SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

BAHAN AJAR UNTUK PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF MELALUI MENULIS ESAI PADA SISWA KELAS X

Fitrotul Lutfi

Abstrak


ABSTRAK

 

Lutfi, Fitrotul. 2014. Bahan Ajar untuk Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif melalui Menulis Esai pada Siswa Kelas X. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Suyono, M. Pd., (2) Moch. Syahri, S.Sos., M.Si.

 

Kata Kunci: bahan ajar, berpikir kritis dan kreatif, menulis esai

 

Menulis merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari proses belajar siswa. Menulis merupakan suatu proses mental, yakni menuangkan ide-ide atau gagasan-gagasan ke dalam bentuk bahasa tulis. Pembelajaran menulis merupakan suatu kegiatan yang harus dilatihkan terus menerus kepada siswa. Pembelajaran menulis merupakan aktivitas yang memerlukan proses berpikir, mengumpulkan dan memilih gagasan, kemudian sampai pada tahap menuangkan gagasan. Bahan ajar menulis di setiap jenjang sekolah telah banyak dikembangkan. Akan tetapi, bahan ajar yang berbasis pendidikan berpikir kritis dan kreatif melalui menulis karangan argumentasi masih belum dikembangkan. Penelitian pengembangan ini bertujuan mengembangkan bahan ajar menulis karangan argumentasi dengan pengembangan kemampuan berpikir kritis dan kreatif.

Penelitian ini menggunakan desain penelitian dari model pengembangan Borg dan Gall. Tahap pengembangan meliputi tiga tahap, yakni tahap prapengembangan, tahap pengembangan, dan tahap uji coba produk. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data angka dan data verbal, baik data verbal tertulis maupun data verbal lisan. Data angka diperoleh dari skor yang diberikan oleh ahli penulisan buku ajar, ahli pengajaran menulis karangan argumentasi, guru, dan siswa. Data verbal diperoleh dari angket dan komentar dari sumber data. Sumber data dalam penelitian ini adalah ahli penulisan bahan ajar, ahli pengajaran menulis karangan argumentasi, guru, dan siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa pedoman wawancara yang digunakan untuk mengumpulkan data dari guru, angket karakteristik siswa yang digunakan dalam tahap prapengembangan, dan format penilaian bahan ajar yang digunakan pada tahap uji coba produk. Analisis dalam penelitian ini adalah dengan cara (1) mengumpulkan data verbal tertulis, (2) menghimpun, menyeleksi, dan mengklasifikasikan data berdasarkan subjek uji, dan (3) menganalisis, dan  (4) menyimpulkan hasil analisis.

Penelitian ini menghasilkan bahan ajar yang berjudul Kritis dan Kreatif Menulis Esai. Bahan ajar ini berisi materi tentang esai, langkah-langkah menulis esai, struktur esai, dan latihan menulis esai. Bahan ajar ini menggunakan bahasa ragam formal yang komunikatif. Sebagai langkah pemanfaatan produk hasil pengembangan, disarankan siswa menggunakan bahan ajar ini dalam pembelajaran menulis esai, mencermati setiap langkah-langkah pembelajaran, dan menanyakan kepada guru jika ada yang tidak dimengerti. Guru disarankan untuk menggunakan bahan ajar ini sebagai panduan dalam pembelajaran menulis esai. Langkah-langkah pengembangan yang dilakukan pada penelitian ini dapat dijadikan acuan dalam pengembangan bahan ajar yang lain.