SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Apresiasi Dongeng Berbasis Multimedia Interakatif pada Siswa SMP

Yeti Puspita

Abstrak


ABSTRAK

 

Puspita, Yeti. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Apresiasi Dongeng Berbasis Multimedia Interakatif pada Siswa SMP. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Djoko Saryono, M.Pd., (2) Dr. Heri Suwignyo, M.Pd.

 

Kata kunci: media pembelajaran, apresiasi dongeng, multimedia interaktif

 

Salah satu kompetensi dasar dalam standar isi mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP, yaitu mengapresiasi dongeng yang diperdengarkan. Pembelajaran apresiasi dongeng memiliki berbagai manfaat, yaitu  dapat meningkatkan rasa kecintaan siswa terhadap apresiasi sastra dan dapat digunakan untuk mendidik anak karena di dalamnya mengajarkan beragam nilai-nilai moral. Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara yang dilakukan di SMP Negeri 1 Bantaran, pembelajaran apresiasi dongeng di sekolah selama ini masih dilakukan guru dengan metode ceramah. Apresiasi dongeng dilakukan guru dengan membacakan dongeng di depan kelas. Media yang digunakan dalam pembelajaran hanya buku teks dan LKS saja. Salah satu produk teknologi yang dapat digunakan sebagai inovasi dalam pembelajaran ini adalah program macromedia flash. Dengan macromedia flash ini, pembelajaran dapat lebih menarik karena program ini dapat menggabungkan berbagai teks, gambar, audio, dan video ke dalam satu perangkat pembelajaran.

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk multimedia interaktif pembelajaran apresiasi dongeng untuk siswa SMP kelas VII semester I. Langkah-langkah prosedural yang untuk mengembangkan media pembelajaran tersebut, yaitu (1) penelitian dan pengumpulan informasi awal, (2) perencanaan, (3) pengembangan draf produk, (4) pengembangan produk, (5) uji coba ahli dan guru, (6) revisi hasil uji coba, (7) uji coba lapangan, dan (8) revisi produk akhir. Uji coba produk dilakukan terhadap ahli materi, ahli media, guru, dan siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini berupa pedoman wawancara dan angket.

Media pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini berupa media pembelajaran apresiasi dongeng yang menggunakan program flash. Di dalam media terdapat materi, latihan, contoh, dan evaluasi yang disajikan secara lengkap. Di dalam media juga terdapat beragam audio dan video dongeng yang dapat digunakan dalam pembelajaran. Selain itu, media juga dilengkapi gambar, animasi, dan musik agar lebih menarik.

Hasil analisis penyajian materi dalam media memperoleh skor 94%, tampilan media memperoleh  skor 94,3%, aspek kebahasaan memperoleh skor 96,5%, dan kegiatan pembelajaran dalam media memperoleh skor 87,5%. Berdasarkan hasil analisis tersebut, produk media pembelajaran ini secara keseluruhan telah valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran apresiasi dongeng. Hasil penelitian dan pengembangan media ini diharapkan dapat memberikan manfaat khususnya pada pembelajaran apresiasi dongeng.