SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peningkatan Kemampuan Menulis Rangkuman Melalui Metode Team Assisted Individualization (TAI) pada Siswa Kelas VIII SMP PGRI 02 Lawang, Kabupaten Malang

Puji Rahayu Ningtyas

Abstrak


ABSTRAK

 

Ningtyas, Puji Rahayu. 2014. Peningkatan Kemampuan Menulis Rangkuman Melalui Metode Team Assisted Individualization (TAI) pada Siswa Kelas VIII SMP PGRI 02 Lawang, Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan     Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, Fakultas Sastra   Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sunaryo HS., S.H., M.Hum, (II) Drs. Bustanul Arifin, S.H.M.Hum,

 

Kata kunci: peningkatan kemampuan menulis, rangkuman, metode TAI.

Keterampilan menulis merupakan keterampilan yang bertujuan meningkatkan kemampuan siswa berpikir secara aktif, kreatif dan bermakna. Melalui pembelajaran ini, diharapkan siswa mampu menguasai kemampuan menulis yang salah satu di antaranya adalah menulis rangkuman. rangkuman merupakan suatu cara yang efektif untuk menyajikan suatu karangan panjang dalam bentuk singkat.

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia, diketahui bahwa kemampuan menulis rangkuman siswa masih rendah. Rendahnya kemampuan tersebut salah satunya diduga karena metode pembelajaran yang digunakan guru masih konvensional. Melalui metode Team Assisted Individualization (TAI) diharapkan kemampuan menulis siswa dapat ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis rangkuman siswa. Peningkatan kemampuan siswa dengan metode Team Assisted Individualization (TAI) mencakup beberapa aspek, yaitu aspek kelengkapan isi, aspek kepaduan kalimat, dan aspek penggunaan ejaan dan tanda baca.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif  karena memaparkan gambaran hasil penelitian. Sementara itu, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-B SMP PGRI 2 Lawang, Kabupaten Malang yang berjumlah 21 siswa. Data penelitian ini berupa data kemampuan menemukan gagasan utama, mengalimatkan gagasan utama menjadi paragraf yang padu, dan penggunaan ejaan dan tanda baca dengan metode Team Assisted Individualization (TAI). Sumber data penelitian adalah rangkuman yang ditulis siswa kelas VIII-B SMP PGRI 2 Lawang, Kabupaten Malang.

Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus dilakukan dalam satu kali pertemuan. Kegiatan yang dilakukan dalam masing-masing siklus adalah (1) tahap pratindakan, (2) perencanaan tindakan, (3) pelaksanaan tindakan, (4) evaluasi tindakan dan (5) refleksi. Berdasarkan penerapan pembelajaran menulis rangkuman dengan metode Team Assisted Individualization (TAI) menunjukkan terjadi peningkatan hasil pembelajaran menulis rangkuman. Hal ini terlihat dari tahapan berikut. Pada pratindakan kemampuan menulis rangkuman nilai rata-rata sebesar 51. Setelah mengalami perbaikan pada siklus 1 terjadi peningkatan menjadi 72,6. Pada siklus II kemampuan menulis rangkuman nilai rata-rata menjadi 91,6. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dari pratindakan sampai ke siklus II.

Berdasarkan penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis rangkuman dengan metode Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan kemampuan siswa secara signifikan dalam menulis rangkuman. Selain itu, metode Team Assisted Individualization (TAI) juga berpengaruh terhadap keaktifan, kesungguhan dan respon siswa selama mengikuti proses pembelajaran menulis rangkuman.

Saran yang dapat diberikan kepada guru mata pelajaran Bahasa Indonesia kiranya dapat memanfaatkan metode Team Assisted Individualization (TAI) sebagai salah satu alternatif pembelajaran yang inovatif dan kreatif. Demikian juga, kepada Kepala SMP PGRI 02 Lawang, Kabupaten Malang, disarankan memberikan dukungan dan fasilitas yang memadai kepada guru untuk melakukan peningkatan kualitas pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di sekolah melalui pelatihan pembelajaran terutama penggunaan metode TAI dan penelitian yang berkenaan dengan perbaikan metode pembelajaran. Kepada peneliti lain dapat melakukan penelitian tentang peningkatan menulis dengan menggunakan metode lain, agar lebih bervariasi dan dapat memperkaya pengetahuan mengenai upaya peningkatan kemampuan menulis rangkuman.