SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Mengapresiasi Cerita Wayang Berbasis Multimedia Interaktif untuk Siswa SMP Kelas IX

Johan Slamet Raharjo

Abstrak


ABSTRAK

 

Secara umum penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran mengapresiasi cerita wayang berbasis multimedia interaktif untuk siswa SMP kelas IX. Tujuan umum tersebut kemudian dijabarkan menjadi beberapa tujuan khusus, yaitu mengembangkan media pembelajaran mengapresiasi cerita wayang untuk siswa SMP kelas IX dengan memerhatikan (1) sistematika penyajian materi pada produk yang dihasilkan, (2) penggunaan bahasa pada produk yang dihasilkan, dan (3) bentuk tampilan pada produk yang dihasilkan.

Untuk mencapai tujuan di atas, peneliti menggunakan rancangan penelitian pengembangan. Adapun model pengembangan bahan ajar yang digunakan yaitu model pengembangan R&D. Model desain penelitian dan pengembangan R&D dirumuskan sebagai berikut (1) adanya potensi dan masalah, (2) mengumpulkan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) perbaikan desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, ujicoba pemakaian, (9) revisi produk, (10) pembuatan produk masal. Berdasarkan model desain model R&D  yang telah disebutkan, peneliti kemudian memperjelas setiap tahapan dengan membuat rundown alur pengembangan media. Validasi bahan ajar dilakukan terhadap empat kelompok validator, yaitu kelompok ahli media, ahli materi, praktisi, dan siswa. Dari uji coba terhadap ketiga kelompok validator tersebut, diperoleh rata-rata persentase 86,7% (layak untuk diimplementasikan). Selanjutnya, produk akan dipaparkan di bawah ini sesuai dengan tujuan khusus penelitian.

Pertama, sistematika penyajian materi pada produk yang dihasilkan. Materi isi pada media yang dikembangkan ini telah disesuaikan dengan SK, KD, dan tujuan pembelajaran Bahasa Jawa pada kurikulum KTSP.

Kedua, penggunaan bahasa pada produk yang dihasilkan. Pada media pembelajaran mengapresiasi cerita wayang ini ada dua pilihan bahasa yaitu Jawa dan Indonesia  formal yang komunikatif dan logis, sehingga ketika digunakan pengguna akan lebih mudah memahami dan menangkap setiap instruksi pada media. Penggunaan bahasa Indonesia dalam media ini bertujuan agar dapat pula digunakan oleh mereka yang ingin belajar bahasa dan budaya Jawa, tetapi belum menguasai Bahasa Jawa.

Ketiga, bentuk tampilan pada produk yang dihasilkan. Wujud media yang dihasilkan pada penelitian dan pengembangan ini berupa perangkat lunak media interaktif mengapresiasi cerita wayang dengan format powerpiontshow. Tombol menu pada media pembelajaran mengapresiasi mengapreasi cerita wayang ini, tata letak tombol menu diubah dan dilengkapi dengan nama icon agar memudahkan pengguna media.dilengkakpi dengan opening yang menarik

Dalam pemanfaatannya, media pembelajaran mengapresiasi cerita wayang ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh peserta didik sebagai media mandiri dan juga dengan bimbingan guru. Guru disarankan untuk menggunakan produk media pembelajaran hasil pengembangan ini salah satu alternatif media yang digunakan dalam proses pembelajaran di kelas. Pengembangan media pada mata pelajaran Bahasa Daerah ini diharapkan dapat menambah sarana pembelajaran. Dengan bertambahnya media pembelajaran ini, pembelajaran Bahasa Jawa akan lebih diminati oleh peserta didik.