SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Strategi Memahami Teks Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI-IA4 SMA Negeri 6 Madiun

Nunung Yuni Irmawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Irmawati, Nunung Yuni. 2014. Strategi Memahami Teks Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI-IA4 SMA Negeri 6 Madiun. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Imam Suyitno, M.Pd., (2) Dra. Hj. Ida Lestari, M.Si.

 

Kata Kunci: strategi memahami teks, menyimpulkan isi teks, pembelajaran membaca

 

Membaca merupakan kegiatan yang penting. Membaca sebagai keterampilan penting dimiliki siswa agar dapat memahami teks bacaan. Keberhasilan studi siswa salah satunya ditentukan oleh kemampuan membaca yang dapat dilihat dari kemampuan memahami teks bacaan. Oleh sebab itu, diperlukan strategi yang memudahkan siswa dalam memahami teks bacaan.

Penelitian ini secara umum bertujuan mendeskripsikan strategi yang digunakan oleh siswa dalam memahami teks bahasa Indonesia. Secara khusus, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi memahami teks bahasa Indonesia yang digunakan oleh siswa dalam menyimpulkan isi teks, menemukan tujuan penulis, menilai pernyataan, dan menilai hubungan antaride dalam teks bahasa Indonesia.

Pendekatan yang digunakan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah lembar jawaban tes siswa kelas XI-IA4 SMA Negeri 6 Madiun dan lembar hasil observasi. Data penelitian ini adalah paparan nonverbal tentang strategi yang digunakan siswa dalam memahami teks bahasa Indonesia. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik tes dan observasi. Instrumen yang digunakan dalam proses pengumpulan data adalah (1) perintah dan petunjuk pengerjaan tes dan (2) pedoman observasi. Analisis data dilakukan dengan tahapan (1) mengidentifikasi, (2) mengelompokkan, (3) menjabarkan, dan (4) menyajikan data hasil penelitian.

Berdasarkan hasil analisis data diperoleh empat simpulan. Pertama, ada dua belas strategi yang digunakan oleh siswa dalam menyimpulkan isi teks. Dua belas strategi tersebut adalah strategi (1) membaca dari awal sampai akhir teks, (2) melihat judul dan membaca beberapa baris awal, (3) membaca sebagian dari masing-masing paragraf, (4) membuat ikhtisar, (5) menggarisbawahi atau menandai kata-kata atau bagian penting, (6) membaca cepat teks, (7) menggunakan pengetahuan umum dan asosiasi, (8) menebak jawaban tanpa pertimbangan tertentu, (9) membaca ulang teks, (10) berhenti pada pilihan yang tepat atau tidak kembali ke teks, (11) menggunakan pilihan panjang-pendek, dan (12) bertanya pada teman. Dari dua belas strategi tersebut, tidak seluruh strategi digunakan oleh setiap siswa. Selain itu, strategi yang dominan digunakan oleh siswa dalam menyimpulkan isi teks bahasa Indonesia adalah strategi membaca dari awal sampai akhir teks bacaan dan strategi membaca teks secara cepat.

Kedua, terdapat sebelas strategi yang digunakan oleh siswa dalam menemukan tujuan penulis. Sebelas strategi tersebut yaitu strategi (1) membaca dari awal sampai akhir teks, (2) menebak dari judul, (3) membaca sebagian dari masing-masing paragraf, (4) menggarisbawahi atau menandai kata-kata atau bagian penting, (5) membaca cepat teks, (6) menggunakan pengetahuan umum dan asosiasi, (7) membaca ulang teks, (8) berhenti pada pilihan yang tepat atau tidak kembali ke teks, (9) menggunakan pilihan panjang-pendek, (10) menebak jawaban tanpa pertimbangan tertentu, dan (11) bertanya pada teman. Dari sebelas strategi tersebut, tidak seluruh strategi digunakan oleh setiap siswa. Selain itu, siswa dominan menggunakan strategi membaca dari awal sampai akhir teks bacaan untuk menemukan tujuan penulis dalam teks bahasa Indonesia.

Ketiga, ada sepuluh strategi yang digunakan oleh siswa dalam menilai pernyataan dalam teks. Kesepuluh strategi yang digunakan oleh siswa adalah strategi (1) membaca dari awal sampai akhir teks, (2) menggarisbawahi atau menandai kata-kata atau bagian penting, (3) menggunakan pengetahuan umum dan asosiasi, (4) menebak jawaban tanpa pertimbangan tertentu, (5) membaca ulang teks, (6) berhenti pada pilihan yang tepat atau tidak kembali ke teks, (7) menggunakan pilihan panjang-pendek, (8) memilih perkecualian, (9) bertanya pada teman, dan (10) menandai pilihan jawaban. Dari sepuluh strategi tersebut, tidak seluruh strategi digunakan oleh setiap siswa. Selain itu, strategi yang dominan digunakan oleh siswa dalam menilai pernyataan dalam teks bahasa Indonesia adalah strategi membaca dari awal sampai akhir teks bacaan dan strategi memilih perkecualian.

Keempat, ada sembilan strategi yang digunakan oleh siswa dalam menilai hubungan antaride dalam teks. Sembilan strategi yang tersebut yaitu strategi (1) menggarisbawahi atau menandai kata-kata atau bagian penting, (2) menggunakan pengetahuan umum dan asosiasi, (3) menebak jawaban tanpa pertimbangan tertentu, (4) membaca ulang teks, (5) berhenti pada pilihan yang tepat atau tidak kembali ke teks, (6) menggunakan pilihan panjang-pendek, (7) memilih perkecualian,  (8) bertanya pada teman, dan (9) strategi lain yaitu membaca ulang teks yang ditunjuk oleh pertanyaan. Dari sembilan strategi tersebut, tidak seluruh strategi digunakan oleh setiap siswa. Selain itu, siswa dominan menggunakan strategi membaca ulang teks yang ditunjuk oleh pertanyaan dalam menilai hubungan antaride dalam teks bahasa Indonesia.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi memahami teks bahasa Indonesia yang digunakan oleh masing-masing siswa kelas XI-IA4 SMA Negeri 6 Madiun beragam. Dari berbagai strategi yang digunakan oleh siswa, terdapat strategi yang dinilai kurang efektif menurut ahli. Oleh karena itu, guru Bahasa Indonesia yang hendak menggunakan hasil temuan penelitian ini dalam kegiatan pembelajaran membaca disarankan untuk memberikan pengarahan yang intensif pada siswa tentang strategi-strategi yang efektif dalam memahami teks bahasa Indonesia. Bagi peneliti selanjutnya yang hendak melakukan penelitian sejenis disarankan untuk meneliti pengaruh penggunaan strategi memahami teks terhadap kemampuan siswa dalam memahami teks bahasa Indonesia karena hasil penelitian ini terbatas pada potret strategi-strategi yang digunakan oleh siswa dalam usaha memahami teks bahasa Indonesia.