SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS SOAL LATIHAN DALAM BUKU TEKS BAHASA INDONESIA: "EKSPRESI DIRI DAN AKADEMIK" KELAS X TERBITAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN 2013

fretty fajarwati

Abstrak


ABSTRAK

 

Fajarwati, F. 2014. Analisis Soal Latihan dalam Buku Teks “Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan Akademik” Kelas X Terbitan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 2013. Skripsi, JurusanSastra Indonesia, FakultasSastra, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Widodo HS., M.Pd, (II) Dr. Kusubakti Andajani, M.Pd.

 

Kata Kunci: analisis, soal latihan,buku teks

Soal latihan adalah soal yang digunakan untuk melatihkan kompetensi berbahasa dan bersastra kepada siswa berdasarkan KI, KD, dan Indikator. Dalam hal ini, soal latihan yang dimaksud adalah soal-soal yang terdapat dalam buku teks “Bahasa Indonesia:  Ekspresi Diri dan Akademik Kelas X terbitan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013, yang berada di bawah sub judul ‘tugas’.

Penelitianinibertujuanuntuk mendeskripsikansoal-soal latihan yang terdapat dalam buku teks “Bahasa Indonesia:  Ekspresi Diri dan Akademik Kelas X terbitan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013. Soal latihan yang diteliti mencakup 3 hal, yaitu (1) bentuk soal latihan dan pengaplikasian KD dan Indikator berdasarkan KI 3 dan 4, (2) tingkat kesulitan soal latihan, dan (3) konteks soal latihan.

Jenispenelitian yang digunakanadalahdeskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif.Data  penelitianiniberupa dokumen/teks,yaitu soal-soal latihan yang berada di bawah sub judul ‘tugas’. Sumber data penelitianiniadalah buku teks “Bahasa Indonesia:  Ekspresi Diri dan Akademik Kelas X terbitan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013. Pengumpulan data dilakukandenganmenggunakanteknikdokumentasi.Instrumen yang digunakanberupatabelpengumpuldanpengolah data yang dikelompokkan berdasarkan bentuk soal latihan dan pengaplikasian KD dan Indikator berdasarkan KI 3 dan 4, tingkat kesulitan soal latihan, dan konteks soal latihan. Kegiatananalisis data dimulaidenganpenyeleksian data,pengklasifikasian data, penganalisisan dan pencocokan data, penginterpretasian data, serta penyimpulan data hasilanalisis.

Berdasarkanhasilanalisis data diperolehtigasimpulansebagaiberikut.Pertama, terkait bentuk soal latihan dan pengaplikasian KD dan Indikator berdasarkan KI 3 dan 4. Bentuk soal latihan yang terdapat dalam buku teks yang diteliti ada 2 jenis, yaitu (1) bentuk soal subjektif dan (2) bentuk soal objektif. Soal latihan subjektif berupa uraian yang terdiri dari (1) uraian terbatas  (restricted response) dan (2) uraian bebas (extended response). Sementara itu, soal latihan objektif yang ditemukan hanya ada 2 jenis, yaitu (1) pilihan ganda (multiple choice) dan (2) tes benar-salah (true-false), sedangkan soal objektif yang berupa tes menjodohkan (matching) tidak ditemukan. Selain bentuk soal objektif dan subjektif, juga ditemukan bentuk soal performansi dan portofolio.

Soal-soal latihan dalam BTBI merupakan penerapan dari KI 3 (membaca) dan KI 4 (menulis) berdasarkan Kurikulum 2013. Dalam KI 3 dan 4 terdapat beberapa KD dan Indikator yang harus dikuasai oleh siswa. Dalam buku teks, terdapat soal untuk melatih kemampuan bersastra. Kemampuan bersastra ini tidak tertulis dalam KD ataupun Indikator pada Kurikulum 2013 tetapi ditemukan pada soal latihan.

Kedua, terkait tingkat soal latihan. Keenam ranah kognitif taksonomi Bloom yang meliputi 6 tingkatan, yaitu (1) mengingat/C1, (2) memahami/C2, (3) menerapkan/C3, (4) menganalisis/C4, (5) mengevaluasi/C5, serta (6) membuat/C6 ditemukan pada soal-soal latihan dalam buku teks yang diteliti.

Ketiga, terkait konteks soal latihan. Dalam buku teks yang diteliti, konteks soal latihan yang ditemukan beragam. Kontekssoallatihanyang ditemukanmeliputi, (1) soaleksplorasiuntukmengarahkandanmenggalipengetahuandanpengalamansiswasebelummembacateks, (2) soalpemahamantentangisibacaan yang telahdibacadanmateripembelajaran, dan (3) soal yang menuntunsiswauntukmemproduksitekssecaramandiriatau pun kelompok.