SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Perangkat Soal Latihan UN Bahasa Indonesia tingkat SMP Berbasis Adobe Flash

TAZQIYATUL FITHRIYA

Abstrak


ABSTRAK

 

Kemajuanteknologimerupakansuatuperkembangan yang memberikanperubahankehidupanmasyarakatsecaraluas.Kemajuantersebutmenjadipemicuupayaperubahansistempembelajaran.Salah satunyaadalahkehadiranteknologi multimedia yang dapatmeningkatkanpembelajaranmenjadimenarik, interaktif, danmampumengembangkankecakapanindividusecara optimal.Media pembelajaran yang menarik harus memiliki kemampuan dalam menggabungkan semua unsur media seperti teks, video, animasi, gambar, grafik, dan suara menjadi satu kesatuan yang terintegrasi (Munadi, 2008:150).Adobe flash merupakansalahsatu mediapembelajarangabungandariteks, video, animasi, gambar, grafik, dan suara. Tidakhanya media pembelajaransaja yang dibutuhkan, melainkanuntukmelihattingkatpencapaiantujuanpendidikannasionaljugadiperlukansuatubentukevaluasi.

Karenaevaluasimenempatikedudukan yang pentingdanmerupakanbagianutuhdari proses dantahapankegiatanpembelajaran. Selainitu, evaluasiseharusnyajugadapatmenjawabapakahhasil-hasil yang dicapaitelahsesuaidengantujuan yang ditetapkan (Aunurrahman, 2009:211).

UjianNasionalmerupakansalahsatualatevaluasi yang dikeluarkanolehpemerintah, sebab UN berfungsisebagaialatpengendalimutupendidikansecaranasional, pendorongpeningkatanmutupendidikansecaranasional, bahandalammenentukankelulusanpesertadidik, dansebagaibahanpertimbangandalamseleksipenerimaanpadajenjangpendidikan yang lebihtinggi. UN dilakukansecaraobjektif, berkeadilandanakuntabel, sertadiadakansekurang-kurangnyasatu kali dansebanyak-banyaknyadua kali dalamsatutahunpelajaran(Mulyasa, 2009: 258).Olehkarenaitusiswadituntutbelajardengansungguh-sungguhdengancaramemperbanyakmengerjakanlatihansoal-soal UN denganberbagaivariasi agar ketikaUN mendapatkanhasil yang sebaik-baiknya. Berdasarkanpermasalahantersebut, pengembangmemiliki ide untukmengembangkanperangkatsoallatihanUNBahasa Indonesia tingkat SMP berbasisadobe flash.

Pengembanganinidilakukandengantujuanuntukmenghasilkanperangkatsoallatihan UN Bahasa Indonesia tingkat SMP berbasis adobe flash yang dilengkapidengan tips menghadapi UN, kisi-kisi UN,kuncijawaban yang dilengkapidenganpembahasan, nilaiotomatisdarijawabansiswasertapengontrolwaktu. Latihansoal-soal UN yang disajikansesuaidengankisi-kisi, validitasisi, danvaliditaskonstruk, dandilengkapidenganhiburansepertimusikdangame.

Dalampenelitianini, model pengembanganproduknyamengacupada model pengembanganSadiman (2003:98), yang terdiridari(1) analisiskebutuhandankarakteristiksiswa, (2) merumuskantujuanintruksional, (3) pengembanganmateripembelajaran, (4) mengembangkanalatevaluasi media, (5) penyusunannaskah media, (6) produksi media, (7) ujicoba media, (8) revisi media.

Media yang dihasilkanberupaperangkatsoallatihan UN Bahasa Indonesia tingkat SMP berbasisadobe flash.Mediatersebutsecaragarisbesarterdiridariduabagian, yaitu menu utamadan menu materi.Menu utamaterdiridari menu petunjuk, masuk, dankeluar.Sedangkan menu materitediridari menu tips menghadapi UN, kisi-kisi UN, latihansoal-soal UN, penilaian, pembahasan, game, danbiografipengarang.

Berdasarkanhasilvalidasi yang telahdilakukanolehpengembangkepadaahlimateri, materipada tips menghadapi UN yang meliputikesesuaian, kelengkapan, keruntutan, dankejelasan rata-rata mendapatnilai 93. Materipadakisi-kisi yang meliputikesesuaian, kelengkapan, keruntutan, dankejelasan rata-rata mendapatnilai 100.Materipadasoallatihan UN yang meliputivaliditasisi, validitaskonstruk, kebenaransoal, kejelasansoal, keruntutansoal,terdiridarisatujawaban yang benar, dantigajawabanpengecoh rata-rata mendapatnilai 89,3. Materipadapembahasan yang meliputikebenaran, kelengkapan, kejelasan, dankeruntutan rata-rata mendaatnilai93,8. Materipadagame yang meliputikecepatanberpikir, kecerdikandanketangkasan rata-rata mendapatnilai 83,3.

Berdasarkanhasilvalidasi yang telahdilakukanolehpengembangkepadaahli media, meliputikejelasanmateri yang terdiridarisistematikadanpenyajian rata-rata mendapatnilai 100.Keterbacaanteks yang meliputijeniswarna, danukuranhuruf rata-rata mendapatnilai 75.Visualisasiyang meliputilayout, animasi, tampilanefek, dankomposisiwarna rata-rata mendapatnilai 62,5. Kemudahanpengoprasian yang meliputiinteraktifitasdankemudahantombol rata-rata mendapatnilai 87,5.

Berdasarkanhasilujicoba yang telahdilakukanolehpengembangkepadapraktisi (guru), meliputitampilan media yang terdiridarikomposisiwarna, kejelasanhuruf, keterbacaanteks, pemilihanmusikdankemudahanpengoprasian rata-rata mendapatnilai 90.Materi yang meliputikesesuaiansoal-soal, kebenaransoal-soal, kebenarankuncijawaban, dankemudahanpembahasansoal rata-rata mendapatnilai 93,8. Bahasa yang meliputikejelasanbahasa, kesesuaianbahasa, dankeefektifanbahasa rata-rata mendapatnilai 100.

Berdasarkanhasilujicobayang telahdilakukanolehpengembangkepadasiswa,meliputikemenarikanmodul digital, kemudahansoal-soal, kemudahanpembahasan, kemudahanpenggunaan, komposisiwarna, pemilihanmusik, menimbulkansemangatbelajarmengetahuikemampuanbelajar, mengukurkecepatanbelajar, danpenerapanmodul digital dalampembelajaransehari-hari rata-rata mendapatnilai 79,4. Dari hasilvalidasidanujicoba yang telahdipaparkan di atas, menunjukkanbahwaperangkatsoallatihan UN Bahasa Indonesia tingkat SMP berbasisadobe flash layakuntukdigunakan.

Sesuaidenganhasilvalidasidanujicoba yang telahdilakukan, pengembang menyarankan agar guru dapat menggunakan media ini sesuai dengan petunjuk yang telah disediakan. Sedangkan bagipengembangselanjutnya, hendaknyamempertimbangkanevaluasi yang telahdilakukandalampengembanganinisebagaireferensi agar dapatmembuat media yang lebihbaikdanbermanfaat.