SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peningkatan Kemampuan Menulis Naskah Drama Siswa Kelas VIII H SMP Negeri 15 Malang Tahun Ajaran 2013/2014 dengan Media Karikatur

Retno Galuh Diyanti

Abstrak


ABSTRAK

 

Diyanti, RetnoGaluh. 2014. PeningkatanKemampuanMenulisNaskah Drama SiswaKelas VIII H SMPNegeri 15 MalangTahunAjaran 2013/2014 dengan Media Karikatur. Skripsi, JurusanPendidikanBahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah. FakultasSastra. UniversitasNegeri Malang.Pembimbing:    (I) Dr. Endah Tri Priyatni, M. Pd, (II) Prof. Dr. WahyudiSiswanto, M. Pd

 

Kata Kunci: peningkatankemampuanmenulis,naskah drama, media karikatur

Pembelajaranmenulisnaskah drama sudah diajarkan kepada siswakelas VIII H SMP Negeri 15 Malang sesuaidengan KTSP.Terkaitdenganpembelajaranmenulisnaskah drama di sekolahtersebut, dilakukanstudipendahuluanatautahappratindakandenganhasilbahwa (1)siswakurangberminatterhadappembelajarankarena media yang digunakankurangmenarik, (2) kurangkonsentrasinyasiswadalampembelajaran, (3) siswakurangmampumenentukankonflikdanklimaks, (4) siswakurangmampumenyusun dialog.

Masalah yang munculpadaaspekhasilmenulissiswaadalahpokokpersoalan yang diangkatdalamnaskah drama mereka yang masihkurangmampumemunculkankonflikdanklimakspadaalurkarena media yang kurangkreatifdankurangmenarik, tema yang kurangsesuaidenganisinaskah drama, serta dialog yang masihumumdenganpilihan kata sederhana. Olehkarenaitu, permasalahantersebutdiatasidenganpenggunaan media karikaturuntuklebihmengkhususkanpokokpersoalandalamnaskah drama siswa. Media karikaturdipilihkarena mediakarikaturdapatmengembangkanimajinasisiswadalambentuktulisan.

Tujuanpenelitianiniadalah: (1 ) mendeskripsikanpeningkatkan proses aktivitasmenulisnaskah drama dengan media karikaturpadasiswakelas VIII H SMP Negeri 15 Malang pada (a) kegiatanawalpembelajaran, (b) kegiatanintipembelajaran, dan (c) kegiatanakhirpembelajaran, (2) mendeskripsikanpeningkatkanhasilkemampuanmenulisnaskah drama denganmemanfaatkan media karikaturpadasiswakelas VIII H SMP Negeri 15 Malang khususnyakemampuan: (a) menentukantema, (b) menentukantokohdanpenokohan, (c) mendeskripsikanalur, (d) mendeskripsikanlatar, (e) penggunaan dialog, (f) penciptaankramagung, (g) penggunaanejaan.

Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiantindakankelas (PTK) yang meliputilimahalpokok,yaitu (1) pratindakan, (2) perencanaantindakan, (3) pelaksanaantindakan, (4)refleksihasiltindakan. Data dalampenelitianiniberupa data proses dan data hasil. Data proses berupaperilakusiswasaatproses pembelajaranmenulisnaskah drama yang dilakukansiswadan guru di kelas, sedangkan data hasilberupaskorkemampuanmenulisnaskah dramasiswa. Pengumpulan data proses dilakukandenganobservasimenggunakanlembarobservasi, catatanlapangan, danrubrikpenilaian proses, sedangkan data hasildilakukandengantes yang dinilaimenggunakanrubrikpenilaianhasilmenulisnaskah drama. Data proses dan data hasil yang telahdikumpulkandianalisisdenganmenyeleksi, mengoreksi, menskor, danmenyimpulkan.

Hasilpenelitianmenunujukkanbahwa media karikaturmampumeningkatkankinerjapembelajaranmenulisnaskah dramapada proses danhasilpembelajaran. Peningkatan proses tergambar (1) siswalebihantusiasdalamdalammenuangkan ide cerita (2) siswalebihantusiasdanseriusdalammengembangkankerangkanaskah drama menjadinaskah drama yang utuh, (3) siswaperhatiandalammendengarkanpenjelasan guru (4) siswamenjadilebihaktifdankreatifdalammenulisnaskah drama. Peningkatanhasilterlihatpadaaspek, (1) penentuantemaditentukansesuai media karikaturdanmemenuhideskriptor, (2) penentuantokohdanpenokohansesuaidengankarikatur, (3) penggambaranlatardigambarkansecarajelasdankreatif, (4) pengembanganalursudahsesuaidengankarikatur , (5) penciptaan dialog sesuaidengan descriptor, (6) penciptaankramagungsudahbervariasi, (7) penggunaanejaansesuaidengan EYD. Peningkatan proses danhasilpembelajaranmenulisnaskah dramadiikuti pula denganpeningkatannilaihasilbelajarsiswadalammenulisnaskah drama. Padatahappratindakannilai rata-rata siswa 55,49, padasiklus Inilai rata-rata siswaadalah 71,6danpadasiklus II, nilai rata-rata siswaadalah 83,6.

Penggunaanmedia karikaturdalampembelajaranmenulisnaskah drama sangatefektifdaninovatif.Media karikaturmampumenarikperhatiansiswadanmenciptakansuasanabelajarlebihmenyenangkan.Gambarkarikatur, kerangkanaskah drama, penjelasan guru membantusiswadalammemahamidanmengembangkanisikarikaturmenjadinaskah drama.Pemberiancontohsecaralangsungdalamsetiaptahapanmenulis, bimbinganindividumerata, pemberianwaktu yang cukup, pemberianpenguatansecara verbal dan nonverbal yang diberikan guru, menjadimotivasisiswadalammenulis.

Media karikaturmampumeningkatan proses danhasilpembelajaranmenulisnaskah drama. Olehkarenaitu, disarankankepada, (1) guru-guru bahasa Indonesia, agar menggunakan media karikaturuntukmeningkatkankemampuanmenulisnaskah drama, dan (2) bagipenelitiselanjutnya, diharapkanmenggunakan media karikaturdalambentukketerampilanberbahasa yang lain.