku, Bahasa Indonesia 1untuk SMP dan MTs Kelas VII sesuai dengan standar isi Bahasa Indonesia SMP/MTs 2006, dan tiga belas tujuan pembelajaran buku teks Bahasaku, Bahasa Indonesia 1untuk SMP dan MTs Kelas VII  kurang sesuai dengan standar isi, dan (3) semua materi ajar buku teks Bahasaku, Bahasa Indonesia 1untuk SMP dan MTs Kelas VII  sesuai dengan SK dan KD.

Kedua, terdapat lima model penyampaian pembelajaran dalam buku teks Bahasaku, Bahasa Indonesia 1untuk SMP dan MTs Kelas VII . Kelima model penyampaian pembelajaran tersebut, disampaikan sebagai berikut; (1) constructivism, (2) inquiry (menemukan), (3) learning community, (4) pemodelan, dan (5) questioning. Kelima model tersebut termasuk dalam pembelajaran kontekstual. Oleh karena itu, penyampaian pembelajaran dalam buku teks Bahasaku, Bahasa Indonesia 1 untuk SMP dan MTs Kelas VII sesuai dengan Standar Isi 2006, sebab terdapat kesamaan dengan pola pembelajaran yang diinginkan oleh Standar Isi 2006.