SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Bahan Ajar Kreasi dan Resepsi Puisi untuk Siswa SMP Kelas VII

Pandu Meidian Pratama

Abstrak


ABSTRAK

 

Pratama, Pandu Meidian. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Kreasi dan Resepsi Puisi Untuk Siswa SMP Kelas VII. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Djoko Saryono, M.Pd, (2) Dr. Heri Suwignyo, M.Pd.

 

Kata kunci:    pengembangan bahan ajar, kreasi dan resepsi puisi, pembelajaran puisi.

 

Terdapat lima kompetensi dasar puisi pada standar isi kurikulum KTSP. Empat dari lima kompetensi dasar yang ada dalam standar isi antara lain menulis kreatif puisi berkenaan dengan keindahan alam, membaca indah puisi, menanggapi cara pembacaan puisi, dan merefleksikan isi puisi yang dibacakan. Kegiatan pembelajaran puisi merupakan kegiatan yang yang harus terus menerus dikembangkan, karena pembelajaran puisi masih kurang berjalan baik karena kurangnya fasilitas yang mendukung dan tidak sesuainya strategi pembelajaran yang dipilih. Untuk menyikapi hal tersebut, solusi yang ditawarkan adalah mengembangkan bahan ajar kreasi dan resepsi puisi untuk siswa SMP Kelas VII.

Pengembangan bahan kreasi dan resepsi puisi perlu dilakukan, karena berbagai pertimbangan, yang pertama karena rendahnya kualitas pengajaran di sekolah, kedua adalah faktor pendidik, karena pendidik merupakan ujung tombak dalam tercapainya sebuah kompetensi dasar, dan yang ketiga adalah berkembangnya dunia teknologi yang tumbuh sangat cepat dan pesat sehingga sebagai seorang pendidik harus memanfaatkan teknologi sebagai sumber belajar yang baru bagi peserta didik.

Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan bahan ajar kreasi dan resepsi puisi untuk siswa kelas VII SMP, untuk meningkatkan kegiatan pembelajaran puisi bagi siswa SMP kelas VII semester II. Adapun tujuan khusus dalam penelitian ini adalah dapat dikembangkannya Isi, bahasa, tampilan, dan penyajian modul pembelajaran kreasi dan resepsi puisi bagi siswa SMP kelas VII semester II.

Penelitian ini menggunakan metode recursive, reflective, design, and development (R2D2). Secara garis besar, model pengembangan R2D2 terdiri atas tiga fokus pengembangan, yaitu (1) define focus, (2) design and development focus, dan (3) dissemination focus. Data dalam penelitian ini terdiri atas data verbal dan nonverbal. Data verbal berupa komentar dan saran secara lisan dan tulisan dari para ahli dan praktisi, sedangkan data nonverbal berupa skor penilaian ahli dan praktisi.

Rata-rata hasil skor penilaian praktisi terhadap modul kreasi dan resepsi puisi sebesar 93,83%. Rata-rata penilaian ahli terhadap modul kreasi dan resepsi puisi sebesar 86,45%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul kreasi dan resepsi puisi ini sangat layak digunakan oleh guru dan siswa untuk meningkatkan kualitas pembelajaran puisi di sekolah.

Bahan ajar kreasi dan resepsi puisi untuk siswa SMP kelas VII meliputi kompetensi dasar (1) menulis kreatif puisi berkenaan dengan keindahan alam, (2) membaca indah puisi, (3) menanggapi cara pembacaan puisi, dan (4) merefleksikan isi puisi yang dibacakan. Sistematika penyajian bahan ajar kreasi dan resepsi puisi untuk siswa SMP kelas VII meliputi bagian pendahuluan, bagian isi, dan bagian penutup.

Pada bagian pendahuluan, modul pembelajaran menulis kreatif puisi tersebut berisi: (1) sampul, (2) kata pengantar, (3) daftar isi, (4) sajian kompetensi dasar, dan (5) petunjuk penggunaan modul. Pada bagian isi, modul pembelajaran menulis kreatif puisi tersebut berisi: (1) kompetensi dasar yang diajarkan, (2) materi dalam kompetensi dasar yang diajarkan, (3) materi. Pada bagian penutup terdiri atas dua komponen yaitu (1) daftar pustaka dan (2) biodata penulis. Komponen pada setiap kompetensi dasar yang diajarkan terdiri atas empat komponen, antara lain (1) uraian teori dan contoh, (2) latihan, (3) rangkuman, dan (4) uji keterampilan.