SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS PUISI BERBASIS MASALAH UNTUK SISWA SMP KELAS VIII

Erni Retnosari

Abstrak


ABSTRAK

 

Retnosari, Erni. 2014.  Pengembangan Bahan Ajar Menulis Puisi Berbasis Masalah untuk Siswa SMP Kelas VIII.  Skripsi, Jurusan Sastra  Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr.Muakibatul Hasanah, M.Pd., (II) Dr. Nita Widiati, M.Pd.

 

Kata kunci: bahan ajar, menulis puisi, pengajaran berbasis masalah

      

Pengembangan bahan ajar menulis puisi ini didasari oleh kebutuhan terhadap bahan ajar yang mempermudah siswa dalam menulis puisi. Menulis puisi tidak hanya menuangkan ide atau gagasan ke dalam bentuk tulisan dan berbentuk bait-bait, namun dalam menulis puisi, diperlukan suatu gambaran konteks yang diwakili dalam baris-baris tulisan dan memiliki makna yang tepat.Menulis puisi bebas merupakan salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh siswa kelas VIII SMP. Saat menulis puisi siswa sulit mengawali tulisan dan sulit meneruskan tulisan karena kehabisan kata-kata. Oleh karena itu, pengembangan bahan ajar menulis puisi berbasis masalah perlu dilakukan untuk menunjang pembelajaran menulis puisi.Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah mengembangkan isi, sistematika penyajian, penggunaan, dan tampilan bahan ajar menulis puisi berbasis masalah untuk siswa SMP kelas VIII.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dan pengembangan. Model pengembangan yang digunakan dalam  penelitian pengembangan ini adalah modifikasi model pengembangan Borg dan Gall. Berdasarkan modifikasi tersebut berikut prosedur pengembangan bahan ajar menulis puisi berbasis masalah untuk siswa SMP kelas VIII, meliputi (1) penelitian dan pengumpulan informasi awal, (2) perencanaan dan pengembangan draf produk, (3) validasi ahli, (4) revisi produk yang telah divalidasi tim ahli, (5) uji coba kelompok kecil/skala terbatas, (6) revisi produk akhir, dan (7) produk akhir.

Instrumen yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah pedoman wawancara dan angket. Pedoman wawancara digunakan untuk mengumpulkan informasi awal terkait pembelajaran menulis puisi di sekolah dan angket digunakan untuk menganalisis kebutuhan siswa dan untuk menilai kelayakan produk berdasarkan penilaian kelayakan oleh ahli.

Hasil validasi aspek isi menurut ahli materi mendapat rata-rata persentase kelayakan 87% yang berarti sangat layak dan dapat diimplementasikan,ahli pembelajaran 92,86% berarti sangat layak dan dapat diimplementasikan,dan guru bahasa Indonesia 100% berarti sangat layak dan dapat diimplementasikan. Rata-rata persentase hasil validasi kelayakan isi yaitu 93,45% yang berarti pengembangan isi bahan ajar dinilai sangat layak dan dapat diimplementasikan.

Hasil validasi aspek sistematika penyajian menurut ahli materi mendapat rata-rata persentase kelayakan 87% yang berarti sangat layak dan dapat diimplementasikan,ahli pembelajaran 75% yang berarti layak dan dapat diimplementasikan dengan revisi sebagian berdasarkan saran dan komentar, dan guru bahasa Indonesia 100% berarti sangat layak dan dapat diimplementasikan. Rata-rata persentase hasil validasi kelayakan sistematika penyajian yaitu 87,5%yang berarti pengembangan sistematika penyajian bahan ajardinilai sangat layak dan dapat diimplementasikan.

Hasil validasi aspek penggunaan bahasa menurut ahli materi mendapat rata-rata persentase kelayakan 91,67% yang berarti sangat layak dan dapat diimplementasikan,ahli pembelajaran 75% berarti layak dan dapat diimplementasikan dengan revisi sebagiansesuai saran dan komentar, dan guru bahasa Indonesia 83,33% berarti layak dan dapat diimplementasikan dengan revisi sebagian sesuai saran. Rata-rata persentase hasil validasi kelayakan penggunaan bahasa yaitu 86,25% yang berarti pengembangan penggunaan bahasa dalam bahan ajar dinilai sangat layak dan dapat diimplementasikan.

Hasil validasi aspek tampilan menurut ahli materi mendapat rata-rata persentase kelayakan 91,67% yang berarti sangat layak dan dapat diimplementasikan,ahli pembelajaran 83,33% berarti layak dan dapat diimplementasikan dengan revisi sebagiansesuai saran dan komentar, dan guru bahasa Indonesia 83,33% berarti layak dan dapat diimplementasikan dengan revisi sebagian sesuai saran dan komentar. Rata-rata persentase hasil validasi kelayakan tampilan yaitu 87,26% yang berarti pengembangan tampilan bahan ajar dinilai sangat layak dan dapat diimplementasikan.

