SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Strategi AREMANIA (Amati, Rencanakan, Maju, dan Nilai) dalam Pembelajaran Membawakan Acara untuk Siswa SMP Kelas VIII

Campin Veddayana

Abstrak


ABSTRAK

 

Veddayana, Campin. Pengembangan Strategi AREMANIA (Amati, Rencanakan, Maju, dan Nilai) dalam Pembelajaran Membawakan Acara untuk Siswa SMP Kelas VIII. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Roekhan, M.Pd., (II) Dwi Sulistyorini S.S., M.Hum.

 

Kata Kunci: strategi AREMANIA, pembelajaran membawakan acara.

Pembelajaran membawakan acara merupakan pembelajaran berbicara yang bermanfaat bagi siswa sebagai bekal mempersiapkan dirinya masuk dalam kehidupan bermasyarakat, karena di dalam pranata sosial sering dijumpai adanya acara seremonial yang tentunya harus dipandu oleh seorang pembawa acara. Kegiatan pembelajaran membawakan acara dapat mengembangkan keterampilan berbicara siswa. Namun, pembelajaran membawakan acara saat ini belum diarahkan secara optimal. Hal tersebut terjadi karena beberapa alasan, seperti kurangnya kecakapan dalam pemberian materi dan teknik membawakan acara, penyusunan acara yang kurang terstruktur dan terperinci, kurangnya rasa percaya diri pada siswa dan alokasi waktu yang diberikan, dan audiens yang pasif yang dapat mempengaruhi penampilan siswa, serta penggunaan strategi ceramah yang masih dominan dalam pembelajaran. Selain itu, buku panduan yang berisi metode dan materi membawakan acara yang digunakan masih bersifat kompleks dan kurang aplikatif. Padahal, pembelajaran membawakan acara yang efektif dan efisien bisa dilakukan untuk mengurangi alasan tersebut. Berdasarkan permasalah tersebut, peneliti mengembangkan strategi AREMANIA (Amati, Rencanakan, Maju, dan Nilai) dalam bentuk buku panduan yang dapat digunakan untuk mengajar kompetensi tersebut.

Tujuan penelitian pengembangan ini adalah mengembangkan produk strategi membawakan acara dengan baik dan benar serta santun yang memerhatikan isi dan langkah-langkah strategi dengan metode berbicara. Upaya dalam mencapai tujuan tersebut, maka digunakan rancangan pengembangan yang dimodifikasi dari model pengembangan Borg dan Gall. Modifikasi model pengembangan tersebut meliputi: (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) uji validasi, (5) revisi awal, (6) melakukan uji coba lapangan, (7) revisi produk akhir, dan (8) menulis laporan hasil pengembangan. Produk dari penelitian pengembangan ini adalah buku panduan strategi AREMANIA (Amati, Rencanakan, Maju, dan Nilai) untuk pembelajaran membawakan acara kelas VIII SMP. Uji produk dilakukan kepada ahli strategi pembelajaran, ahli bahasa, dan praktisi.

Berdasarkan uji produk yang telah dilakukan terhadap (1) relevansi strategi AREMANIA dengan teori pembelajaran membawakan acara mencapai 92%, (2) relevansi strategi AREMANIA dengan tujuan pembelajaran membawakan acara mencapai 92%, (3) keefektifan dan efisiensi strategi AREMANIA untuk mencapai kedalaman materi mencapai 92%, (4) keefektifan dan efisiensi strategi AREMANIA dalam pembelajaran memawakan acara mencapai 93%, dan (5) visibilitas strategi AREMANIA dengan kondisi belajar siswa mencapai 79%. Nilai keseluruhan dari hasil semua uji produk mencapai 89,6% yang berarti produk cukup valid dan dapat digunakan atau diimplementasikan.

Uji lapangan dilakukan pada kelompok terbatas, yaitu siswa kelas VIII A SMP Brawijaya Smart School (BSS) Malang. Hasil yang diperoleh antara lain: (1) pada tahap amati, siswa telah mampu curah gagasan dan memahami materi mengenai membawakan acara, (2) pada tahap rencanakan, siswa telah mampu menulis susunan acara dengan terstruktur dan rinci serta membuat rancangan performansi, (3) pada tahap maju, siswa telah mampu membawakan acara dengan baik dan benar serta santun di depan kelas sesuai dengan acara yang telah ditentukan, dan (4) pada tahap nilai, siswa telah mampu memberikan komentar dan penilaian sejawat atas performansi yang dilakukan temannya di depan kelas.

Revisi dilakukan berdasarkan komentar dan saran yang diberikan pada saat uji produk. Pertama, pada aspek relevansi, revisi yang dilakukan adalah (1) memperjelas landasan berfikir dengan memberikan teori-teori agar lebih kuat, (2) memperkuat teori pada setiap langkah dalam strategi, (3) pada teknik membawakan acara ditambahkan karakter pendidikan dengan menumbuhkan sikap keberanian dan keramahan pada diri siswa. Kedua, pada aspek keefektifan dan efisiensi, revisi yang dilakukan adalah memperjelas instruksi dan langkah-langkah pada latihan, menambah alokasi waktu pada tahap Rencanakan. Ketiga, pada aspek visibilitas strategi, revisi yang dilakukan adalah mengkomunikatifkan bahasa yang digunakan dalam buku panduan agar terkesan bersahabat dan tidak menggurui pembaca, memperbaiki tampilan fisik buku panduan termasuk dalam font dan pilihan warna.

Berdasarkan data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa strategi AREMANIA dapat diimplementasikan pada pembelajaran membawakan acara dengan baik dan benar serta santun untuk siswa kelas VIII. Terkait dengan hal tersebut, maka disarankan kepada guru sebagai subjek pengguna buku panduan agar dapat menerapkan strategi AREMANIA dengan kreatif, inovatif, dan memerhatikan langkah-langkah strategi agar pembelajaran bisa berjalan secara optimal. Selain itu, guru dapat menerapkan strategi ini untuk kompetensi berbicara lainnya karena konsep strategi ini dirancang untuk sesuai dengan kompetensi berbicara secara umum. Penyebarannya, dapat dilakukan dengan penulisan artikel atau disebarluaskan melalui pihak penerbitan buku yang kemudian dapat dijual di berbagai toko buku. Kemudian, peneliti selanjutnya disarankan agar mempelajari dan memanfaatkan produk ini sebagai pijakan untuk mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih kreatif.