SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEMBACA MEMINDAI MENGGUNAKAN STRATEGI MELUNCUR TEMBAK

ELFY RACHMANITA

Abstrak


ABSTRAK

 

Rachmanita, Elfy. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Membaca Memindai Menggunakan Strategi Meluncur Tembak. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Nurhadi, M.Pd, (II) Dwi Saksomo, M.Si.

 

Kata Kunci: bahan ajar, membaca memindai, startegi meluncur tembak.

 

Di zaman modern  ini, semua kegiatan dapat dilakukan dengan cepat, termasuk mengedarkan informasi. Berbagai informasi saat ini semakin mudah diakses karena semakin bervariasi dan canggihnya media informasi. Hasil-hasil penelitian serta kemajuan ilmu dan teknologi begitu cepat dipublikasikan dan disebarkan. Satu judul buku tentang suatu masalah yang menjadi perhatian kita belum sampai separuhnya dibaca sudah disusul judul buku baru. Oleh sebab itu, kecepatan informasi harus didukung dengan kecepatan membaca kita.

Salah satu keterampilan yang sangat kita butuhkan adalah membaca memindai, yakni membaca sangat cepat hanya untuk menemukan informasi yang ingin kita temukan. Untuk itulah, dikembangkan Bahan Ajar Membaca Memindai Menggunakan Strategi Meluncur Tembak.

Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan. Langkah-langkah dalam penelitian ini adalah(1) melakukan prapengembangan melakukan wawancara kepada guru, (2) melakukan pengembangan produk, (3) melakukan uji coba, dan (4) revisi. Uji produk dilaksanakan sebanyak tiga kali, yaitu uji ahli, uji praktisi, dan uji kelompok kecil siswa. Uji ahli dilakukan oleh Ibu Dr. Martutik, M.Pd., yang merupakan dosen Jurusan Sastra Indonesia di Universitas Negeri Malang. Uji Praktisi dilakukan oleh Ibu Drs. Titiek Hermiati, yang merupakan guru di SMA Negeri 5 Malang. Uji kelompok kecil siswa dilakukan oleh 10 orang siswa SMP dan SMA di Kota Malang, dalam hal ini dilakukan di organisasi kepemudaan yakni PAC IPNU (Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama’) dan IPPNU (Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama’) Blimbing Kota Malang.

Berdasarkan uji produk diperoleh hasil berikut. Rata-rata hasil uji bahan ajar kepada ahli bahan ajar sebesar 73%. Ahli juga memberikan saran dan komentar untuk penyempurnaan bahan ajar. Rata-rata uji bahan ajar kepada praktisi sebesar 74% dengan catatan untuk kesempurnaan bahan ajar. Rata-rata hasil uji bahan ajar kepada siswa sebesar 84,9%. Siswa juga memberikan saran dan komentar untuk perbaikan bahan ajar.

Hasil penelitian yang diperoleh berupa produk bahan ajar yakni Buku Latihan Membaca Memindai Menggunakan Strategi Meluncur Tembak. Strategi Meluncur Tembak dikembangkan berdasarkan prosedur membaca memindai yakni meluncur melewati banyak kata untuk mencari informasi yang dibutuhkan dan tembak saat pembaca menemukan informasi yang dicarinya. Buku ini berisikan tiga bagian yakni pembukaan, isi, penutup. Bagian pembukaan berisi kata pengantar, daftar isi, dan petunjuk penggunaan buku. Bagian isi terdiri dari tiga bagian, yakni Latih Diri, Uji Nyali, dan Introspeksi.Latih Diri membahas tentang pengetahuan membaca memindai. Bagian Latih Diri diawali dengan gambaran umum membaca memindai, dilanjutkan dengan latihan konsentrasi dan perbaikan percepatan gerakan mata. Latihan pada bagian ini terdiri dari latihan garis rambat, membaca arah panah, latihan awal meluncur tembak, dan latihan perluasan mata. Uji nyali berisi tentang praktek membaca memindai. Bagian ini diawali dengan prosedur membaca memindai, dan dilanjutkan dengan praktek langsung membaca memindai. Introspeksi berisi penilaian terhadap peningkatan kemampuan pembaca setelah mengerjakan latihan pada bagian Latih Diri dan Uji Nyali.Bagian penutup berisi tentang penulis.

Saran dari penelitian pengembangan ini adalah bahan ajar dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk mengembangkan keterampilan membaca memindai pembaca, khususya siswa SMP dan SMA. Bahan ajar ini berisi latihan yang bervariasi dan beragam sehingga memungkinkan siswa untuk meningkatkan keterampilan membaca memindai. Siswa dapat memanfaatkannya untuk meningkatkan pengusaan dan keterampilan membaca memindainya.