Hasil uji kelompok kecil menunjukkan bahwa siswa dapat mengikuti tahapan menulis puisi berbasis masalah. Hasil karya siswa tersebut membuktikan keterbacaan bahan ajar dan keterpahaman materi yang disajikan dalam bahan ajar, sehingga penyampaian materi, latihan, dan perintah kerja dapat dipahami siswa dengan baik.

Simpulan dari penelitian ini yaitu aspekisi, sistematika penyajian, penggunaan bahasa, dan tampilan bahan ajar menulis puisi berbasis masalahuntuk siswa SMP kelas VIII tergolong layak, dan kepada guru disarankan untuk menggunakan bahan ajar ini dalam pembelajaran menulis puisi bebas.

ABSTRACT

 

Retnosari, Erni. 2014. The Development of Teaching Materials Writing Poetry Problem Based forEighth Grade Student in Junior High School. S1 Thesis, Indonesian LiteratureMajor, Faculty of Letters, State University of Malang. Advisors: (I) Dr. Muakibatul Hasanah, M.Pd., (II) Dr. Nita Widiati, M.Pd.

 

Key words: teaching materials, writing poetry, problem based learning

 

The development teaching materials writing poetry is based by existence of requirement for teaching materials that easier students in writing poetry. Writing poetry not only pour idea or concept into written form and couplets shaped, but in writing poetry, need a description context that represented in beautiful written lines and have the correct meaning. Writing free poetry is one of the basic competency that must be mastered by eighth grade junior high school students. When writing poetry student difficult written beginning and written on because fresh out of words. Therefore, development of teaching materials writing poetry problem based must be done for supporting writing poetry learning. The purpose of this research and development is (1) develop a content, (2) a systemathic presentation, (3) language usage, and (4)  display of teaching materialswriting poetry problem based foreighth grade junior high school students.

This research used research and developmentdesign. The development models that used in this research is modification development model of Borg and Gall. The modification is based on the following procedure development of teaching materials for poetry writing a problem based eighth grade junior high school students,that is (1) research and collecting stage, (2)planningand develop preliminary form of product stage, (3) pass master validation, (4) revision product after pass master validated, (5) test small group stage, (6) revision final product, and (7) final product.

The instruments used in this research and development is interview guide and questionnaire. Interview guide was used to collect begin information concerned of writing poetry learningin school and questionnaires were used to students needs analysis and to assess the feasibility product based on feasibility assessment by experts.

The results of validation content aspect by content expert have percentage average 87% it means so reasonably and can be implemented,by learning expert 92,86% it means so reasonably and can be implemented,by Indonesian teachers 100% it means so reasonably and can be implemented. Percentage averageof results validation feasibility content is 93,45% it means development content of teaching material is considered so reasonably and can be implemented.

The results of the validation systematic presentation aspect by content expert have percentage average 87% it means so reasonably and can be implemented,by learning expert 75 % it means rasionably and can be implemented with a partial revision based suggestions and comments,by Indonesian teachers100% it means so reasonably and can be implemented. Percentage averageof results validation feasibility systematic presentation is 87,5% it means development systematic presentation of teaching material is considered so rasionably and can be implemented.

The results of the validation language usage by content expert have percentage average 91,67% it means so reasonably and can be implemented,by learning expert 75% it means rasionably and can be implemented with a partial revision based suggestions and comments,by Indonesia teachers 83,33% it means rasionably and can be implemented with a partial revision based suggestions and comments. Percentage average of results validation feasibility language usage 86,25% it means development language usage of teaching materials is considered so reasonably and can be implemented.

The results of the validation display by  content expert have percentage average 91,67% it means so rasionably and can be implemented,by learning experts 83,33% it means rasionably and can be implemented with a partial revision based suggestions and comments,by Indonesian teachers83,33% it means rasionably and can be implemented with a partial revision based suggestions and comments. Percentage averageof results validation feasibility display 87,26% it means development display of teaching material is considered so rasionably and can be implemented.

The small group test result indicating that students can follow stages of writing poetry problem based. Those product creation studentgive evidence readability of teaching material and perceivability content that presented in teaching materials, so delivery of content, training, and work orders perceivably be well by the students.

Conclusions of this research is content aspect, systematic presentation, language usage, and display teaching materials writing poetry problem based foreighth grade junior high school students classified as feasibly, and teachersare suddested to to use this teaching materials in writing free poetry learning.