SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Menyunting Tulisan Argumentasi Berbasis Multimedia Interaktif untuk Siswa Kelas X

Anisa Ulfah

Abstrak


ABSTRAK

 

Ulfah, Anisa. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Menyunting Tulisan Argumentasi Berbasis Multimedia Interaktif untuk Siswa Kelas X. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. Dawud, M.Pd dan (II) Dewi Pusposari, S.Pd, M.Pd.

 

Kata Kunci: media pembelajaran, menyunting tulisan argumentasi, multimedia interaktif

Kemajuan teknologi memberikan manfaat bagi kehidupan masyarakat dalam semua bidang, termasuk bidang pendidikan.  Kemajuan teknologi dalam bidang pendidikan tersebut dapat dimanfaatkan guru untuk menciptakan pembelajaran yang aktif, menyenangkan, dan menambah motivasi siswa dengan menghadirkan media pembelajaran. Kehadiran media pembelajaran memiliki peran penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Media pembelajaran berbasis multimedia interaktif dapat memberikan pengalaman belajar pada siswa karena melibatkan siswa secara langsung. Dengan adanya media pembelajaran siswa dapat mengembangkan kemampuannya secara optimal.

Pembelajaran menyunting merupakan salah satu kompetensi dasar (KD) pada standar isi Kurikulum 2013. Kompetensi menyunting tidak hanya menuntut siswa untuk dapat menunjukkan kesalahan tulisan, tetapi mereka juga harus dapat memperbaikinya dengan tepat. Namun, kurangnya ketersediaan media pembelajaran di sekolah menjadikan siswa hanya mengandalkan buku ajar dalam mempelajari kompetensi menyunting. Untuk itu diperlukan pengembangan media pembelajaran menyunting tulisan argumentasi. Ada beberapa alasan yang mendasari pentingnya pengembangan media pembelajaran, yaitu kebutuhan siswa dan tuntutan pada guru untuk dapat menyajikan materi pembelajaran yang berkualitas serta sesuai dengan karakteristik siswa.

Tujuan umum penelitian ini adalah menghasilkan produk media pembelajaran menyunting tulisan argumentasi berbasis multimedia interaktif. Adapun tujuan penelitian secara khusus adalah mengembangkan isi media pembelajaran menyunting tulisan argumentasi berbasis multimedia interaktif dan mendeskripsikan tingkat kelayakan media yang dihasilkan. Media dikembangkan berdasarkan tiga aspek, yaitu aspek isi, tampilan, dan bahasa media. Media yang dihasilkan ditujukan untuk siswa kelas X tingkat menengah atas sederajat.  Media dihasilkan dengan program Macromedia Flash.

Model penelitian ini adalah model prosedural, meliputi (1) tahap prapengembangan, (2) tahap pengembangan, (3) tahap uji coba, dan (4) tahap revisi produk. Produk hasil pengembangan diujicobakan kepada ahli materi pembelajaran menyunting tulisan argumentasi, dan ahli media pembelajaran, guru bahasa Indonesia, dan siswa kelas X dengan membagikan angket. Data penelitian berupa data numerik dan data verbal. Berdasarkan hasil uji coba dengan ahli dan praktisi, persentase nilai rata-rata aspek isi media pembelajaran diberikan oleh subjek coba adalah 92,2% yang menunjukkan media dapat diimplementasikan tanpa direvisi. Aspek tampilan mendapat nilai persentase 84% yang menunjukkan media cukup layak untuk diimplementasikan, tetapi tetap dilakukan revisi sesuai saran dari subjek coba.  Adapun aspek bahasa mendapat nilai 84% yang menunjukkan media telah layak untuk diimplementasikan, tetapi tetap dilakukan sedikit revisi sesuai saran dari subjek coba untuk menyempurnakan produk.

Media pembelajaran yang dihasilkan adalah Media Pembelajaran Menyunting Tulisan Argumentasi berbasis Multimedia Interaktif yang dikemas di dalam CD. Ada lima menu utama dalam media pembelajaran, yaitu menu petunjuk penggunaan, kompetensi, pembelajaran inti, referensi, dan profil pengembang. Pembelajaran inti merupakan menu penyajian pembelajaran berdasarkan tahap metode saintifik, yaitu submenu Ayo Berdoa! yang merupakan wujud kegiatan penanaman karakter siswa agar senantiasa membiasakan diri untuk berdoa sebelum memulai pembelajaran. Submenu  Ayo Lebih Cermat! yang merupakan wujud kegiatan mengamati. Submenu Ayo Cari Tahu! yang merupakan wujud kegiatan mempertanyakan. Submenu ini berisi materi tentang hakikat tulisan argumentasi, hakikat menyunting, aspek penyuntingan, dan langkah menyunting.

Submenu ketiga adalah Ayo Berlatih! yang merupakan wujud kegiatan mencoba. Submenu ini berisi latihan menyunting tulisan argumentasi per aspek. Submenu keempat adalah Ayo, Aku Pasti Bisa! yang merupakan wujud kegiatan menalar. Submenu ini berisi latihan menyunting secara menyeluruh dan memberikan nilai dari hasil jawaban siswa. Submenu terakhir adalah Ayo Bersyukur! yang merupakan kegiatan refleksi serta penanaman karakter agar siswa senantiasa bersyukur atas apa yang telah didapatkan.  Aspek penyuntingan yang dikembangkan dalam media pembelajaran adalah menyunting proposisi,  kepaduan isi tulisan, dan kelengkapan struktur isi tulisan. Aspek tambahan yang tidak dapat lepas dari pembelajaran bahasa Indonesia adalah aspek bahasa. Aspek ini meliputi penulisan huruf kapital, tanda baca, ejaan, dan kata.

Media pembelajaran ini dikembangkan sesuai dengan konsep berbasis interaktif yang ditandai dengan adanya tombol-tombol interaktif, adanya balikan atau penguatan, serta materi pembelajaran yang disajikan tidak hanya dalam satu format. Selain itu, media pembelajaran menyunting tulisan argumentasi ini telah menampilkan kombinasi warna yang harmonis. Bahasa yang digunakan media adalah bahasa yang komunikatif sehingga mudah dipahami siswa. Media pembelajaran juga diiringi instrumen musik yang dapat membuat situasi belajar jadi menyenangkan.

Sebagai langkah pemanfaatan produk yang dihasilkan pada penelitian ini, ada beberapa saran yang ditujukan kepada pihak-pihak yang bersangkutan dengan pengembangan media pembelajaran. Media dapat dimanfaatkan oleh guru dan siswa kelas X semua jurusan. Media dapat disebarluaskan melalui forum MGMP atau diunggah ke jurnal yang ada di internet. Saran pengembangan produk lebih lanjut adalah mengembangkan media pembelajaran dengan inovasi-inovasi baru yang lebih menarik sebagai alternatif pilihan media serta meneliti keefektifannya dalam proses pembelajaran.