SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Bahan Ajar Menulis Karya Ilmiah Berbasis Media Interaktif untuk Siswa Kelas XI SMA

Silka Yuanti Draditaswari

Abstrak


ABSTRAK

 

Draditaswari, Silka Yuanti. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Karya Ilmiah Berbasis Media Interaktif untuk Siswa Kelas XI SMA. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. Imam Suyitno, M.Pd., (II) Indra Suherjanto, S.Pd., M.Sn.

 

Kata Kunci: pengembangan bahan ajar, menulis karya ilmiah, media interaktif

Berdasarkan hasil studi pendahuluan di lapangan, ditemukan bahwa siswa siswa memiliki minat rendah terhadap pembelajaran menulis karya ilmiah. Siswa menganggap menulis karya ilmiah adalah kegiatan yang membosankan dan sulit sehingga cenderung malas untuk menulis. Selain itu, bahan ajar yang tersedia belum menunjang pembelajaran dengan baik. Bahan ajar yang tersedia adalah buku cetak yang kurang menarik dan terlalu banyak teori sehingga siswa mengalami kesulitan dan malas untuk menulis karya ilmiah. Alasan tersebut mendorong peneliti untuk melakukan pengembangan bahan ajar menulis karya ilmiah berbasis media interaktif. Tujuan umum penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar menulis karya ilmiah berbasis media interaktif untuk siswa kelas XI SMA yang mencakup tiga kriteria, yaitu (1) deskripsi isi bahan ajar yang relevan dengan kompetensi dasar menulis karya ilmiah seperti hasil pengamatan dan penelitian, (2) sistematika penyajian bahan ajar interaktif menggunakan perangkat lunak untuk siswa kelas XI SMA, dan (3) tampilan bahan ajar yang menarik untuk siswa kelas XI SMA.

Untuk mencapai tujuan penelitian, digunakan rancangan penelitian yang diadaptasi dari model desain pengembangan Borg dan Gall. Hasil adaptasi tersebut menghasilkan 8 tahap penelitian yang terdiri atas (1) penelitian dan pengumpulan data, (2) perencanaan, (3) pengembangan draf produk, (4) validasi, (5) merevisi hasil validasi, (6) uji coba lapangan, dan (7) penyempurnaan produk akhir. Subjek validasi adalah ahli materi, ahli media, dan praktisi. Subjek uji coba adalah 13 siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 4 Malang.

Ahli materi memberikan nilai kelayakan aspek materi sebesar 88%/ layak, sedangkan praktisi memberikan 77%/ layak. Pada aspek sistematika penyajian bahan ajar, ahli media memberikan nilai kelayakan sebesar 72%/ cukup layak, sedangkan praktisi memberikan 75%/ cukup layak. Pada aspek tampilan bahan ajar, ahli media memberi nilai kelayakan sebesar 64%/ cukup layak, sedangkan praktisi memberikan 72%/ cukup layak.

Berdasarkan hasil uji coba, siswa memberikan nilai kelayakan pada aspek materi sebesar 85%/ layak. Pada aspek sistematika penyajian sebesar 78%/ layak dan aspek tampilan sebesar 79%/ layak. Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui bahwa aspek materi, sistematika penyajian, dan tampilan telah memenuhi kriteria layak. Oleh karena itu, dapat disimpulkan (1) aspek materi telah sesuai dengan materi menulis karya ilmiah SMA, (2) aspek sistematika penyajian mudah digunakan oleh siswa, dan (3) tampilan bahan ajar menarik.

Hasil pengembangan produk bahan ajar menulis karya ilmiah ini dapat dibaca, dipelajari, dan dimanfaatkan oleh semua pihak yang membutuhkan. Siswa dapat memanfaatkan bahan ajar ini secara mandiri maupun dengan bimbingan guru. Guru juga diharapkan mampu menguasai teknik pembuatan media interaktif, sehingga mampu memproduksi bahan ajar yang berbasis media interaktif. Bagi sekolah, bahan ajar ini dapat dijadikan pertimbangan sebagai bahan ajar alternatif serta memfasilitasi guru untuk belajar membuat bahan ajar berbasis media interaktif. Bahan ajar ini dapat disebarluaskan melalui jurnal penelitian dan MGMP. Bagi peneliti lain disarankan untuk melakukan pengembangan bahan ajar berbasis media interaktif untuk materi lain.