SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Instrumen Asesmen Menulis Teks Eksposisi dan Eksplanasi SMP Kurikulum 2013

Binti Mariatul Kiptiyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Kiptiyah, Binti Mariatul. 2014. Pengembangan Instrumen Asesmen Menulis Teks Eksposisi dan Eksplanasi SMP Kurikulum 2013. Skripsi. Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Titik Harsiati, M. Pd., (II) Karkono, S.S., MA.

 

Kata Kunci: asesmen, eksposisi, eksplanasi

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh asesmen menulis teks eksposisi dan eksplanasi di SMP berbasis kurikulum 2013. Kekurangan tersebut yakni (1) instrumen asesmen kurang memiliki validitas yang baik, (2) istrumen asesmen kurang reliabel sehingga subjektivitas guru tinggi, (3) tugas kurang praktis, dan (4) kriteria penilaian proses kurang jelas. Kekurangan yang ada di lapangan tersebut perlu segera ditanggulangi. Membiarkan keadaan ini akan menghambat kegiatan evaluasi yang valid.

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan seperangkat instrumen asesmen menulis teks eksposisi dan eksplanasi SMP. Instrumen asesmen terdiri dari 2 produk yaitu, istrumen asesmen menulis teks eksposisi dan instrumen asesmen menulis teks eksplanasi. Masing-masing produk terdiri atas 2 buku yakni buku instrumen dan buku pedoman instrumen. Buku instrumen terdiri atas (1) tes tulis, (2) tes Praktek, (3) rubrik pedoman observasi, (4) rubrik pedoman penskoran tes tulis, dan (5) rubrik pedoman penskoran tes Praktek. Buku pedoman instrumen terdiri atas karakteristik, kisi-kisi, dan petunjuk penggunaan.

Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini dilakukan dengan jenis penelitian pengembangan. Model pengembangan yang dipakai adalah model Borg dan Gall. Terdapat empat tahapan dalam model pengembangan ini, yaitu tahap prapengembangan, tahap pengembangan, tahap uji coba, dan tahap revisi. Tahap prapengembangan menghasilkan spesifikasi produk yang sangat penting untuk dasar pengembangan model. Tahap pengembangan dilakukan sesuai spesifikasi produk yang sudah dirumuskan serta melewati validasi ahli. Tahap uji coba dilakukan untuk menjawab tujuan penelitian. Tahap revisi dilakukan sampai instrumen asesmen menulis teks kesposisi dan eksplanasi mencapai tahap final.

Hasil uji coba instrumen asesmen menulis teks eksposisi dan eksplanasi bagian tes tulis sebesar 84,7% dan 85%. Bagian tes Praktek sebesar 86,3% dan 86,6%. Bagian rubrik pedoman observasi sebesar 88% dan 88%. Bagian rubrik pedoman penskoran tes tulis sebesar 80% dan 79%. Bagian rubrik pedoman penskoran tes Praktek sebesar 85% dan 85%. Bagian buku pedoman instrumen sebesar 86% dan 86%. Berdasarkan hasil uji coba keenam aspek tersebut dapat diketahui bahwa instrumen layak untuk diimplementasikan.

Beberapa saran untuk dasar revisi, yaitu (1) perbaikan kata-kata dalam petunjuk pengerjaan soal tugas menulis, (2) secara keseluruhan perbaiki ejaan dalam teks yang disediakan dalam soal tes tulis, (3) tidak perlu ada kalimat pengantar dalam kotak isian jawaban, (4) perbaikan soal dalam tugas mendata topik tes Praktek, (5) perbaikan format pengerjaan untuk menulis tesis tes Praktek, dan (7) perbaikan kata-kata dalam indikator.

Saran yang terkait untuk penelitian ini, yaitu (1) guru disarankan menggunakan instrumen untuk menilai keterampilan menulis teks eksposisi dan eksplanasi dengan mengintregasikan karakter, (2) diseminasi produk ini disarankan melalui internet, dan (3) hasil pengembangan dapat dipelajari dan diterapkan oleh guru sehingga akan diperoleh tanggapan yang dapat menjadi pertimbangan untuk penelitian selanjutnya.