SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kemampuan Menulis Aksara Jawa Menggunakan Multimedia Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Pare

yeyen faturoqim erfanta

Abstrak


ABSTRAK

 

Erfanta, Yeyen Faturoqim. 2013. Kemampuan Menulis Aksara Jawa Menggunakan Multimedia Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Pare. Skripsi, Prodi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Sunoto, M.Pd. (2) Karkono, S.S., M.A.

 

Kata kunci:menulis, multimedia, aksara Jawa.

Kompetensi dasar menulis aksara Jawa telah diajarkan di SMP Negeri 2 Pare. Pembelajaran tersebut untuk mengembangkan  keterampilan siswa menulisaksara Jawa. Menulis aksara Jawa  harus mengikuti sistematika yang telah ada.Pembelajaran menulis aksara Jawa dapat dilaksanakan dengan berbagai cara, salah satunya dengan menggunakan multimedia. Hal ini dilakukan untuk mencapai hasil pembelajaran yang maksimal. Untuk itu, peneliti mengkaji kemampuan menulis aksara Jawa dengan menggunakan multimedia pada siswa SMP Negeri 2 Pare dalam hal penulisan carakan, sandhangan, pasangan, angkaJawa, aksaramurda, danaksara rekan. Dengan demikian, penelitian ini berjudul Kemampuan Menulis Aksara Jawa Menggunakan MultimediaSiswa Kelas IX SMP Negeri 2 Pare. Tujuan yang diharapkan lewat penelitian ini adalah mengetahui kemampuan siswa menulis aksara Jawa dengan menggunakan multimedia.Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Data penelitian berupa hasil kerja siswa dalam menulis teks aksara Jawa dengan multimedia yang dianalisis dengan statistika.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama,siswa mampu menulis aksara Jawa carakan atau legena dengan menggunakan multimedia. Hal ini, dapat dilihat dari persentase perolehan nilai, yaitu 96,2% atau 25 dari 26 siswa memperoleh nilai sangat baik. Kedua,siswa mampu menulis aksara Jawa sandhangan dan pasangan dengan menggunakan multimedia.Hal ini,dapat dilihat dari persentase perolehan nilai, yaitu 92,3% atau 24 dari 26 siswa memperoleh nilai sangat baik. Ketiga,siswa mampu menulis angka Jawa dengan menggunakan multimedia. Hal ini,dapat dilihat dari persentase perolehan nilai, yaitu 100% atau 26 siswa dapat menulis angka Jawa dengan benar. Keempat,siswa mampu menulis aksara murda dengan menggunakan multimedia. Hal ini,dapat dilihat dari persentase perolehan nilai, yaitu 77%  atau 20 dari 26 siswa memperoleh nilai sangat baik. Kelima, siswa mampu menulis aksara rekan dengan menggunakan multimedia. Hal ini,dapat dilihat dari persentase perolehan nilai, yaitu 57%  atau 15 dari 26 siswa memperoleh nilai sangat baik.Secarakeseluruhan dapat disimpulkan bahwa siswa SMP Negeri 2 Pare mampu menulis aksara Jawa carakanatau legena,aksara sandhangan dan pasangan, angkaJawa, aksara murda, maupun aksara rekandengan menggunakan multimedia.