SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Bahasa Indonesia dalam Karya Ilmiah Siswa Kelas III SMP Negeri 2 Sukodono

Amelia Widya Hanindita

Abstrak


ABSTRAK

 

 

Hanindita, Amelia, Widya. 2014. Bahasa Indonesia dalam Karya Ilmiah Siswa Kelas III SMP Negeri 2 Sukodono. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Imam Suyitno, M.Pd., (II) Indra Suherjanto, S.Pd, M.Sn.

 

 

Kata kunci: bahasa Indonesia, karya ilmiah, SMP Negeri 2 Sukodono

    

Pembelajaran menulis di sekolah, siswa dituntut mampu menulis karya ilmiah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan kaidah tata bahasa baku bahasa Indonesia. Dengan demikian, siswa harus mampu menguasai dan memahami cara menulis karya ilmiah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Karya ilmiah memiliki peran yang penting bagi siswa karena untuk dapat mengikuti ujian nasional dan ujian praktik di sekolah siswa harus menyerahkan sebuah karya ilmiah yang ditulis secara individu.

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui bagaimanakah bahasa Indonesia dalam karya ilmiah siswa kelas III SMP Negeri 2 Sukodono. Secara khusus tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) perumusan judul karya ilmiah siswa kelas III SMP Negeri 2 Sukodono, (2) pengembangan paragraf karya ilmiah siswa kelas III SMP Negeri 2 Sukodono, (3) pengembangan kalimat karya ilmiah siswa kelas III SMP Negeri 2 Sukodono, (4) penggunaan pilihan kata karya ilmiah siswa kelas III SMP Negeri 2 Sukodono, (5) penggunan ejaan karya ilmiah siswa kelas III SMP Negeri 2 Sukodono, dan (6) penulisan daftar rujukan karya ilmiah siswa kelas III SMP Negeri 2 Sukodono.

Berdasarkan hasil analisis data, perumusan judul karya ilmiah siswa kelas III SMP Negeri 2 Sukodono bermacam-macam. Judul karya ilmiah sebagian besar siswa dirumuskan dalam bentuk frasa, tidak diakhiri dengan tanda titik, tidak mengandung singkatan, dan tidak terlalu panjang. Judul juga ada yang dirumuskan dalam bentuk frasa, tidak mengandung singkatan, tidak terlalu panjang, tetapi diakhiri dengan tanda titik. Sebagian besar judul sudah provokatif. Akan tetapi, ada juga yang kurang provokatif dan tidak provokatif. Sebagian besar judul telah menggambarkan isi karya ilmiah. Akan tetapi, ada juga yang kurang menggambarkan isi karya ilmiah bahkan ada yang tidak menggambarkan isi karya ilmiah.

Pengembangan paragraf karya ilmiah siswa kelas III SMP Negeri 2 Sukodono bermacam-macam. Seluruh pengembangan paragraf telah terfokus pada gagasan pokok. Sebagian besar kepaduan dalam sebuah paragraf saling bertalian secara logis dan padu. Akan tetapi, ada juga yang hanya sebagian kalimat yang saling bertalian secara logis dan padu. Sebagian besar dalam sebuah paragraf berisi kalimat-kalimat penjelas yang menunjang kejelasan gagasan pokok. Akan tetapi, ada juga yang hanya sebagian yang berisi kalimat-kalimat penjelas yang menunjang kejelasan gagasan pokok.

Pengembangan kalimat karya ilmiah siswa kelas III SMP Negeri 2 Sukodono bermacam-macam. Seluruh pengembangan kalimat kesatuan gagasan mengandung satu ide pokok. Kepaduan pengembangan kalimat sebagian besar terdapat hubungan timbal balik yang baik dan jelas antara unsur-unsur yang membentuk kalimat. Akan tetapi, ada juga yang hanya sebagian yang terdapat hubungan timbal balik yang baik dan jelas antara unsur-unsur yang membentuk kalimat. Kevariasian pengembangan kalimat seluruhnya telah dapat menganekaragamkan bentuk-bentuk bahasa. Kesejajaran pengembangan kalimat seluruhnya telah menggunakan bentuk-bentuk yang sama pada kata-kata yang paralel dan memiliki kesamaan bentuk atau imbuhan. Kehematan pengembangan kalimat sebagian telah menggunakan kata, frasa, atau bentuk lain yang dianggap tidak perlu. Akan tetapi, sebagian besar masih menggunakan kata, frasa, atau bentuk lain yang dianggap tidak perlu. Kelogisan pengembangan kalimat seluruhnya memiliki hubungan yang logis.

Penggunaan pilihan kata karya ilmiah siswa kelas III SMP Negeri 2 Sukodono bermacam-macam. Penggunaan pilihan kata karya ilmiah sebagian telah menggunakan kata-kata dalam bentuk baku. Akan tetapi, sebagian juga masih menggunakan sebagian kata-kata dalam bentuk tidak baku. Kelaziman pilihan kata karya ilmiah sebagian besar telah menggunakan kata atau istilah dalam bahasa Indonesia. Akan tetapi, sebagian juga masih menggunakan kata atau istilah dalam bahasa asing.

Penggunaan ejaan karya ilmiah siswa kelas III SMP Negeri 2 Sukodono bermacam-macam. Pemakaian huruf dalam karya ilmiah sebagian telah menggunakan huruf kapital yang sesuai. Akan tetapi, sebagian juga ada yang belum menggunakan huruf kapital yang sesuai. Penulisan kata karya ilmiah sebagian telah menggunakan penulisan kata yang sesuai dengan kata dasar, kata turunan, bentuk ulang, gabungan kata, dan partikel. Akan tetapi, sebagian juga masih belum menggunakan penulisan kata yang sesuai dengan kata dasar, kata turunan, bentuk ulang, gabungan kata, dan partikel. Ejaan karya ilmiah siswa sebagian telah menggunakan tanda baca yang sesuai dengan tanda titik, tanda koma, tanda hubung, tanda tanya, tanda seru, tanda petik, dan tanda garis miring. Akan tetapi, masih ada juga yang belum sesuai dengan tanda titik, tanda koma, tanda hubung, tanda tanya, tanda seru, tanda petik, dan tanda garis miring.

Penulisan daftar rujukan karya ilmiah siswa kelas III SMP Negeri 2 Sukodono bermacam-macam. Kecermatan penulisan daftar rujukan pada karya ilmiah sebagian telah ditulis pada naskah, daftar, dan tata cara penulisan benar. Sebagian daftar rujukan juga telah ditulis pada naskah dan daftar. Akan tetapi, tata cara penulisannya masih terdapat kesalahan. Kelengkapan penulisan daftar rujukan seluruhnya telah ditulis secara lengkap.