SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Tuturan Kalimat Anak TK Wahid Hasyim Bangil Berdasarkan Perspektif Linguistik.

Nur Dwi Anggraenni

Abstrak


ABSTRAK

 

Anggraenni, Nur Dwi. 2014. Tuturan Kalimat Anak TK Wahid Hasyim Bangil Berdasarkan Perspektif Linguistik. Skripsi. Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Widodo H.S, M.Pd, (II) Dra. Ida Lestari, M.Si

 

Kata Kunci: kalimat, anak TK, perspektif linguistik

 

Bahasa adalah alat penyampai pesan sekaligus alat komunikasi. Saat seorang anak mampu mengucapkan bahasa dengan baik dan benar, maka secara langsung anak tersebut mampu menguasai kalimat dan tata bahasanya. Penguasaan kalimat oleh anak prasekolah memang tidak serumit kalimat yang diucapkan oleh orang dewasa. Kalimat yang diucapkan cenderung sederhana, namun jika diamati lebih lanjut maka kalimat tersebut sudah lengkap strukturnya. Berdasarkan hal tersebut penelitian tentang kalimat khususnya tentang bentuk, struktur, dan fungsi kalimat ini dilakukan.

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tentang penggunaan kalimat yang diujarkan oleh anak-anak TK Wahid Hasyim Bangil. Secara rinci, kalimat anak-anak TK akan dideskripsikan bentuk kalimat berdasarkan jumlah klausa dan kategori frasa yang menjadi predikat, struktur kalimat berdasarkan urutan S dan P serta kelengkapan struktur inti, dan fungsi kalimat berdasarkan situasi. Manfaat dari penelitian ini adallah mampu memberikan informasi tentang perkembangan bahasa anak dan mendeskripsikan tentang bentuk, struktur, dan fungsi kalimat yang digunakan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori-teori linguistik, khususnya sintaksis mengenai bentuk, struktur, dan fungsi kalimat.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif yang mendeskripsikan data-data linguistik yang berupa kalimat anak TK untuk dianalisis secara sintaksis bentuk, struktur, dan fungsinya. Lokasi dari penelitian ini adalah TK Wahid Hasyim Bangil dengan subjek penelitian sebanyak 3—5 siswa TK kelas B. Data penelitian berupa tuturan kalimat anak-anak TK yang di dapatkan dari sumber data berupa rekaman video dan catatan lapangan. Instrumen penelitian berupa alat perekam, panduan observasi, dan pedoman analisis data. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan cara teknik simak yang dipilah menjadi dua bagian yaitu observasi dengan teknik simak libat cakap  dan perekaman(teknik rekam). Analisis data linguistik tentang bentuk, struktur, dan fungsi kalimat dalam penelitian ini berdasarkan analisis bentuk, struktur, dan fungsi kalimat Sumadi (2009). Analisis data dilakukan dengan cara transkrip data secara ortografis, reduksi data, pengkodean, kategorisasi data, penjelasan data, dan penyimpulan, sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara ketekunan pengamat dan trianggulasi.

Hasil penelitian yang didapatkan antara lain: a) berdasarkan struktur intern, penggunaan kalimat lengkap dan kalimat tak lengkap hampir seimbang, b) berdasarkan urutan S dan P, anak TK lebih banyak menggunakan kalimat susun tertib, c) dari bentuk kalimat berdasarkan jumlah klausa, kalimat tunggal lebih banyak digunakan dari kalimat majemuk. Kalimat majemuk yang digunakan adalah kalimat majemuk setara dan kalimat majemuk tidak setara, d) berdasarkan pembentukan P, anak TK lebih banyak menggunakan kalimat verba, kemudian nomina, adjektiva, numeralia, dan proposisiona, e) fungsi kalimat berdasarkan situasi, anak Tk lebih banyak menggunakan kalimat berita, kemudian kalimat tanya, kalimat perintah, dan kalimat seru.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah anak-anak TK telah mampu mengujarkan kalimat dengan baik dari segi kesantunan namun belum terlalu sempurna dari segi sintaktik. Kalimat-kalimat yang diucapkan pun masih sederhana dengan struktur S-P. Berdasarkan kesimpulan tersebut disarankan kepada pendidik atau guru Tk dan orang tua untuk melatih dan mengajari anak agar mampu berbicara dengan fungsi bahasa yang tepat serta mampu mengucapkan kalimat dengan bentuk dan struktur yang baik pula.