SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Menulis Kreatif Puisi dengan Media Video Ilmu Pengetahuan untuk Siswa SMA Kelas X

Zakiah Alif Syakura

Abstrak


ABSTRAK

 

Penelitian  ini  dilatarbelakangi  oleh  hasil  studi  pendahuluan  bahwapembelajaran menulis puisi mengalami beberapa kendala baik dari siswa maupundari guru. Kendala tersebut adalah kesulitan siswa menemukan ide serta tema dankesulitan merangkai  kata  dan  ketidaksesuaian  pelaksanaan  pembelajaran  denganperencanaan  yang  telah  dibuat. Untuk mengatasi  tersebut  diperlukan  bahan  ajaryang memberikan  kesempatan  siswa menghadirkan  dunia  nyata  (yang  berkaitandengan  ilmu  pengetahuan)  ke  dalam  kelas  untuk  memberikan  rangsangansehingga siswa dapat menemukan ide, menentukan  tema, hingga merangkai kata.Tujuan  umum  penelitian  ini  adalah  menghasilkan  produk  berupa  bahan  ajarmenulis kreatif puisi dengan media video ilmu pengetahuan untuk siswa kelas X.

Tujuan  khusus  penelitian  yang  pertama  adalah  (a) menghasilkan  produk  bahanajar  yang  dikembangkan  dengan  empat  kriteria,  yaitu  (1)  sistematika  penyajianbahan ajar menulis kreatif puisi dengan media video untuk  siswa SMA kelas X,(2) deskripsi isi bahan ajar menulis kreatif puisi dengan media video untuk siswaSMA  kelas X,  (3)  penggunakan  bahasa  yang  efektif  dalam  bahan  ajar menuliskreatif  puisi  dengan media  video  untuk  siswa  SMA  kelas X,  dan  (4)  tampilanyang menarik dalam bahan ajar menulis kreatif puisi dengan media video untuksiswa  SMA  kelas  X.  Tujuan  khusus  yang  kedua  adalah  menghasilkan  produkmedia video ilmu pengetahuan berbentuk audio-visual untuk siswa SMA kelas X.

Metode  penelitian  ini  mengadaptasi  prosedur  penelitian  Borg  dan  Gall,yakni (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan, (3) pengembangan draf produk, (4)uji ahli dan uji praktisi,  (5)  revisi hasil uji ahli dan uji praktisi,  (6) uji  lapangan,(7)  penyempurnaan  produk  akhir. Uji  produk  dilakukan  dengan melibatkan  (1)ahli penulisan kreatif puisi (2) ahli pembelajaran menulis puisi, (3) praktisi (guruBahasa dan Sastra  Indonesia), dan (4)  lapangan  (siswa kelas X MAN  I Malang).Jenis data penelitian ini adalah data numerik dan data verbal.

Pada penelitian  ini, peneliti bertindak  sebagai  human  instrument. Angketpenilaian  dan  pedoman  wawancara  bebas  digunakan  sebagai  instrumenpengumpulan data. Analisis data dilakukan dengan cara  (1) mengumpulkan dataverbal tertulis yang diperoleh dari angket penilaian, (2) menghimpun, menyeleksi,dan  mengklasifikasikan  data  verbal  lisan  berdasarkan  kelompok  uji,  dan  (4)menganalisis  data  dan  merumuskan  simpulan  analisis  sebagai  dasar  untukmelakukan tindak lanjut terhadap produk yang dikembangkan.

