SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Ragam Kesalahan dalam Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII SMPN 3 Malang Tahun Pelajaran 2013/2014

Ilma Muliasari

Abstrak


ABSTRAK

 

Muliasari, Ilma. 2014. Ragam Kesalahan dalam Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII SMPN 3 Malang Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Imam Suyitno, M.Pd, (II) Dra. Ida Lestari, M.Si.

 

Kata Kunci: teks laporan hasil observasi, kesalahan struktur isi, kesalahan penggunaan diksi, kesalahan pengembangan kalimat, kesalahan ejaan

 

Teks laporan hasil observasi adalah teks yang menyampaikan informasi tentang sesuatu secara apa adanya sebagai hasil pengamatan dan analisis secara sistematis. Pengajaran Bahasa Indonesia untuk kelas VII tahun pelajaran 2013/2014 menggunakan kurikulum 2013. Kurikulum 2013 baru diterapkan pada tahun pelajaran 2013/2014 sehingga belum ada penelitian yang meneliti tentang teks laporan hasil observasi. Identifikasi kesalahan dalam teks laporan hasil observasi siswa ini diharapkan mampu memberikan pembelajaran positif bagi siswa, khususnya dalam hal menulis.

Permasalahan dalam penelitian ini ada empat, yaitu (1) ragam kesalahan dalam struktur isi teks laporan hasil observasi, (2) ragam kesalahan dalam penggunaan diksi teks laporan hasil observasi, (3) ragam kesalahan dalam pengembangan kalimat teks laporan hasil observasi, dan (4) ragam kesalahan dalam ejaan teks laporan hasil observasi. Keempat rumusan tersebut diharapkan mampu memberikan gambaran mengenai ragam kesalahan siswa dalam menulis teks laporan hasil observasi.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif  dengan desain deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII.3 di SPMN 3 Malang. Data penelitian ini adalah teks laporan hasil observasi. Teks laporan hasil observasi diperoleh dari tes menulis teks laporan hasil observasi. Dalam tes menulis tersebut, peneliti menyediakan perintah dan petunjuk penulisan. Teks laporan hasil observasi yang dijadikan sebagai data penelitian adalah teks laporan hasil observasi yang memenuhi persyaratan yang tertera dalam perintah dan petunjuk penulisan. Setelah dilakukan reduksi data, dari 32 teks laporan hasil observasi siswa diperoleh 27 karangan yang layak dijadikan sebagai data penelitian. Teks laporan hasil observasi tersebut dianalisis menggunakan Pedoman Analisis Teks Laporan Hasil Observasi, kemudian hasil analisis dimasukkan dalam Format Analiasis Teks Laporan Hasil Observasi.

Setelah teks laporan hasil observasi siswa dianalisis, diperoleh paparan mengenai ragam kesalahan dalam teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMPN 3 Malang Tahun Pelajaran 2013/2014 berdasarkan permasalahan yang telah dirumuskan. Hasil dari penelitian yang telah dilakukukan adalah (1) dalam teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMPN 3 Malang terdapat tiga jenis kesalahan pengembangan struktur isi teks, yaitu kesalahan dalam mengembangkan judul, kesalahan dalam klasifikasi umum, dan kesalahan dalam deskripsi; (2) dalam teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMPN 3 Malang terdapat empat jenis kesalahan penggunaan diksi, yaitu penggunaan diksi tidak memiliki kesejajaran bentuk, penggunaan diksi tidak sesuai dengan topik, penggunaan diksi tidak sesuai dengan makna, dan penggunaan diksi tidak sesuai dengan struktur kalimat; (3) dalam teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMPN 3 Malang terdapat lima jenis kesalahan pengembangan kalimat, yaitu penggunaan kalimat tidak lengkap, penggunaan kalimat tidak logis, penggunaan kalimat tidak hemat, penggunaan kalimat rancu, dan penggunaan kalimat ambigu; dan (4) dalam teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMPN 3 Malang terdapat delapan jenis kesalahan dalam menggunakan ejaan, yaitu kesalahan penggunaan tanda titik, tanda koma, tanda hubung, tanda seru, tanda kurung, huruf kapital, awalan, dan preposisi.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti menyarankan kepada siswa untuk lebih berhati-hati dalam menulis dan memperhatikan ciri dari struktur isi teks, penggunaan diksi, pengembang kalimat, serta ejaan dalam teks laporan hasil observasinya. Oleh karena itu, bagi guru seharusnya memberikan pemahaman yang lebih kepada siswa mengenai kalimat efektif, ejaan, dan pemilihan diksi yang tepat dalam suatu teks, khususnya teks laporan hasil observasi. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan mencari rumusan yang lebih menarik dan lebih spesifik dari pada penelitian ini sehingga diperoleh hasil penelitian yang berbeda dan lebih mendalam.