SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Analisis Unsur Intrinsik Novel Berbasis Macromedia Flash Siswa SMP Kelas VIII SMPN 1 Plaosan Kabupaten Magetan

Novia Ayu Romadhoni

Abstrak


ABSTRAK

 

Romadhoni, Novia Ayu. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Analisis Unsur Intrinsik Novel Berbasis Macromedia Flash Siswa SMP Kelas VIII SMPN 1 Plaosan Kabupaten Magetan. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Djoko Saryono, M.Pd, (II) Dr. Heri Suwignyo, M.Pd.

 

Kata Kunci: macromedia flash, pembelajaran, unsur intrinsik, novel

Pembelajaran novel di sekolah sulit dipahami siswa. Kesulitan tersebut disebabkan oleh kurangnya media yang diberikan guru. Oleh karena itu, perlu adanya media yang dapat membantu guru menyampaikan kepada siswa. Adanya media siswa dapat belajar dengan menyenangkan. Sejalan dengan itu penelitian ini  bertujuan untuk (1) menghasilkan media pembelajaran analisis unsur intrinsik novel berbasis macromedia flash dan (2) mengetahui kelayakan media dalam pembelajaran analisis unsur intrinsik novel.

Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian dan pengembangan  Borg dan Gall yang diadaptasi dari Sukmadinata. Adaptasi prosedur yang dimaksud yakni, (1) tahap prapengembangan, (2) tahap pengembangan produk, (3) tahap uji coba, dan (4) tahap pascapengembangan. Uji coba produk dalam penelitian ini dilaksanakan kepada (1) uji ahli materi, (2) uji ahli media pembelajaran, (3) uji praktisi, dan (4) uji lapangan atau uji siswa. Data penelitian pengembangan ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari data verbal berupa kritik, saran, dan komentar dari ahli, praktisi, dan siswa tentang kelayakan produk dan wawancara tentang kebutuhan siswa. Data kuantitatif diperoleh dari data numerik berupa skor angket yang diisi oleh ahli, praktisi, dan siswa yang menggambarkan kelayakan isi dan sajian, bahasa, tampilan media, navigasi tombol, dan manfaat media dalam pembelajaran. Data kualitatif dan kuantitatif dijadikan bahan revisi produk.

Penelitian ini menghasilkan produk berupa media pembelajaran analisis unsur intrinsik novel berbasis macromedia flash. Media tersebut terdiri atas kurang lebih 45 tampilan yang terbagi menjadi lima menu. Jenis huruf yang digunakan adalah georgia dengan ukuran huruf sesuai dengan keterbacaan. Tampilan media menggunakan kombinasi warna biru, hijau tua, hijau muda, dan putih. Adapun kelebihan dari media tersebut, yaitu (1) terdapat latihan mandiri, (2) bahasa yang digunakan komunikatif, (3) terdapat ilustrasi gambar yang menyenangkan, dan (4) dapat meningkatkan minat belajar siswa. Akan tetapi, selain mempunyai kelebihan, media ini juga memiliki kelemahan yaitu tidak dikembangkan setiap kompetensi dasar, tetapi beberapa kompetensi dasar yang serumpun dijadikan satu. Media pembelajaran ini hanya bisa digunakan dalam proses pembelajaran apabila di sekolah dilengkapi fasilitas komputer dan LCD bila media digunakan oleh guru.

Media ini sebagai salah satu alternatif yang dapat mempermudah siswa belajar menganalisis unsur intrinsik novel. Pengembangan media tersebut dapat dijadikan contoh untuk pengembangan media pembelajaran yang lainnya. Selanjutnya, produk pengembangan media ini dapat disebarluaskan melalui jurnal pendidikan dan forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia.