SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Interaktif Pembelajaran Menulis untuk Siswa SMP Kelas IX Berbasis AutoPlay

Elok Kholidiyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Kholidiyah, Elok. Pengembangan Media Interaktif Pembelajaran Menulis untuk Siswa SMP Kelas IX Berbasis AutoPlay. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Anang Santoso, M. Pd, (II) Drs. Dwi Saksomo, M. Si.

 

Kata kunci: media interaktif, pembelajaran menulis, berbasis autoplay

Menulis merupakan suatu proses atau kegiatan yang mengungkapkan pikiran, ekspresisi diri,  perasaan, dan kehendak secara tertulis kepada orang lain dengan tujuan untuk menghasilkan pesan atau tulisan yang akan dibaca pembacanya. Untuk lebih dapat mengungkapkan pikiran dan menghasilkan pesan yang baik, dalam pembelajaran menulis bahasa Indonesia, dibutuhkan media interaktif.

Dalam penelitian ini dikembangkan media interaktif berbasis autoplay untuk pembelajaran menulis bahasa Indonesia. Autoplay merupakan salah satu program yang dijadikan alternatif dalam mengembangkan media interaktif ini karena program tersebut dapat menghasilkan CD interaktif dengan menyediakan tampilan menarik (gambar, audio, animasi, video, dan lain-lain) dan dapat digabungkan dengan program lainnya. Materi pembelajaran menulis ini difokuskan pada pembelajaran menulis resensi buku pengetahuan dan menyunting karangan pada siswa SMP kelas IX.

Pembelajaran menulis resensi buku pengetahuan dan menyunting karangan adalah salah satu kompetensi dasar yang diajarkan pada siswa kelas IX semester I sesuai dengan standar isi mata pelajaran Bahasa Indonesia. Pembelajaran menulis resensi bertujuan agar siswa mampu menerapkan prinsip menulis resensi dan bisa mengembangkan kemampuan menulis resensi buku pengetahuan dengan memperhatikan aspek isi dan penulisan melalui media interaktif ini, sedangkan pembelajaran menyunting bertujuan untuk menerapkan prinsip menyunting karangan dari aspek ejaan, tanda baca, kebulatan wacana, dan kepaduan paragraf.

Tujuan pengembangan media interaktif ini adalah menghasilkan (1) tampilan produk media interaktif pembelajaran menulis berbasis autoplay, (2) isi produk media interaktif pembelajaran menulis berbasis autoplay, dan (3) kelayakan produk media interaktif pembelajaran menulis berbasis autoplay. Produk akhir penelitian pengembangan ini berbentuk CD media interaktif dilengkapi dengan buku manual petunjuk penggunaan media.

Penelitian ini dilakukan dengan penelitian pengembangan. Rancangan penelitian ini meliputi 3 tahap yakni tahap prapengembangan, pengembangan, dan pascapengembangan. Uji produk dilakukan kepada ahli media, ahli materi, praktisi pembelajaran Bahasa Indonesia, dan siswa kelompok kecil, yaitu siswa kelas IX A SMP Negeri 2 Probolinggo berjumlah 15 siswa.

Berdasarkan hasil uji produk diperoleh hasil sebagai berikut. Hasil uji produk kelayakan aspek tampilan rata-rata diperoleh persentase 84,34%, aspek materi rata-rata diperoleh persentase 89,91%, aspek bahasa rata-rata diperoleh persentase 94,87%, aspek pilihan musik dan volume rata-rata diperoleh persentase 91,91%, aspek gambar dan animasi rata-rata diperoleh persentase 83,33%, aspek navigasi tombol rata-rata diperoleh persentase 88,63, aspek media pembelajaran (video dan lain-lain) rata-rata diperoleh persentase 88,09%, aspek kuis dan latihan rata-rata diperoleh persentase 91,35%, aspek penggunaan media rata-rata diperoleh persentase 90,38%, dan aspek motivasi dan minat rata-rata diperoleh persentase 92,91%. Berdasarkan data-data yang diperoleh dari validator setiap aspek dengan hasil  kelayakan produk secara keseluruhan, media pembelajaran ini secara umum memiliki rata-rata 89,48%. Berdasarkan kriteria produk, media interaktif pembelajaran menulis resensi dan menyunting sudah layak dari segi tampilan, isi, dan kelayakan sehingga dapat disebarluaskan.

Dari penelitian ini, disarankan media interaktif  pembelajaran menulis ini dapat dikembangkan dan didesain kembali secara online. Selain itu, dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk mengembangkan keterampilan menulis dan untuk mengembangkan media pembelajaran di kelas berbasis teknologi yang menarik dan interaktif.