SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Teks Pidato Bahasa Jawa Siswa Kelas VI SD

agustine martha suwandari

Abstrak


ABSTRAK

 

Suwandari, Agustine Martha. 2013. Teks Pidato Bahasa Jawa Siswa Kelas VI SD  Negeri 1 Suruh Kabupaten Trenggalek. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Anang Santoso, M. Pd, (II) Musthofa Kamal, S. Pd, M. Sn.

 

Kata Kunci: teks pidato Bahasa Jawa, karangan siswa

Salah satu kompetensi dasar keterampilan menulis yang harus dikuasai oleh siswa SD adalah menulis teks pidato bahasa Jawa. Pidato bahasa Jawa adalah pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata bahasa Jawa yang ditujukan kepada banyak orang, sedangkan teks pidato bahasa Jawa adalah teks atau naskah berbahasa Jawa yang digunakan oleh orang yang berpidato untuk menyampaikan ide kepada orang banyak. Dengan menyadari betapa pentingnya teks pidato bahasa Jawa tersebut, keterampilan menulis teks pidato bahasa Jawa ini diajarkan kepada siswa pada mata pelajaran bahasa Jawa di SD. Keterampilan menulis teks pidato bahasa Jawa diajarkan kepada siswa dengan tujuan agar siswa mampu menulis teks pidato dengan bahasa Jawa yang sesuai kepada siapa pidato ditujukan dan penulisan ejaan yang benar.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Instrumen kunci dalam penelitian ini adalah peneliti, sedangkan alat bantu yang digunakan berupa panduan analisis. Data hasil penelitian berupa teks pidato bahasa Jawa yang ditulis oleh siswa. Data-data yang telah diperoleh tersebut, kemudian dianalisis untuk memperoleh deskripsi tentang sistematika, kesesuaian isi dengan tujuan pidato bahasa Jawa, dan penggunaan bahasa. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 1 Suruh Kabupaten Trenggalek tahun pelajaran 2013/2014.

Berdasarkan analisis data, diperoleh tiga hasil temuan penelitian. Pertama, sistematika teks pidato, meliputi empat hasil temuan: Pertama, teks pidato bahasa Jawa bagian salam pembuka, tepat sebanyak 9 teks pidato bahasa Jawa (21,95%), kurang tepat sebanyak 31 teks pidato bahasa Jawa (75,61%), dan tidak tepat sebanyak 1 teks pidato bahasa Jawa (2,44%). Kedua, teks pidato bahasa Jawa bagian pendahuluan, tepat sebanyak 24 teks pidato bahasa Jawa (58,5%), kurang tepat sebanyak 12 teks pidato bahasa Jawa (29,27%), dan tidak tepat sebanyak 5 teks pidato bahasa Jawa (12,2%). Ketiga, teks pidato bahasa Jawa bagian isi materi, tepat sebanyak 11 teks pidato bahasa Jawa (26,82%), kurang tepat sebanyak 24 teks pidato bahasa Jawa (58,53%), dan tidak tepat sebanyak 6 teks pidato bahasa Jawa (14,65%). Keempat, teks pidato bahasa Jawa bagian salam penutup, tepat sebanyak 1 teks pidato bahasa Jawa (2,44%), kurang tepat sebanyak 38 teks pidato bahasa Jawa (92,566%), dan tidak tepat sebanyak 2 teks pidato bahasa Jawa (4,9%). Kedua, kesesuaian isi dengan tujuan pidato, meliputi tiga hasil temuan: Pertama kesesuaian isi dengan tujuan argumentatif sebanyak 12 teks pidato bahasa Jawa, tepat sebanyak 9 teks pidato bahasa Jawa (21,95%), kurang tepat sebanyak 3 teks pidato bahasa Jawa (7,32%), dan tidak tepat sebanyak 0 teks pidato bahasa Jawa (0%). Kedua, kesesuaian isi dengan tujuan persuasif sebanyak 12 teks pidato bahasa Jawa, tepat sebanyak 8 teks pidato bahasa Jawa (19,51%), kurang tepat sebanyak 4 teks pidato bahasa Jawa (9,76%), dan tidak tepat sebanyak 0 teks pidato bahasa Jawa (0%). Ketiga, kesesuaian isi dengan tujuan informatif sebanyak 17 teks pidato bahasa Jawa, tepat sebanyak 9 teks pidato bahasa Jawa (21,95%), kurang tepat sebanyak 8 teks pidato bahasa Jawa (19,51%), dan tidak tepat sebanyak 0 teks pidato bahasa Jawa (0%). Ketiga, pada aspek penggunaan bahasa diperoleh dua penelitian. Pertama, ejaan, tepat sebanyak 0 teks pidato bahasa Jawa (0%), kurang tepat sebanyak 32 teks pidato bahasa Jawa (78,45%), dan tidak tepat sebanyak 9 teks pidato bahasa Jawa (21,95%). Kedua, pilihan kata, tepat sebanyak 20  teks pidato bahasa Jawa (48,78%), kurang tepat sebanyak 21 teks pidato bahasa Jawa (51,22%), dan tidak tepat sebanyak 0 teks pidato bahasa Jawa (0%).

Berdasarkan hasil penelitian ini, dikemukakan tiga saran. Pertama, bagi guru, diharapkan guru bahasa Jawa melakukan perbaikan pembelajaran pada aspek menulis teks pidato bahasa Jawa agar siswa dapat lebih terampil menulis teks pidato dengan tepat. Kedua, bagi peneliti selanjutnya, disarankan untuk melakukan penelitian pada aspek membaca teks pidato bahasa Jawa, misalnya pemodelan siswa dalam membacakan teks pidato bahasa Jawa dalam teks pidato bahasa Jawa karangan siswa. Ketiga, bagi siswa, disarankan agar siswa lebih rajin belajar, teliti, cermat, dan berlatih dalam aspek menulis teks pidato bahasa Jawa.