SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Ekspresi Pengalaman Kejiwaan Penulis Puisi dalam Majalah Bobo

Mohammad Fikri Zulfikar

Abstrak


ABSTRAK

 

Zulfikar, Moh. Fikri. 2014. Ekspresi Pengalaman Kejiwaan Penulis Puisi dalam Majalah Bobo. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Yuni Pratiwi, M.Pd.       (II) Prof. Dr. Maryaeni, M.Pd.

 

Kata Kunci : ekspresi, pengalaman kejiwaan penulis, dan puisi

        

Puisi sebagai salah satu bentuk karya sastra dapat dipandang sebagai ekspresi dunia batin penulis. Salah satu wujud ekspresi dunia batin penulis adalah ekspresi pengalaman kejiwaan. Pengalaman kejiwaan penulis dalam puisi diekspresikan melalui kata dan kalimat dalam bait-bait puisi. Untuk mengidentifikasi ekspresi penulis dalam unsur tersebut dikaji melalui teori tingkat pengalaman kejiwaan penulis. Teori ini membahas bahwa pengalaman kejiwaan memiliki lima tingkatan, yakni tingkat anorganis (kebendaan), vegetatif (tumbuh-tumbuhan), animal (kebinatangan), human (kemanusiaan), dan filosofis atau religius (ketuhanan).

Proses pengekspresian pengalaman kejiwaan dalam puisi majalah Bobo pada umumnya penulis telah melakukan berbagai aktivitas untuk terciptanya karya sastra. Oleh karena itu, pemaknaan tehadap aktivitas diperlukan untuk menginterpretasi ekspresi pengalaman kejiwaan penulis. Aktivitas-aktivitas yang telah dilakukan penulis puisi majalah Bobo dikaji melalui teori psikologi penulis. Psikologi penulis ini erat kaitanya dengan aktivitas kejiwaan yang dialami oleh penulis.

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan ekspresi pengalaman kejiwaan penulis dalam puisi majalah Bobo. Ekspresi pengalaman kejiwaan penulis didasarkan pada temuan tingkat pengalaman anorganis, tingkat pengalaman vegetatif, tingkat pengalaman animal, tingkat pengalaman human, dan tingkat pengalaman filosofis atau religius dalam puisi majalah Bobo.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dekriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan psikologi penulis. Data penelitian ini adalah data larik-larik puisi dalam majalah Bobo. Sumber data penelitian ini adalah 45 teks puisi majalah Bobo terbitan tahun 2011—2013. Istrumen utama penelitian adalah peneliti sendiri yang dibantu dengan instrumen pendukung berupa tabel panduan pengumpulan, interpretasi data, dan temuan data. Kegiatan analisis dan interpretasi data dimulai dengan membaca cermat data-data yang sudah terkumpul, mengidentifikasi ekspresi pengalaman kejiwaan penulis dalam puisi majalah Bobo, mengidentifikasi kecenderungan ekspresi pengalaman kejiwaan penulis dalam puisi majalah Bobo, dan memberi makna pada kecenderungan ekspresi pengalaman kejiwaan penulis dalam puisi majalah Bobo. Pengecekan keabsahan pada penelitian dilakukan dengan membaca berulang-ulang temuan dan interpretasi untuk melakukan pengecekan sampai mencapai kredibilitas dan konfirmasi pembimbing untuk mendapat kritik dan masukan.

Berdasarkan hasil analisis data dan temuan penelitian disimpulkan bahwa dalam puisi majalah Bobo penelitian ini, penulis megekspresikan pengalaman kejiwaan tingkat anorganis melalui jenis benda, gerakan benda, dan sifat benda. Penulis mengekspresikan pengalaman kejiwaan tingkat vegetatif dalam puisi majalah Bobo melalui suasana menyenangkan, suasana menyedihkan, suasana keindahan, suasana menakutkan, suasana penuh harapan, dan suasana penuh semangat. Penulis mengekspresikan pengalaman kejiwaan tingkat animal dalam puisi majalah Bobo melalui hasrat jasmani, hasrat memiliki, hasrat merusak, dan hasrat membunuh. Penulis mengekspresikan pengalaman kejiwaan tingkat human dalam puisi majalah Bobo melalui sifat batin manusia, sifat membedakan, sifat saling membantu, sifat simpati, dan aktivitas manusia. Penulis mengekspresikan pengalaman kejiwaan tingkat filosofis atau religius dalam puisi majalah Bobo melalui tempat ibadah dan aktivitas keagamaan.

Berdasarkan simpulan hasil penelitian, dikemukakan dua saran sebagai berikut. Pertama, bagi pengajar/guru, hasil penelitian ini berupa ekpspresi pengalaman kejiwaan penulis dalam puisi majalah Bobo digunakan untuk mengarahkan siswanya menulis puisi menurut tingkatan-tingkatan yang sesuai dengan perkembangan pemikiran anak. Kedua, bagi peneliti lain, hasil penelitian ini dapat menjadi dasar untuk melakukan penelitian lanjutan, terutama perkembangan ekspresi pengalaman kejiwaan penulis dalam puisi majalah Bobo pada kurun waktu tertentu.