Uji  produk  berkaitan  dengan  aspek  sistematika  penyajian  bahan  ajarmemperoleh  rata-rata  kelayakan  produk  sebesar  89.76%  dari  ahli  pembelajaranmenulis  puisi  dan  97.06%  dari  praktisi,  sehingga  total  keseluruhan  rata-ratakelayakan produk pada aspek sistematika penyajian memperoleh 93.38%. Denganpresentase  yang  diperoleh  tersebut,  sistematika  penyajian  bahan  ajar  tergolongsangat layak dan siap diimplementasikan.  ii

Uji  produk  berkaitan  dengan  aspek  deskripsi  isi  bahan  ajar memperolehrata-rata kelayakan produk  sebesar  83.33% dari  ahli pembelajaran menulis puisidan  100%  dari  praktisi,  sehingga  total  keseluruhan  rata-rata  kelayakan  produkpada  aspek  deskripsi  isi  memperoleh  91.67%.  Uji  produk  pada  aspek  ini  jugamemperoleh rata-rata kelayakan produk sebesar 79.17% dari ahli penulisan kreatifpuisi. Berdasarkan  presentase  dari  ahli  pembelajaran menulis  puisi  dan  praktisi,deskripsi  isi  bahan  ajar  tergolong  sangat  layak  dan  siap  diimplementasikan.Berdasarkan  presentase  dari  ahli  penulisan  kreatif  puisi,  deskripsi  isi  tergolonglayak dan siap diimplementasi.

Uji  produk  berkaitan  dengan  aspek  penggunaaan  bahasa  bahan  ajarmemperoleh  rata-rata  kelayakan  produk  sebesar  75%  dari  ahli  pembelajaranmenulis  puisi  dan  93.75%  dari  praktisi,  sehingga  total  keseluruhan  rata-ratakelayakan  produk  pada  aspek  penggunaan  bahasa memperoleh  84.37%. Denganpresentase yang diperoleh tersebut, penggunaan bahasa bahan ajar tergolong layakdan siap diimplementasikan.

Uji produk berkaitan dengan aspek  tampilan bahan ajar memperoleh rata-rata kelayakan produk  sebesar  86.11% dari  ahli pembelajaran menulis puisi dan97.22% dari praktisi, sehingga  total keseluruhan rata-rata kelayakan produk padaaspek tampilan memperoleh 91.67%. Dengan presentase yang diperoleh  tersebut,tampilan  dan  tata  letak  bahan  ajar  tergolong  sangat  layak  dan  siapdiimplementasikan.

Uji  produk  dari  hasil  uji  lapangan  memperoleh  presentase  kelayakan89.05%.  Berdasarkan  presentase  tersebut  keempat  aspek  dalam  produk  dapatdikategorikan  sangat  layak  dan  siap  diimplementasikan. Selain  itu, media  videoilmu  pengetahuan  juga  dapat  dikatakan  layak  karena  proses  pembelajaran  danpemakaian bahan ajar dapat berjalan dengan lancar.

Simpulan  penelitian  ini  adalah  bahan  ajar menulis  kreatif  puisi,  BelajarMenulis  Puisi,  Sifat-sifat  Alam  sebagai  Inspirasi,  tergolong  layak  dan  siapdiimplementasikan  dalam  pembelajaran  bermain  drama.  Sebagai  pemanfaatanproduk  hasil  pengembangan,    guru  disarankan  untuk  menerapkan  bahan  ajardalam pembelajaran menulis puisi, sehingga kendala-kendala dalam pembelajaranmenulis  puisi  dapat  teratasi.  Siswa  disarankan  untuk  terlibat  secara  aktif  dalampembelajaran  menulis  puisi  dengan  penggunaan  bahan  ajar,  karena  bahan  ajardapat  membantu  siswa  belajar  menulis  puisi  secara  mandiri,  memotivasi,  danmemudahkan  siswa  belajar  secara  aktif.  Pengembang  lain  disarankan  untukmempertimbangkan  bahan  ajar  untuk  menjadi  sumber  inspirasi  dalammengembangkan bahan ajar yang lebih baik. Selanjutnya, penyebarluasan produkharus  mempertimbangkan  efektivitas  dan  efisiensi.  Oleh  karena  itu,  agarpenyebarluasan produk memenuhi kriteria efektif dan efisien, maka produk dapatdiunggah dengan memanfaatkan media internet.