SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK PETA PIKIRAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SI8SWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 MALANG

LAILINDA NUR JANNAH

Abstrak


ABSTRAK

 

Jannah, Lailinda Nur. 2014. Pengaruh Penggunaan Teknik Peta Pikiran terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Malang. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, FS, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. H. Dawud, M.Pd., (2) Dewi Pusposari, S.Pd., M.Pd.

 

Kata kunci:teknik peta pikiran, kemampuan menulis, teks berita

Di dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) terdapat kompetensi dasar (KD) menulis teks berita siswa kelas VIII SMP. Untuk mencapai KD tersebut, ada tiga aspek kemampuan menulis berita yang harus dikuasai oleh siswa, yakni judul, teras, dan tubuh berita. Ketiga aspek tersebut dianggap masih sulit dicapai oleh siswa.Salah satu penyebab kesulitan tersebut adalah teknik pembelajaran yang digunakan kurang mendukung. Dengan demikian, dibutuhkan sebuah teknik yang dapat mengoptimalkan kemampuan menulis teks berita. Pada penelitian ini diujicobakan teknik peta pikiran untuk membantu siswa dalam memetakkan berita yang diperoleh, sehingga mereka mampu menulis teks berita dengan benar.

Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknik peta pikiran terhadap kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknik peta pikiran terhadap kemampuan menulis judul, teras, dan tubuh berita siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Malang.

Penelitian ini menggunakan rancangan kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Malang, sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-I sebagai kelas eksperimen.Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan menggunakan teknik peta pikiran, sedangkan kelas kontrol menggunakan teknik konvensional. Instrumenkelas eksperimen berupa Lembar Kerja Siswa(LKS) yang di dalamnya terdapat langkah-langkah menulis teks berita dengan teknik peta pikiran. Intrumen kelas kontrol berupa LKS yang di dalamnya terdapat perintah menulis teks berita.Dengan instrumen tersebut diperoleh data penelitian nilai kemampuan menulis judul, teras, dan tubuh teks berita dari kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Hasil penelitianpengaruh penggunaan teknik peta pikiran terhadap kemampuan menulis judul, teras, dan tubuh berita menunjukkan bahwa nilai kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol, kecuali aspek kelogisan kalimat teras berita dan ejaan serta tanda baca. Berdasarkan hasil analisis statistik uji beda tes akhirkemampuan menulis judul berita diketahui t hitung adalah 3,620, p = 0,001 (p < 0,05).Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan skor menulis judul berita kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan teknik peta pikiran terhadap kemampuan menulis judul berita. Jadi, penggunaan teknik peta pikiran dapat meningkatkan kemampuan menulis judul teks berita.

Hasil analisisuji beda tes akhirkemampuan menulis teras berita diketahui t hitung adalah 4,313, p = 0,000 (p < 0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan skor menulis teras berita kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan teknik peta pikiran terhadap kemampuan menulis teras berita.Jadi, penggunaan teknik peta pikiran dapat meningkatkan kemampuan menulis teras teks berita.

Hasil analisis uji beda tes akhirkemampuan menulis tubuh berita diketahui t hitung adalah 8,105, p = 0,000  (p < 0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan skor menulis tubuh berita kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan teknik peta pikiran terhadap kemampuan menulis tubuh berita.Jadi, penggunaan teknik peta pikiran dapat meningkatkan kemampuan menulis tubuh teks berita.

Saran yang diajukan peneliti berdasarkan hasil penelitian adalah (1) bagi guru mata pelajaran Bahasa Indonesia teknik peta pikiran digunakan untuk keterampilan bahasa Indonesia yang lain,(2) bagi peneliti lain dapat menerapkan teknik pembelajaran yang tepat untukmeningkatkan aspek ejaan dan tanda baca, dan (3) bagi penelitia lain juga dapat mengembangkan teknik peta pikiran yang dapat mendorong siswa secara mandiri membuat peta pikiranpada pembelajaran menulis teks berita.