SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Alat Penilaian Membaca Pemahaman Teks Eksplanasi dan Eksposisi Siswa Kelas X SMA

MIFTAKHUL JANNAH

Abstrak


ABSTRAK

 

Jannah, Miftakhul. 2014. Pengembangan Alat Penilaian Membaca Pemahaman Teks Eksplanasi dan Eksposisi Siswa Kelas X SMA. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Imam Agus Basuki, M.Pd., (II) Dr. Titik Harsiati, M.Pd.

 

Kata kunci: alat penilaian, membaca pemahaman, teks eksplanasi, teks eksposisi

 

Dalam pembelajaran bahasa Indonesia, usaha yang dapat ditempuh guru untuk mengetahui kemampuan siswa adalah dengan melakukan penilaian. Penilaian yang dilakukan harus tepat agar mampu mengukur kemampuan siswa yang sesungguhnya. Oleh karena itu, diperlukan alat penilaian yang layak untuk mengukur kemampuan siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia.

Pengembangan alat penilaian ini disesuaikan dengan Kurikulum 2013. Penerapan kurikulum tersebut masih tergolong baru dan belum banyak alat penilaian yang dikembangkan sesuai dengan kurikulum tersebut.Selain itu, banyak ditemukan butir-butir soal tanpa kunci jawaban dan pedoman penilaian yang jelas seperti butir-butir soal dalam beberapa buku latihan siswa untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia.Dengan demikian, perlu dikembangkan alat penilaian membaca pemahaman untuk menghasilkan produk alat penilaian yang mudah digunakan oleh siapa saja untuk mengukur kemampuannya.

Penelitian ini menghasilkan alat penilaian membaca pemahaman teks eksplanasi dan teks eksposisi siswa kelas X SMA. Tujuan khusus penelitian ini adalah menghasilkan alat penilaian yang layak dari aspek validitas isi, validitas konstruk, reliabilitas, keterbacaan dan kepraktisan.

Metode penelitian ini diadaptasi dari model penelitian dan pengembangan Borg dan Gall. Dalam penelitian ini terdapat empat tahap prosedur pengembangan, yaitu (1) perencanaan, (2) pengembangan produk, (3) uji produk, dan (4) revisi. Untuk mengetahui kelayakan produk, dilakukan uji kepada ahli evaluasi, ahli materi, praktisi (guru bahasa Indonesia), dan siswa kelas X SMA. Jenis data dalam penelitian ini adalah data verbal dan data nominal. Data verbal berupa saran dan komentar yang dituliskan dalam lembar angket ketika dilaksanakan uji produk. Data nominal berupa skor uji validasi dan skor uji lapangan.

Instrumen penelitian ini adalah pedoman wawancara untuk praktisi, tabel telaah kurikulum dan teori, tabel analisis buku siswa, tabel telaah penelitian terdahulu, dan angket untuk ahli I dan praktisi, angket untuk ahli II, serta angket untuk siswa. Data prapengembangan dianalisis dengan cara mendeskripsiskan secara keseluruhan data. Data uji produk dianalisis dengan cara memilah data yang berupa data verbal dan data nominal. Data nominal dihitung dengan menggunakan rumus untuk menghitung persentase. Selanjutnya, merumuskan simpulan analisis sebagai dasar untuk melakukan tindak lanjut terhadap produk yang dikembangkan.

Hasil uji produk soal pilihan ganda diperoleh rata-rata validitas isi sebesar 92,5%, validitas konstruk sebesar 90%, reliabilitas sebesar 1,00, keterbacaan dan kepraktisan sebesar 84,4%. Uji produk terhadap soal uraian diperoleh rata-rata validitas isi sebesar 92,5%, validitas konstruk sebesar 87,5%, reliabilitas sebesar 0,78, keterbacaan dan kepraktisan sebesar 85,4%. Hasil uji produk menunjukkan bahwa produk tergolong sangat layak dan siap diimplementasikan.

Produk yang telah dikembangkan dapat dimanfaatkan guruuntuk menilai kemampuan siswa dalam membaca pemahaman. Bagi peneliti lain, produk tersebut dapat digunakan sebagai pertimbangan dan sumber bacaan untuk mengembangkan alat penilaian pembelajaran bahasa Indonesia dengan Kompentensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) yang lain. Selain itu,dapat dikembangkan pula alat penilaian membaca pemahaman teks eksplanasi dan teks eksposisi siswa kelas X SMA dengan variasi tes yang berbeda.

 

 

ABSTRACT

 

Jannah, Miftakhul. 2014. Development Instrument Assessment of Reading Comprehension Explanatory Text and Exposition of 10th Grade High School Students. Minithesis, Departement of Indonesian Letters,Faculty of Letters. State University of Malang. Preceptors: (I) Dr. H. Imam Agus Basuki, M.Pd., (II) Dr. Titik Harsiati, M.Pd.

 

Keywords: instrument assessment, reading comprehension, explanatory text, exposition text

 

In learning Indonesian, efforts that can be taken to determine the ability of teachers to students is assessed. Assessment should be done right to be able to measure the ability of students actually. Therefore, it’s required proper assessment tools to measure student’s abilities in learning Indonesian.

The development of this assessment is adapted to the Curriculum in 2013. The implementation of the curriculum is still relatively new and not many assessments are developed in accordance with the curriculum. Moreover, there are found those items without an answer key and a clear assessment guidelines such as those items in the student workbook for Indonesian Language. Thus, it need to develop reading comprehension assessment to produce an assessment that is easy to be used by anyone for measuring the ability.

This research produces a reading comprehension assessment explanatory text and exposition text 10th grade high school students. The specific objectives of this research is produce reasonable instrument assessment from aspect content validity, construct validity, reliability, legibility, and practicality.

The research method was adapted from a model research and development Borg and Gall. In this research there are four stages of research and development procedures, that is (1) planning, (2) developing  product, (3) testing, and (4) revision. To determine the feasibility of the product, test to the expert evaluator, matter specialist, practitioner or teacher Indonesian, and 10th grade high school students. The types of data collected on this development activity is verbal data and nominal data. Verbal data in the form of suggestions and comments are written in a questionnaire sheet when implemented to the product test. Nominal data is a validation test scores and test score field.

This is a research instrument interview guides for practitioners,chart review of curriculum and theory,table analysis of the student book,chart review of previous research,and questionnaires to experts I and practitioners, questionnaires to experts II, and a questionnaire for students. Data was analyzed by means of pre-development describes the overall data.Product test data were analyzed by means of sorting the data in the form of verbal data and nominal data. Nominal data was calculating use formula rate. Then, formulate conclusions of analysis as a basis for further actions against products developed.

Test product of the question multiple choice content validity were obtained for 92,5%, construct validity by 90%, reliability 1,00, legibility and practicality at 84,4%. Test Product of the question description obtained an average at 92,5% content validity, construct validity 87,5%, reliability 0,78, legibility and practicality at 85,4%. Results of assessment reading comprehension test shows that the product is classified as very worthy and ready to be implemented.

Products that have been developed can be used to assess the ability of the student teachers in reading comprehension. For other researchers, it can be used as consideration and source of reading to develop learning assessment tools Indonesian with the Core Competency and Basic Competence else.Moreover, it could also be developed reading comprehension assessment explanatory text and exposition text tenth grade students High School with different variations of the test.