SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Karakteristik Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas VII SMP Harapan Jombang Tahun Ajaran 2013/2014

Agustin prasetyawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Prasetyawati, Agustin. 2014. Karakteristik Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas VII SMP Harapan Jombang Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Titik Harsiati, M.Pd., (II) Dr. H. Imam Agus Basuki, M.Pd.

 

Kata kunci: soal UAS bahasa Indonesia, instrumen asesmen, pembelajaran bahasa Indonesia

Ulangan Akhir Semester (UAS) adalah ulangan yang dilakukan secara independen pada jenjang SD, SMP, SMA, dan sederajat untuk mengukur dan menilai kompetensi setiap peserta didik yang telah mengikuti proses pembelajaran selama satu semester pada masing-masing jenjang per kelasnya. UAS merupakan bagian dari evaluasi yang dilakukan untuk mengukur kemampuan peserta didik dalam proses pembelajaran. Selain itu, UAS juga dapat diketahui tingkat kemajuan dan keberhasilan belajar siswa. Dengan dilakukannya UAS seorang guru dapat menentukan siswa tersebut dapat melanjutkan pembelajaran pada tingkat yang lebih tinggi atau perlu adanya pengulangan.

UAS bahasa Indonesia berisi materi-materi yang sudah dipelajari oleh siswa selama satu semester. Pokok-pokok materi tersebut tercantum pada Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) yang sedang berlaku pada standar isi. Keterampilan berbahasa yang dijadikan sasaran dalam tes berbahasa telah dijabarkan dalam standar kompetensi dan kompetensi dasar yang dipilah menjadi keterampilan menyimak, keterampilan berbicara, keterampilan membaca, dan keterampilan menulis. Soal UAS harus mengukur keempat keterampilan berbahasa tersebut.

UAS diujikan dalam bentuk tes tulis yang berupa tes soal pilihan ganda dan tes soal uraian. Menyusun soal UAS perlu memperhatikan kaidah-kaidah penyusunan soal pilihan ganda maupun soal uraian agar memperoleh penyajian soal yang baik.

Berdasarkan latar belakang yang telah dikemukakan, terdapat dua tujuan dalam penelitian ini. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan (1) pola realisasi soal UAS Bahasa Indonesia Kelas VII SMP dan  (2) karakteristik soal UAS bahasa Indonesia Kelas VII SMP, baik yang berbentuk pilihan ganda maupun uraian.

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah dokumen soal UAS mata pelajaran bahasa Indonesia Kelas VII SMP tahun ajaran 2013/2014 di SMP Harapan Kesamben Jombang yang dibuat oleh guru mata pelajaran bahasa Indonesia di SMP Harapan Kesamben.

Berdasarkan hasil analisis, diketahui bahwa realisasi soal dalam soal UAS hanya berupa aspek membaca, menulis, teori, dan kebahasaan. Soal yang realisasinya berupa aspek menyimak dan berbicara tidak ditemukan. Dari beberapa realisasi soal yang telah ditemukan, pola realisasi soal UAS bahasa Indonesia Kelas VII SMP Harapan bisa digolongkan menjadi tiga pola, yaitu (1) pola realisasi soal yang sesuai dengan tujuan sasaran dalam KD, (2) pola realisasi soal yang tidak sesuai dengan tujuan sasaran dalam KD, dan (3) pola realisasi soal yang tidak ditemukan tujuan sasarannya dalam KD. Pada pola realisasi soal yang sesuai dengan tujuan sasaran dalam KD terdapat dua pola, yaitu (1) realisasi soal membaca dengan sasaran KD membaca dan (2) realisasi soal menulis dengan sasaran KD menulis. Pada pola realisasi soal yang tidak sesuai dengan tujuan sasaran dalam KD terdapat enam pola, yaitu (1) realisasi soal membaca dengan sasaran KD menulis, (2) realisasi soal membaca dengan sasaran KD menyimak, (3) realisasi soal teori dengan sasaran KD membaca, (4) realisasi soal teori dengan sasaran KD menulis, (5) realisasi soal teori dengan sasaran KD menyimak, dan (6) realisasi kebahasaan dengan sasaran KD menulis. Pada pola realisasi soal yang tidak ditemukan tujuan sasarannya dalam KD hanya terdapat satu pola, yaitu realisasi soal kebahasaan dengan sasaran tidak ditemukan dalam KD.

Hasil analisis karakteristik soal UAS bahasa Indonesia ditemukan berdasarkan struktur pada soal pilihan ganda dan berdasarkan bentuk soal uraian. Pada soal pilihan ganda, karakteristiknya ditemukan dua karakteristik, yakni berdasarkan (1) struktur stem dan (2) struktur option. Pada struktur stem dalam soal pilihan ganda terdapat tiga pola stem, yaitu (1) pola ilustrasi-stem-option, (2) pola stem-option, dan (3) pola tanpa stem-option. Pada struktur option dalam soal pilihan ganda ditemukan dua pola, yakni (1) pola option homogen dan (2) pola option heterogen.

Pada soal uraian, karakteristiknya ditemukan berdasarkan bentuk soal uraiannya. Terdapat dua bentuk soal uraian yang digunakan dalam soal UAS ini, yaitu (1) soal uraian bebas dan (2) soal uraian terbatas. Soal uraian bebas pada soal UAS ini digunakan untuk mengukur keterampilan menulis, baik menulis sastra maupun menulis non sastra. Soal uraian terbatas pada soal UAS ini digunakan untuk mengukur kemampuan teori dan kebahasaan.

Berdasarkan penelitian ini, dapat disarankan kepada guru selaku pengevaluasi pelaksanaan pembelajaran di lingkup sekolah, dalam menyusun soal perlu diperhatikan terlebih dahulu tujuan sasaran yang terdapat dalam kompetensi dasar agar soal yang dihasilkan realisasinya bisa sesuai dengan tujuan dalam KD tersebut dan tidak ada yang menyimpang. Selain itu, perlu diperhatikan pula kaidah penyusunan soal, baik kaidah soal pilihan ganda maupun kaidah soal uraian agar bisa menghasilkan butir soal yang baik dan berkualitas.